Bukan Warga Kampung Wanggar Makmur, Warga Wanggar Makmur Demo Di BPMPK & Tolak Kepala Kampung Yang Dilantik Bupati Nabire

Gelombang penolakan terhadap sejumlah Kepala Kampung yang dilantik oleh Bupati Nabire 17 juli 2017 lalu terus berlanjut di Nabire, dari informasi yang Nabire.Net dapatkan total ada 12 kampung yang menolak Kepala Kampung berdasarkan hasil pelantikan Bupati Nabire, karena tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat dan mekanisme yang seharusnya.

(Baca Juga : Bupati Nabire Lantik 64 Orang Kepala Kampung)

Terkait hal itu, kamis siang tadi (27/07), warga kampung Wanggar Makmur melakukan demo damai kamis siang (27/07) bertempat di kantor BPMPK Kabupaten Nabire dan ditemui oleh Wakil Bupati Kabupaten Nabire, Kepala BPMK Kabupaten Nabire dan Kepala Bidang Pemerintahan Kampung.

Frans Waine mewakili tokoh masyarakat kampung Wanggar Makmur, mengecam keras pelantikan kepala kampung definitifyang dilakukan oleh Bupati Nabire karena menjadikan orang dari luar kampung bahkan luar kabupaten menjadi kepala kampung definitif dan menghilangkan proses demokrasi.

“Terang terangan Bupati menyalahi aturan undang undang dan mekanisme yang berlaku” ujar Alex Waine sebagai perwakilan tokoh pemuda di kampung wanggar makmur.

Sulastri sebagai perwakilan kelompok perempuan turut memprotes keputusan Bupati yang menjadikan jabatan sebagai alat kekuasaan yang semena-mena bukan merupakan amanah dari rakyat.

“Kami semua menuntut agar SK kepala kampung definitif dicabut dan melalui mekanisme pemilihan yang demokratis sesuai mekanisme undang undang yang berlaku”, sorak warga Wanggar Makmur dalam demo tersebut.

(Baca Juga : Warga Kampung Tidak Kenal & Tidak Pernah Memilih Kepala Kampung Yang Dilantik Bupati Nabire)

Para pendemo kemudian menyerahkan aspirasi kepada Wakil Bupati, Amirullah Hasyim, dengan beberapa poin yang disampaikan sebagai berikut :

  1. Bupati Nabire harus mencabut SK definitif Kepala Kampung Wanggar Makmur yang dinilai sudah cacat hukum.

  2. Warga sepakat tidak menerima pemerintahan hasil pelantikan Bupati Nabire tanggal 17 juli 2017 yang menetapkan orang diluar Kampung Wanggar Makmur menjadi Kepala Kampung Definitif.

  3. Memohon kepada Bupati Nabire untuk tetap melakukan pemilihan ulang secara demokratis sesuai mekanisme dan undang-undang yang berlaku

  4. Segera memberikan penjelasan dan penyelesaian terhadap akibat dari dilantiknya kepala kampung Wanggar Makmur definitif agar tidak terjadi konflik antar masyarakat dilapangan.

  5. Warga akan mengadakan aksi demo lanjutan hingga proses yang lebih tinggi hingga di tingkat pemerintahan pusat agar pemasungan demokrasi tidak pernah terjadi lagi di Nabire.

Wakil Bupati Nabire, dalam pertemuan tersebut menerima segala aspirasi warga kampung Wanggar Makmur dan memohon maaf karena saat ini Bupati Nabire sedang berada di luar daerah.

“Bapak Bupati sudah sampaikan alasan pelantikan 64 Kepala Kampung adalah untuk menyelamatkan dana desa yang harus segera dicairkan agar tidak kembali ke kas negara, serta masih banyak Kepala Kampung yang belum menyampaikan lapora penggunaan dana kampung”, tutur Amirullah Hasyim kepada warga kampung Wanggar Makmur.

(Baca Juga : Protes Pelantikan Kepala Kampung Oleh Bupati, Warga Lakukan Pemalangan Dan Demo Di Sejumlah Tempat Di Nabire)

Sebelumnya, Sekretaris Kampung Wanggar Makmur W. Imam Safi’I mengkonfirmasi kepada Kepala Distrik Wanggar, Nius Adii,S.Pd. tentang mekanisme pengangkatan Kepala Kampung definitif tersebut, namun beliau juga tidak mengetahuinya.

(Baca Juga : Tak Sesuai Mekanisme, Warga Kampung Wadio Tolak Proses Pelantikan Kepala Kampung Yang Baru & Ancam Tolak Dana Kampung Jika Tak Dilakukan Pemilihan Ulang)

Buntut dari pelantikan Kepala Kampung tersebut yang dirasa sudah tidak sesuai undang undang desa no. 6 tahun 2014 tentang desa dan permendagri no 112 tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa maka masyarakat dan para tokoh tokoh yang ada melakukan pemalangan kantor desa karena dirasa Bupati mendzolimi amanah rakyat dan telah mengkebiri hak berdemokrasi warga Negara.

Sejumlah kampung yang melakukan protes keras terkait pelantikan Kepala Kampung oleh Bupati Nabire yaitu :

  1. Wanggar Makmur

  2. Wadio

  3. Yaro Makmur

  4. Jaya Mukti

  5. Wami Jaya

  6. Wiraska

  7. Kalisemen

  8. Karadiri 2

  9. Waroki

  10. Akudiomi

  11. Masipawa

  12. Napan

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *