Warga Keluhkan Pembuangan Limbah Yang Mencemari Sungai Musairo Distrik Makimi

e

(ilustrasi)

Beroperasinya beberapa perusahaan tambang di Nabire membuat warga yang berada di kampung Nifasi Distrik Makimi Nabire merasa khawatir, pasalnya pembuangan limbah perusahaan tambang tersebut dibuang ke sungai Musairo.

Salah seorang warga Nifasi yang tidak ingin disebutkan namanya, menuturkan kepada Nabire.Net, dirinya merasa takut, racun pembuangan limbah akan berdampak negatif suatu hari nanti kepada warga disekitar lokasi pertambangan.

Dikatakannya, warga di daerah tersebut sangat menggantukan hidupnya kepada air sungai, dan juga untuk pengairan irigasi persawahan. Disamping itu, volume air yang berada di lokasi bendungan jadi berkurang, sedimentasi air yang masuk melalui saluran irigasi juga ikut berkurang. Sadar tidak sadar, racun dari pembuangan limbah akan masuk mengaliri daerah persawahan dan mengancam warga.

“Seharusnya warga diberi pemahaman oleh perusahaan dan pihak terkait tentang pengelolaan pembuangan limbah, dan perusahaan musyawarah dengan warga sekitar dulu supaya bila warga terkena dampaknya perusahaan bisa bertanggung jawab.”

Ketika ditanyakan nama perusahaan yang dimaksud, sumber tidak ingin menyebutkan nama perusahaan tersebut, tetapi cuma memastikan bahwa perusahaan tersebut beroperasi di kampung Nifasi Distrik Makimi, dan sungai yang dipakai menambang adalah sungai Musairo.

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *