Hari Ini 15 Tahun Yang Lalu, Gempa Berkekuatan 6.4 SR Guncang Nabire

(Gereja Tabernakel Oyehe yang ambruk akibat gempa bumi 26 November 2019/Foto.SCTV/Liputan.6)

Nabire – Tepat hari ini 26 November, 15 tahun yang lalu, kota Nabire diguncang gempa berkekuatan 6.4 Skala Richter, pukul 11.25 Wit. Gempa tersebut berada di darat kira-kira 17 km selatan Nabire.

Gempa pada 26 November 2004 tersebut adalah gempa besar kedua yang terjadi di Nabire setelah sebelumnya terjadi pada tanggal 6 Februari 2004, pukul 06.07 Wit, dengan kekuatan 6.9 SR.

Pada gempa 6 Februari tersebut, 27 orang meninggal dunia. Sementara pada gempa 26 November, 13 orang meninggal dunia.

(Kekabaran yang terjadi akibat gempa bumi di Nabire/Foto.SCTV/Liputan6)

Dampak gempa yang terjadi selama tahun 2004 di Nabire sangat membuat warga Nabire menjadi ketakutan dan trauma. Apalagi pasca gempa kedua pada 26 November, banyak warga yang memilih mengungsi meninggalkan kota Nabire.

Sejumlah tokoh nasional datang berkunjung ke Nabire untuk melihat langsung kondisi Nabire dan warga Nabire yang menjadi korban gempa bumi.

(Beberapa rumah yang ambruk akibat gempa Nabire/Foto.SCTV/Liputan6)

Selain Megawati dan Jusuf Kalla, Presiden SBY juga berkunjung ke Nabire dan merayakan natal bersama warga Nabire pada tanggal 26 Desember 2004.

(Jusuf Kalla yang saat itu menjabat Wapres berkunjung ke Nabire untuk melihat kondisi Nabire pasca gempa/Foto.SCTV/Liputan6)

Dari data yang dihimpun Nabire.Net, gempa yang terjadi 26 November 2004 selain mengakibatkan 13 orang meninggal dunia, juga menyebabkan 178 rumah warga terbakar dan 150 rumah lainnya roboh.

(Ketua Umum PDIP Megawati saat berkunjung melihat kondisi Nabire pasca gempa, didampingi Bupati Nabire saat itu AP.Youw/Foto.SCTV/Liputan6)

Sedikitnya 5 tempat ibadah yang terdiri dari 2 masjid dan 3 gereja menjadi korban amukan gempa. Selain itu tercatat 5 gedung SD, 3 gedung SMP serta 2 gedung SMU mengalami kerusakan.

Gempa ini juga menyebabkan seluruh kota lumpuh karena hubungan listrik dan telepon seluruhnya terputus, Bandara Nabire serta dermaga laut juga mengalami kerusakan.

(Presiden SBY berkunjung ke Nabire untuk melihat kondisi Nabire pasca gempa, sekaligus mengadakan acara natal bersama warga Nabire/Foto.SCTV/Liputan6)

Sebulan setelah terjadi gempa di Nabire, tanggal 26 Desember 2004, terjadi gempa bumi dahsyat yang diikuti tsunami di Aceh, serta mengakibatkan ribuan orang kehilangan nyawanya.

Kita berharap tak ada lagi gempa besar di Nabire seperti tahun 2004. Amin !!!

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *