Wakil Bupati Nabire Buka Pelatihan Petugas Psikologi Pasca Bencana

Bertempat di Hotel Anggrek, jalan Pepera, Nabire, selasa 26 September 2017, telah digelar kegiatan Pelatihan Psikologi Pasca Bencana bagi para petugas BPBD, Basarnas Nabire dan instansi teknis terkait.

Kegiatan pelatihan tersebut, dibuka oleh Wakil Bupati Nabire, Amirullah Hasyim S.IP MM, didampingi Kepala BPBD Nabire, Drs Blasius Nuhuyanan, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provinsi Papua, Martinus Rumbino, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, Dr Frans Sayori, para petugas kesehatan, kepolisian, dan tamu undangan lainnya.

Acara yang dilaksanakan oleh BPBD Provinsi Papua bekerjasama dengan BPBD Nabire tersebut, bertujuan untuk memberi intervensi psikologi kepada korban paska terjadi bencana guna mengurangi luka psikologis korban sekaligus mempercepat pemulihannya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Nabire, Amirullah Hasyim mengatakan, selain mencegah terjadinya bencana, penanganan pasca bencana juga tak kalah penting, karena bencana akan menimbulkan berbagai dampak psikologis seperti depresi, stress, hingga gangguan jiwa jika tidak ditangani secepatnya, sehingga dukungan psikologis pasca bencana sangatlah penting.

Oleh karena itu, Amirullah Hasyim mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pelatihan psikologi pasca bencana ini, dan berharap para peserta pelatihan bisa mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, karena peran mereka sangat penting dan dibutuhkan untuk mendampingi warga yang terkena korban bencana untuk melewati masa trauma.

Usai sambutan, Wakil Bupati, Amirullah Hasyim resmi membuka Pelatihan Psikologi Pasca Bencana bagi petugas Kantor BPBD dan Basarnas Nabire, ditandai dengan pemukulan tifa.

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *