Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Di SMP Negeri 3 Nabire

(Upacara Hari Sumpah Pemuda di SMP Negeri 3 Nabire)

Nabire – Hari Sumpah Pemuda selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 28 Oktober. Tahun ini, Hari Sumpah Pemuda diperingati yang ke-91.

Di SMP Negeri 3 Nabire, Hari SP diperingati dalam suatu upacara bertempat di halaman sekolah. Upacara dihadiri seluruh guru, staf dan siswa-siswi SMP Negeri 3.

Peserta upacara menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah seperti Papua, Bugis, Toraja, Gorontalo, NTT, Maluku, Jawa dan lain sebagainya.

Maksud digunakannya pakaian adat tersebut untuk mengingat kembali semangat para pemuda Indonesia pada tahun 1928 yang berasal dari berbagai daerah untuk merumuskan dan menyepakati ‘Sumpah Pemuda’ yang Bertanah Air, Berbangsa, dan Berbahasa yang Satu yaitu Tanah Air Indonesia, Bangsa Indonesia dan Bahasa Indonesia.

Upacara bendera berlangsung hikmat dengan pembina upacara Plh. Kepala SMPN 3 Nabire, Adelena, S.PAK sedangkan pembaca teks Sumpah Pemuda oleh Saiful Islam S. Sabunge, S. Fil.

Dalam amanatnya, pembina upacara Adelena, S.PAK menyampaikan agar para peserta didik yang ada di SMPN 3 Nabire agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan, hidup rukun dengan siapa saja sebab perbedaan yang ada hendaknya dijadikan untuk saling melengkapi satu dengan yang lain sehingga tercipta keharmonisan dalam kehidupan kita.

Dengan peringatan Sumpah Pemuda, generasi muda seharusnya bangga dan bersyukur dengan keanekaragaman yang dimiliki bangsa ini, sebagai modal berharga dalam mengisi pembangunan.

Hari Sumpah Pemuda ke-91, tahun 2019 mengusung tema nasional ‘Bersatu Kita Maju’.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *