Tips Nyaman Traveling Lintas Sumatera Dengan Bus AKAP

Bus AKAP

(Dok.Bus AKAP)

Jakarta – Lakukan traveling lintas Sumatera dengan moda transportasi pesawat memang seru. Akan tetapi, bepergian dengan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) justru bakal memberikan kesan tersendiri karena kamu dapat melihat langsung keindahan pemandangan yang dilewati di sepanjang perjalanan.

Jalur lintas Sumatera dibagi menjadi tiga dan semua tergantung kota yang akan dituju. Jika kamu ingin menikmati indahnya garis pantai di sepanjang perjalanan, kamu bisa memilih jalur lintas barat. Jika kamu lebih memilih rute jalanan berkelok melewati bukit, pegunungan, air terjun, hingga danau, kamu bisa memilih jalur lintas tengah atau timur. Sudah menemukan jalur yang diincar serta kota tujuan? Saatnya kamu​ ​beli tiket bus Sempati Star di sini untuk memilih jenis bus lintas Sumatera yang sesuai budget. Setelah itu, perhatikan​  beberapa tips di bawah ini agar perjalanan jauhmu semakin nyaman.

1. Bawa perbekalan cukup

Perjalanan darat dari pulau Jawa ke Sumatera akan memakan waktu lama. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan perbekalan yang cukup. Bawalah roti, buah manis yang tahan lama seperti apel atau pir, serta air minum. Kamu juga bisa menyiapkan segenggam permen favorit agar bisa dinikmati di perjalanan. Jangan lupa menyiapkan powerbank dan charger agar kamu tidak mati gaya di dalam bus karena alasan baterai ponsel habis.

2. Sedia bantal leher

Bus lintas Sumatera biasanya didesain dengan bangku yang lebih nyaman dan mengikuti lekuk punggung. Hal ini dilakukan agar penumpang tidak mengalami sakit di area pinggang dan punggung setelah puluhan jam duduk di kendaraan. Agar saat istirahatmu makin maksimal, kamu bisa membawa bantal leher dari rumah dan memasangnya saat akan tidur atau sekadar beristirahat di bus. Kamu juga harus menyediakan masker untuk menutup area hidung dan mulut. Ingat, udara di dalam bus tidak mengalami perputaran yang baik dan hanya mengandalkan nyala AC secara terus menerus. Pemakaian masker ini juga berfungsi agar kulit wajahmu tidak kering karena paparan nonstop dari udara dingin AC.

3. Sering ​stretching

Setiap bus berhenti di rest area, kamu harus ikut turun dari bus dan mulai lakukan peregangan otot. Terlalu lama duduk di dalam bus dan terpapar udara kering dari AC akan membuat aliran darah tidak lancar. Bahkan, pergelangan kakimu bisa membengkak karena kurangnya darah yang mengalir ke kaki. Kamu juga bisa lakukan stretching ringan dengan cara melakukan gerakan peregangan otot sambil duduk di bangku.

4. Banyak minum

Duduk di dalam bus ber-AC serta jauh dari sinar matahari akan membuat kulitmu kusam dan kuyu. Cara mengatasinya, kamu harus rutin minum air putih. Jika kamu rajin minum air putih, setidaknya wajahmu akan tetap bersih, sehat, dan lebih segar karena terhidrasi dari dalam.

5. Nikmati perjalanan

Segala persiapan sudah dilakukan, saatnya menikmati perjalanan darat melintasi pulau Sumatera yang sudah pasti indah dan menyenangkan. Siapkan kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen serta pemandangan indah yang kamu lihat. JIka kamu merasa lelah, satu-satunya solusi adalah istirahat atau tidur.

Menikmati keindahan Indonesia memang paling cocok dinikmati lewat jalur darat. Dengan begitu, kita akan lebih melihat dan memahami banyak hal yang selama ini tidak terlihat jelas. So, jangan ragu untuk lakukan traveling unik ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *