Yayasan Pendidikan Kristen Hadir Selama 57 Tahun Untuk Mencerdaskan Anak Papua

Nabire – Keberadaan Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) di Tanah Papua bagai dua sisi mata uang yang tak dapat dipisahkan dari pelayanan pekabaran Injil di Tanah Papua. Hadirnya YPK telah meletakkan pondasi bagi pembangunan sumber daya manusia di Tanah Papua.

Hari ini, 8 Maret 2019, YPK berulang tahun yang ke-57. Usia 57 tahun merupakan usia yang matang bagi lembaga ini, tentu dalam kurun waktu 57 tahun ini. YPK terus berkarya bagi kemajuan di Tanah Papua, lebih khusus dalam pelayanan pendidikan.

(Baca Juga : Ibadah Syukur HUT Ke-57 Yayasan Pendidikan Kristen Di Nabire)

Perjalanan YPK yang cukup panjang tak lepas dari campur tangan Tuhan melalui perantara para penginjil yang masuk di Tanah Papua. Cikal bakal kehadiran YPK diawali masuknya misionaris di Tanah Papua pada tahun 1855. Saat itu pendidikan non-formal sudah dimulai, barulah pada tahun 1962 berubah nama menjadi Yayasan Pendidikan Kristen.

YPK yang sebelumnya bernama asli Stchting Voor Christelyk Onderwys, kemudian berubah menjadi menjadi Yayasan Persekolahan Kristen, lalu mengalami perubahan lagi menjadi Yayasan Pendidikan Kristen. Pada akhirnya disesuaikan lagi setelah terjadi perubahan nama dari Provinsi Papua sehingga ditambahkanlah frasa di Tanah Papua, sehingga nama YPK yang kita ketahui hingga saat ini adalah Yayasan Pendidikan Kristen di Tanah Papua.

Sejarah perkembangan YPK banyak mengalami pasang surut. Dimulai dari masa Zending pada tahun 1885 – 1956, kemudian masa transisi dari tahun 1956 – 1962, masa GKI dari tahun 1962 – 2000 dan masa otonomi khusus dari tahun 2001 hingga saat ini.

Hingga saat ini YPK terus berbenah mengikuti perkembangan jaman, dan terus melebarkan pelayanan pendidikannya di Tanah Papua. Sekolah-sekolah terus dibangun mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, SMA hingga SMK.

Selain itu bukan saja bangunan fisik yang ditingkatkan, tapi peningkatan kualitas dan mutu pendidik terus dioptimalkan melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan seperti Diklat, Bimtek dan lain sebagainya.

Khusus di kabupaten Nabire, Yayasan Pendidikan Kristen di Tanah Papua telah memiliki 25 sekolah dari tingkat PAUD hingga SMA/SMK, dengan rincian 4 TK/PAUD, 17 SD, 2 SMP, 1 SMA dan 1 SMK, serta tersebar di berbagai wilayah di Nabire.

YPK di Tanah Papua juga telah melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas di berbagai bidang. Tidak sekedar menjalankan misi pendidikan tapi yang utama YPK senantiasa mendidik generasi muda di Papua untuk takut akan Tuhan selaras dengan motto YPK di Tanah Papua yaitu ‘Unggul, Teladan, Arif Lokal, Mandiri, dan Alkitabiah’.

Tahun ini, HUT ke-57 YPK di Tanah Papua mengusung tema “Ajarlah Mereka Melakukan Kehendak-Ku”, dan sub tema “Melalui Hari Jadi Ke-57 Tahun YPK di Tanah Papua, Kita Tingkatkan Pelayanan Pendidikan Secara Demokratif, Kreatif Dan Inovatif”.

Melalui tema ini, YPK di Tanah Papua diharapkan semakin meningkatkan pelayanan pendidikan dan iman, dan tak pernah takut untuk mengikuti perkembangan jaman demi kemajuan anak-anak Papua.

Selamat Ulang Tahun yang ke-57 Yayasan Pendidikan Kristen di Tanah Papua.

[Nabire.Net]



Silahkan Komentar

Komentar Anda

One Response to Yayasan Pendidikan Kristen Hadir Selama 57 Tahun Untuk Mencerdaskan Anak Papua

  1. Agus Gobai says:

    Tingkatkan sekolah yayasan pendidikan kristen baca ypk setanah papua. bisik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.