Surat Suara Pemilu Legislatif 2019 Tanpa Foto, KPU Nabire Perlu Sosialisasikan Hal Ini Ke Masyarakat

Nabire – Surat Suara Pemilu Legislatif 2019 mendatang tampilannya akan sedikit berbeda jika dibandingkan surat suara pada Pileg 2014. Jika di 2014, surat suara menampilkan foto para caleg, maka di Pileg 2019 hanya ada nama dan nomor urut saja.

Pemilihan warna ini dilakukan berdasarkan Keputusan KPU Republik Indonesia nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018 tentang desain surat suara dan desain alat bantu coblos (template) bagi pemilih tunanetra pada Pemilu Tahun 2019.

Pembedaan warna dan desain surat suara pada Pemilu 2019 dilakukan sebagai bagian dari sosialisasi dan pendidikan politik untuk masyarakat.

Lalu bagaimana dengan kesiapan para caleg di Nabire, serta warga Nabire yang nantinya akan mengikuti Pemilu 2019, apakah mereka sudah memahami hal tersebut ?

Menurut penjelasan Komisioner KPU Nabire, Nelius Agapa, kepada Nabire.Net, selasa (26/02), hingga saat ini belum ada penyampaian atau semacam sosialisasi kepada caleg maupun masyarakat.

Ditambahkan Nelius, untuk sementara sosialisasi ke masyarakat dilakukan oleh Relawan Demokrasi yang telah terbentuk, namun dalam waktu dekat KPU juga akan melakukan sosialisasi sekaligus simulasi pemungutan di TPS.

“Kami belum lakukan sosialisasi ke parpol dan juga masyarakat sehubungan dengan masih menunggu PKPU tentang pungutan dan perhitungan Pemilu 2019 (Tungsura) dan juga PKPU tentang penetapan pasangan calon terpilih, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih Pemilu 2019, PKPU 3/2019 dan PKPU 5/2019 sudah ditetapkan, dalam waktu dekat KPU akan melakukan sosialisasi”, tutur Nelius.

Hal ini juga dibenarkan salah seorang caleg di Nabire yang tak ingin disebutkan namanya. Menurutnya belum ada penyampaian terkait hal itu ke caleg maupun masyarakat. Namun menurutnya para caleg seharusnya sudah mengetahui hal itu.

Oleh karena itu penyelenggara Pemilu di Nabire perlu mensosialisasikan hal ini kepada warga masyarakat sehingga bisa mengetahui secara pasti tata cara pencoblosan yang baik dan benar, sehingga nantinya proses pencoblosan pada 17 April 2019 mendatang berjalan lancar tanpa hambatan.

[Nabire.Net]



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *