News & Info

Susun Profil Sumber Daya Siap Siaga Bencana, BPBD Nabire Bersama BNPB Gelar Workshop

Share

Ketersediaan data dan informasi mengenai sumber daya baik SDM maupun sarana dan prasarana yang akurat dari semua komponen yang terlibat dalam kebencanaan sangat dibutuhkan, karena dengan data yang akurat, akan memudahkan percepatan pergerakan sumber daya yang diperlukan ke lokasi kejadian bencana, sehingga dapat meminimalisasi dampak dari kejadian bencana tersebut, baik berupa korban maupun materi.

Terkait hal itu, bertempat di Aula Rumah Sakit Umum Daerah Siriwini Nabire, digelar kegiatan Workshop Penyusunan Profil Sumber Daya Kesiapsiagaan Daerah Perbatasan I, tahun 2017, tingkat kabupaten Nabire, yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Nabire, selasa 10 Oktober 2017.

Acara Workshop ini, dibuka oleh Wakil Bupati Nabire, Amirullah Hasyim S.IP MM. Dalam kata sambutannya, Wakil Bupati Amirullah mengatakan, pemerintah dari tingkat pusat hingga daerah bersama-sama dengan pihak-pihak terkait terus berupaya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat bencana.

Oleh karena itu, dirinya menyambut baik dilaksanakannya Workshop Penyusunan Profil Sumber Daya Kesiapsiagaan Daerah Perbatasan I, tahun 2017, sebagai salah satu upaya penyempurnaan data dan informasi mengenai sumber daya yang ada di kabupaten Nabire, dan berharap pelaksanaan kegiatan ini menghasilkan data dan informasi yang akurat yang nantinya bermanfaat dalam penanggulangan bencana di daerah ini.

Kegiatan Workshop Penyusunan Profil Sumber Daya Kesiapsiagaan Daerah Perbatasan I, tahun 2017, tingkat kabupaten Nabire ini, dimaksudkan sebagai upaya perlindungan masyarakat yang optimal dari dampak negatif bencana. Salah satu upaya tersebut adalah menyusun Profil Sumber Daya Kesiapsiagaan Nasional dalam Penanggulangan Bencana.

Diharapkan profil ini dapat secara langsung menjadi bahan acuan dalam upaya pengembangan mekanisme kesiapsiagaan yang lebih terstruktur dan dapat memberikan gambaran umum sumber daya yang dimiliki, baik sarana, prasarana, sumber daya manusia dan SOP, dalam menghadapi tanggap darurat bencana.

Turut hadir dalam kegiatan Workshop ini, Kepala BPBD Nabire, Drs Blasius Nuhuyanan, Dirut RSUD Siriwini Nabire, Dr. Johny Ribo Tandisau, Perwakilan BNPB, Agung Prihartono, serta diikuti oleh para peserta yang terdiri dari anggota TNI/Polri, Tim Sar/Basarnas, serta instansi terkait.

[Nabire.Net]

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.