Akibat Gempa Di Sarmi, Kabel FO SMPCS Milik Telkom Terputus, Layanan Telkom & Telkomsel Terganggu Di Jayapura

Jaringan Kabel FO Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) milik PT. Telkom terputus Jumat petang 6 April 2018 akibat gempa bumi yang terjadi di Perairan Sarmi Papua.

Informasi ini disampaikan oleh Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo dan diteruskan oleh Corporate Communications Telkomsel Regional Papua Maluku, Muhammad Kadri kepada Nabire.Net, sabtu pagi (07/04).

Putusnya kabel laut yang merupakan bagian dari Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS), berakibat  layanan telekomunikasi Telkom Group di wilayah kota Jayapura dan sekitarnya mengalami penurunan kualitas karena hanya dapat dilayani dengan Sistem Komunikasi Satelit.

Namun demikian untuk recovery layanan, Telkom telah menyiapkan Sistem Radio IP antara Jayapura dan Sarmi  untuk melayani kebutuhan Voice, SMS dan Internet di kota Jayapura dan sekitarnya. Diharapkan dengan pengalihan sementara menggunakan teknologi Radio IP tersebut layanan telekomunikasi untuk masyarakat Jayapura dan sekitarnya khususnya untuk mendukung penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dapat berlangsung tanpa kendala.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan, Telkom memprioritaskan penanganan gangguan layanan Internet di Jayapura dan sekitarnya demi menjamin terselenggaranya  layanan telpon dan internet, khususnya yang menunjang penyelenggaraan UNBK yang saat ini tengah berlangsung di Papua.

“Harapan kami, pelaksanaan UNBK dari tanggal 9 sampai 12 April untuk SMA, dan tanggal 23 sampai dengan 26 April untuk SMP, dapat berlangsung  lancar sesuai jadwal,” ujar Arif Prabowo.

“Atas nama Manajemen Telkom Group, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan ini,” ujar Arif Prabowo. Ia juga menyampaikan, Telkom Group akan terus mengawal pemulihan layanan khususnya juga yang menunjang penyelenggaraan UNBK hingga selesai. Salah satunya dengan terus melakukan koordinasi bersama para pihak dari dinas pendidikan maupun sekolah pelaksana UNBK.

Telkom senantiasa berkomitmen memberikan yang terbaik bagi pelanggan dengan selalu berupaya menjaga kualitas layanan dan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pelanggan serta masyarakat secara umum.

Sebelum gangguan kabel FO SMPCS di Jayapura terjadi, gangguan yang sama juga terjadi di Nabire, Timika dan Merauke, 22 Maret 2018 akibat putusnya Kabel FO SMPCS pada jarak 1.108 km dari kota Sorong atau 814 km dari Merauke sehingga menyebabkan terganggunya layanan telekomunikasi untuk wilayah Nabire, Timika dan Merauke.

(Baca Juga : Kabel FO SMPCS Timika-Kaimana Terganggu, Berakibat Pada Gangguan Telkomsel Di Nabire, Timika Dan Merauke)

Padahal layanan ini baru sembuh dari sakitnya 8 Maret 2018 lalu karena mengalami gangguan selama sebulan.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

One Response to Akibat Gempa Di Sarmi, Kabel FO SMPCS Milik Telkom Terputus, Layanan Telkom & Telkomsel Terganggu Di Jayapura

  1. Warga Nabire berkata:

    Telkomsel nabire baru sembuh 8 maret??? TIPU SAJA.. sejak dulu sakit terus mo.. tambah senang to jaringan tralaku selama ini karna ada alasan gempa di sarmi.. memang kamorang tuh bikin warga nabire kecewa.. PAKET DATA INTERNET yang kami BELI MAHAL dari telkomsel percuma..HANGUS SIA-SA tidak terpakai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.