Tingkatkan Kualitas Data Luas Panen & Produksi Jagung Di Nabire, BPS Nabire Gunakan Metode KSA

Nabire – Survei Kerangka Sampel Area (KSA) adalah survei berbasis area yang dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap sampel segmen dan bertujuan untuk mengestimasi luasan dengan ekstrapolasi dari sampel ke populasi dalam periode yang relatif pendek (rapid estimate).

Mulai dilakukan sejak 2018 untuk padi, di tahun 2019 ini, metode KSA digunakan untuk peningkatan produksi jagung.

Di kabupaten Nabire, metode survey KSA dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Nabire.

Sesuai penjelasan Kepala BPS Nabire, Ouceu Satyadipura SST GraDipl.Pst MAPS, KSA ini adalah metode estimasi luas dan produksi tanaman pangan yang mengintegrasikan data sparsial dengan data lapangan, menggunakan komunikasi teknologi digital yang lebih efektif.

“Yang bisa didapatkan dari KSA ini yaitu informasi penyebaran fase tumbuh tanaman berdasarkan pra porsi per sampel segmen, estimasi luas panen bulan pengamatan, serta prediksi luas panen per 3 bulan kedepan sampai level kecamatan”, kata Kepala BPS Nabire.

Pertama kali digunakan tahun 2018 di seluruh Indonesia, untuk tahun 2019 ini, BPS akan menggunakan metode KSA untuk komunitas pangan selain padi, yakni jagung.

Diharapkan melalui metode KSA ini, para petani bisa meningkatkan kualitas data luas panen jagung serta produksi jagung.

Menanggapi pengunaan metode KSA oleh BPS Nabire, Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Nabire, Daud Buiney S.Sos, mengapresiasi hal tersebut, dan mendukung pelaksanaan survey KSA tahun 2019.

“Harapan saya dengan survey KSA ini, data luas panen serta produksi komoditi padi dan jagung di Nabire dapat lebih baik lagi dari segi kualitas, keakuratan, serta dapat dipertanggungjawabkan, yang mana hasil dari KSA ini sangat berguna bagi Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Nabire, dalam menyusun data neraca bahan makanan dan pola pangan harapan serta peta kerawanan pangan di kabupaten Nabire”,tutup Daud Buiney.

[Nabire.Net/BPS.Nabire]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *