Tujuh Warga Binaan Lapas Nabire Dapat Remisi Natal Bebas Bersyarat

(Remisi Natal Lapas Nabire)

Nabire – Sebanyak 76 warga binaan Lapas Kelas IIB Nabire, mendapatkan remisi Natal 2019. Pemberian remisi tersebut dilakukan seusai Ibadah Natal, Rabu (25/12), di Gereja Patmos Nabire.

Dari 76 warga binaan yang mendapat remisi, 7 diantaranya langsung mendapatkan pembebasan bersyarat, sedangkan 6 warga binaan lainnya mendapat cuti bersyarat.



(Baca Juga : 76 Warga Binaan Lapas Nabire Akan Mendapat Remisi Natal)

Hal itu sesuai Surat Edaran Dirjen Pemasyarakatan tertanggal 3 Desember 2019, Nomor PAS-1386.PK.01.04.06 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Crash Program Pemberian Cuti Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas serta Pembebasan Bersyarat bagi Anak dan Narapidana.

“Crash Program ini merupakan percepatan bagi para narapidana tindak pidana umum atau yang tidak terkait dengan Pasal 34 Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 yang 2/3 masa pidananya jatuh sampai dengan tanggal 31 Maret 2020 namun tidak bisa melakukan program integrasi baik Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, serta Cuti Bersyarat dikarenakan pihak keluarga tidak dapat menjadi penjamin untuk mengurangi overkapasitas di Lapas/Rutan. Semua Bentuk pelayanan di lapas Nabire Gratis tanpa di pungut Biaya”, kata Kalapas Nabire, Sopian,AMd.IP.SH.MH.

Dikatakan Kalapas, crash program ini Pembimbing Kemasyarakatan (PK) ditunjuk sebagai penjamin bagi narapidana tersebut. Tentunya selama menjalani masa Cuti Bersyarat dan Pembebasan bersyarat secara berkala mereka wajib lapor ke Pos Bapas Lapas Nabire.

Dengan adanya crash program ini, warga binaan mengaku senang dan bersyukur.

“Puji Tuhan ini hadiah Natal saya, padahal saya tidak pernah dibesuk, saya juga tidak ada penjamin. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada petugas yang telah membimbing saya di sini”, kata P.F, salah seorang warga binaan yang mendapat pembebasan bersyarat.

[Nabire.Net/Humas Lapas Nabire]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *