19 Mahasiswa Yang Ditahan Di Polres Nabire Terkait Rencana Aksi Damai, Dilepaskan Senin Malam

(19 Mahasiswa Papua yang sempat ditahan dan dilepaskan)

Nabire – Sebanyak 19 orang mahasiswa/pelajar yang ditahan jajaran Polres Nabire karena berencana menggelar aksi damai di Nabire, senin (04/11), akhirnya dilepaskan senin malam, pukul 21.45 Wit.

Hal itu disampaikan Kapolres Nabire, AKBP Sonny Nugroho, S.IK, saat dihubungi Nabire.Net, senin malam (04/11).



Dijelaskan Kapolres Nabire, pihaknya bersama pemkab dan DPRD Nabire, telah melakukan penyerahan 19 mahasiswa/pelajar, senin malam pukul 21.45 Wit.

Hadir dalam acara penyerahan tersebut, Wakapolres Nabire, Kompol Steyven Manopo, S.IK, Kabag Ops Polres Nabire, AKP. Samuel D. Tatiratu S.IK, Kasat Intelkam Polres Nabire, AKP Yadang, KBO Reskrim Polres Nabire IPDA Suparmin S.Hi, Penjabat Sekda Nabire, Daniel Maipon S.STP, Wakil Ketua I DPRD Nabire, Marcy Kegou S.Sos didampingi 3 orang Anggota DPRD Nabire lainnya.

Dalam pertemuan itu, Wakapolres Nabire mengatakan bahwa setelah berkoordinasi dengan Kapolres Nabire, para mahasiswa dan pelajar dipersilahkan pulang, namun dengan syarat, harus membuat surat pernyataan  agar tidak melakukan hal yang sama.

Kapolres sendiri melalui Wakapolres meminta agar para mahasiswa/pelajar agar tidak berbuat yang aneh-aneh dan merugikan orang lain karena aparat kepolisian siap menindak tegas jika merugikan orang lain.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua I DPRD Nabire, Marcy Kegou. Dikatakan, persoalan rasisme sudah ditangani oleh pemerintah. Jika masih menggelar unjuk rasa maka yang rugi semua pihak termasuk mahasiswa dan pelajar sendiri.

Penyampaian yang sama juga dilontarkan Sekda Nabire. Kata Sekda, jika mahasiswa ingin berkomunikasi dengan pemerintah daerah, maka pemerintah daerah siap menerima dengan baik namun tidak dengan aksi anarkis.

Acara penyerahan dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatangan surat pernyataan serta pengembalian barang bukti kepada 19 orang mahasiswa/pelajar oleh Sat Reskrim Polres Nabire, disaksikan pemkab dan DPRD Nabire.

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *