Warga Bogiyateugi Dukung Pemekaran Distrik Baru Di Wilayah Selatan Dogiyai

Melkias Woge Minta Pemekaran

Dogiyai – Persoalan tapal batas antara kabupaten Dogiyai dengan beberapa kabupaten tetangga menjadi perhatian bagi warga di wilayah Dogiyai Selatan, kabupaten Dogiyai.

Masyarakat setempat meminta pemerintah daerah segera menyelesaikan persoalan tapal batas wilayah antar kabupaten dengan cara pemekaran Distrik.

Selain itu pemekaran Distrik baru dipercaya dapat menyelesaikan sejumlah persoalan di wilayah tersebut seperti wilayah pelayanan untuk gereja, tanah, administrasi kependudukan dan lain sebagainya.

Selain warga di kampung Mogodagi, permintaan yang sama datang dari warga di kampung Bogiyateugi yang juga berada di sebelah selatan Dogiyai.

Adalah Melkias Woge SH, Kabid Persidangan pada Sekretariat Dewan kabupaten Dogiyai yang berharap agar pemekaran Distrik baru di Mogodagi bisa segera direalisasikan.

Salah satu alasan utama yang diungkapkan Melkias yaitu masih banyaknya warga yang bingung terkait status administrasi merek.

“Mereka bingung apakah mereka merupakan warga Dogiyai atau Deiyai. Dengan adanya pemekaran, maka status administrasi kependudukan menjadi jelas”, katanya.

Lebih lanjut Melkias mengungkapkan bahwa pemekaran juga dapat memperjelas tapal batas wilayah antara Dogiyai dengan wilayah lain di sekitarnya.

Terkait siapa yang akan menjadi Kepala Distrik baru, hal itu tak dipersoalkan. Yang utama baginya adalah realisasi pemekaran Distrik baru bisa terwujud.

Isu pemekaran Distrik baru di wilayah selatan Dogiyai memang sudah lama muncul, namun belakangan mencuat kembali, terlebih khusus pasca kunjungan Bupati Dogiyai ke wilayah Mogodagi tahun 2018 lalu.

(Baca Juga : Warga Mogodagi Dogiyai Minta Pemkab Selesaikan Persoalan Tapal Batas)

Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa telah merespon aspirasi masyarakat akan pemekaran Distrik baru.

Bupati mengatakan pemkab Dogiyai akan menindaklanjuti aspirasi warga dengan membentuk Distrik Mogodagi serta memekarkan beberapa kampung pada tahun 2019 ini.

(Baca Juga : Ini Tanggapan Bupati Dogiyai Terkait Aspirasi Penyelesaian Tapal Batas Wilayah Dan Pemekaran Distrik)

Tentunya disertai upaya penyelesaian tapal batas wilayah antara kabupaten Dogiyai dengan kabupaten lainnya seperti Deiyai dan Mimika.

Untuk merealisasikan hal tersebut, dibutuhkan dana yang tidak sedikit.

Oleh karena itu Bupati memohon dukungan kepada semua pihak khususnya kepada DPRD Kabupaten Dogiyai dan warga Mogodagi dan sekitarnya, dan tentu pertolongan dari Tuhan.

[Nabire.Net/Ones.Yobee]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *