Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 90 Di Nabire

Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 28 Oktober, pada tahun ini diperingati dalam suatu upacara dipusatkan di lapangan Sapta Marga Kodim 1705/Paniai, kabupaten Nabire, senin (29/10).

Upacara Hari Sumpah Pemuda ke 90 ini dipimpin oleh Wakil Bupati Nabire, Amirullah Hasyim S.IP MM, serta dihadiri jajaran Forkopimda kabupaten Nabire, Ketua KNPI Nabire serta para tamu undangan.

Wakil Bupati Amirullah Hasyim dalam kesempatan tersebut membacakan amanat tertulis Menpora, Imam Nahrawi.

“Hari Sumpah Pemuda ke-90 ini mengambil tema Bangun Pemuda Satukan Indonesia. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa,” ucap Amirullah membacakan amanat Menpora.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati Amirullah Hasyim mengucapkan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 90 tahun.

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua[1] yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap “perkumpulan kebangsaan Indonesia” dan agar “disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan”.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *