Wakil Bupati Nabire Launching Proyek Pengembangan PAUD Di Wilayah 3T Di Nabire

(Dok.Jefry.A)

Nabire – Pemerintah kabupaten Nabire melalui Dinas Pendidikan berencana membangun Lembaga Pendidikan Formal Usia Dini (PAUD) dengan sasaran 8 wilayah Distrik yang dikategorikan sebagai wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T).

Hal itu terungkap lewat pernyataan Mesak Mofu S.Pd M.Pd selaku Kepala Bidang Guru Dan Tenaga Kependidikan (GTK), Dinas Pendidikan kabupaten Nabire, yang mengikuti Sosialisasi Pengembangan PAUD di Distrik Napan dan Distrik Yaur, belum lama ini.

Terkait hal itu, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Nabire, Kamis (29/11), telah dilaksanakan Launching Upaya Pengembangan PAUD di Wilayah 3T di kabupaten Nabire.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Nabire, Amirullah Hasyim S.IP MM, Asisten III Setda Nabire sekaligus Mentor, Piter Erari SE M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak kabupaten Nabire, Ny. Yuvinia Douw Mote, Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Pendidikan serta para Kepala TK/PAUD se-Nabire.

Acara diisi dengan pembacayaan proyek perubahan oleh penggagas proyek, Mesak Mofu S.Pd M.Pd, serta sambutan dan launching Proyek Perubahan Upaya Pengembangan PAUD di wilayah 3T oleh Wakil Bupati Nabire.

Pemerintah kabupaten Nabire kata Wakil Bupati sangat mendukung program ini karena sesuai dengan visi misi pemerintah kabupaten Nabire yakni “Membuka Isolasi Daerah Demi Terwujudnya Masyarakat Nabire yang Berwawasan Keberagaman, Berkeadilan, Sejahtera, dan Mandirisecara berkelanjutan”, dengan jabaran terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat secara lahir dan batin melalui kecukupan sandang, pangan,dan papan yang didukung oleh kemudahan mendapatkan kebutuhan pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan, penghidupan yang layak, rasa aman, damai, dan tentram dalam hidup bermasyarakat.

Seperti diketahui, program pengembangan PAUD di wilayah 3T di Nabire akan menyasar 8 Distrik masing-masing Distrik Siriwo, Distrik Uwapa, Distrik Teluk Umar, Distrik Yaur, Distrik Yaro, Distrik Moora, Distrik Wapoga dan Distrik Napan. Didalam 8 Distrik tersebut, ada 41 kampung.

Menurut penjelasan Mesak Mofu S.Pd M.Pd, rencana pengembangan Lembaga Pendidikan Formal Usia Dini (PAUD) ini ada yang jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Jangka pendek selama 2 bulan, jangka menengah selama 6 bulan dan jangka panjang selama 1 hingga 2 tahun”, tutur Mesak.

Dikatakan, pihaknya untuk jangka pendek atau 2 bulan ini tengah melakukan pencanangan di 2 kampung yakni kampung Mosan, Distrik Napan dan kampung Sima, Distrik Yaur.

Sementara untuk 6 bulan berikut, akan dilanjutkan untuk 12 PAUD di 12 Kampung yang ada di 8 Distrik. Dan untuk jangka panjang, akan dibangun 26 PAUD dalam kurun waktu setahun. Dan terakhir untuk 2 tahun akan dibangun 40 PAUD.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.