Talk Show Budaya LPP RRI Nabire Mengangkat Potensi Budaya Daerah

Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Nabire Gelar Acara Talk Show Budaya Bertajuk Gelar Budaya & Dialog Interaktif Pengembangan Usaha dan Peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), berlangsung di Multi Purpose RRI Nabire, Sabtu (17/12/2016).

Talk Show Budaya LPP RRI Nabire tersebut menghadirkan dua orang Nara Sumber, yaitu Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Budporapar) Kabupaten Nabire, Drs.Blasius Nuhuyanan, dan Ketua Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Nabire, Agus Tatogo di pandu oleh Moderator Amir Kadang.

Kepala Dinas Budporapar Nabire, Blasius Nuhuyanan dikesempatan itu mengatakan, di Nabire terdapat banyak tradisi budaya yang perlu di angkat untuk dikembangkan, sehingga dapat memperkaya budaya daerah, dan merupakan bagian yang tak terlepas dari kehidupan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Nabire melalui budporapar, berupaya tiap tahun menyelenggarakan kegiatan pesta budaya, dengan maksud menggali seluruh potensi budaya yang ada mulai dari tingkatan distrik seperti seni tari, adat istiadat, cerita rakyat dan hal-hal yang bersifat sakral sehingga inti dari keseluruhannya adalah pelestarian budaya daerah,” ujar Blasius.

Sementara Ketua Dewan Kesenian Tanah Papua Kabupaten Nabire, Agus Tatogo mengatakan talk show budaya LPP RRI ini mempunyai manfaat yang luar biasa, karena dapat menggerakan masyarakat, khususnya generasi muda agar lebih mengenal budaya daerah dan menghargai serta mencintai dan melestarikannya.

“Kami dewan kesenian sangat mengapresiasi langkah positif LPP RRI untuk menggelar talk show budaya, kami berharap bukan hanya RRI saja tetapi semua yang berpotensi dapat menggelar hal serupa sehingga budaya kita yang ada ini terus dipertahankan dan dilestarikan,” tandas Agus Tatogo.

Sementara kepala LPP RRI Nabire, Absalom RTSM Wuisang sangat mengapresiasi dan berterimakasih acara yang telah digelar ini dan berharap kiranya peran RRI ikut mencerdaskan generasi bangsa.

Talk Show Budaya LPP RRI Nabire tersebut juga menghadirkan tarian adat Papua oleh sanggar seni Keltomini, di selingi dengan quis berhadiah bagi pendengar dirumah tetapi juga para tamu hadirin dengan hadiah berupa Radio portabel.

(RRINabire/Arnold.Saudilla)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *