UP2KP Serahkan Kartu Papua Sehat Bagi Dinas Kesehatan & RSUD Nabire

up2kp

Upaya Pemerintah Priovinsi dalam memajukan kesejahteraan di Papua semakin nyata dengan diberikanya 1,2 juta Kartu Papua Sehat di 29 Kabupaten dan Kota yang ada di Papua. Termasuk di Nabire.

Bertempat di Dinas Kesehatan kabupaten Nabire, perwakilan Direktur Eksekutif UP2KP Papua menyerahkan secara simbolis Kartu Papua Sehat, pada jumat pagi (24/10).

Penyerahan Kartu Papua Sehat (KPS) tersebut terdiri dari 20.439 lembar untuk Dinas Kesehatan Nabire yang diterima Kepala Dinas Kesehatan, Yulian Agapa AKP M.Kes, dan untuk Rumah Sakit Umum Daerah Siriwini Nabire diberikan 13.626 lembar, diterima Ibu Marthina Sri mewakili Direktur RSUD Nabire.

Saat menyerahkan Kartu Papua Sehat tersebut, perwakilan Direktur Eksekutif UP2KP, Abraham SKM, mengharapkan agar KPS yang diterima dapat diberikan kepada mereka yang berhak sesuai instruksi dari Gubernur Papua Lukas Enembe.

Saat menerima KPS, Kepala Dinas Kesehatan, Yulian Agapa AKP M.Kes, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua, serta UP2KP Papua, atas kepedulian terhadap layanan kesehatan bagi masyarakat asli Papua. Yulian juga berharap penyaluran KPS ini bisa tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran.

Seperti diketahui, warga Papua khususnya Nabire bisa mendapatkan KPS pada saat berobat di Puskesmas atau Rumah Sakit ataupun melalui pembagian digereja-gereja.

Syarat untuk mendapatkan Kartu Papua Sehat ini tidak rumit hanya dengan menunjukkan Kartu Keluarga atau KTP maka Kartu Papua Sehat akan diberikan.

Pembagian Kartu Papua Sehat ini sesuai dengan demokrasi dan banyaknya orang Asli Papua sehingga jumlah yang diberikan setiap Kabupaten Kota berbeda-beda.

Sementara itu Dinas Kesehatan melalui UP2KP menargetkan pada bulan Januari tahun 2015 semua orang Papua di Tanah Papua sudah memiliki Kartu Papua Sehat dan alokasi dana yang dikeluarkan untuk mencetak 1,2 juta Kartu Papua Sehat ini memakan anggaran sebesar Rp.900 juta lebih.

Kartu Papua Sehat ini bisa digunakan oleh pemegang kartu disemua Kabupaten Kota yang ada di Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *