Telkomsel Akan Hadirkan Layanan 4G di 11 Kabupaten di Papua-Papua Barat

(Ketua DPRD sementara kabupaten Deiyai, Petrus Badokapa, meninjau pemeliharaan jaringan internet di Wagamo)

Sorong – Telkomsel terus menggenjot peningkatan kualitasnya di berbagai daerah, terlebih di daerah-daerah yang belum terlayani layanan Telkomsel dengan maksimal, seperti di Papua.

Beberapa upaya yang akan dilakukan Telkomsel diantaranya memperluas layanan jaringan 4G di beberapa kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat, juga penambahan Tower (BTS) sebanyak 599 unit di wilayah Regional Maluku & Papua.

Hal itu disampaikan Corporate Communications Telkomsel Regional Papua Maluku, Rifky Redha, dalam siaran persnya kepada awak media, selasa (10/03).

Dikatakan, hingga saat ini, masih ada 11 kota di seluruh Papua yang belum terlayani jaringan 4G Telkomsel. Sembilan kota berada di Papua, dan dua kota lagi berada di Papua Barat. Telkomsel menargetkan di tahun 2020 ini, kesebelas kabupaten tersebut sudah mendapatkan akses jaringan 4G.

(Baca Juga : Ketua DPRD Apresiasi Hadirnya Layanan 4G di Deiyai)

Kesebelas kabupaten di Papua dan Papua Barat yang akan mendapatkan akses jaringan 4G tersebut masing-masing sebagai berikut :

  1. Dogiyai

  2. Deiyai

  3. Paniai

  4. Intan Jaya

  5. Lanny Jaya

  6. Mappi

  7. Mamberamo Tengah

  8. Tolikara

  9. Yalimo

  10. Pegunungan Arfak

  11. Tambrauw

Untuk mendukung tergelarnya layanan 4G yang maksimal, dibutuhkan jaringan transmisi yang memiliki bandwith besar. Dimana saat ini, masih banyak site/tower Telkomsel yang menggunakan akses satelit, terutama yang berlokasi di pedalaman atau pegunungan. Site/tower yang menggunakan akses satelit, tentunya masih belum maksimal untuk menggelar jaringan 4G.

Sementara itu, Telkomsel juga akan menambah BTS baru Telkomsel, selama semester 1 tahun 2020 di wilayah Regional Maluku & Papua yaitu sebanyak 599 BTS. BTS baru tersebut nantinya sudah memiliki teknologi jaringan 4G. Di wilayah Regional Maluku dan Papua, jaringan 4G Telkomsel kini sudah mencakup 78% wilayah dari total 53 kota dan kabupaten yang tersebar.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *