“Stop Minta Pemekaran Kampung Hanya Untuk Kejar Dana Desa”

(Tokoh pemuda Meeuwodide, Dominggus Badii, ST)

Deiyai – Tokoh pemuda Meeuwodide, Dominggus Badii, ST, meminta kepada warga di kampung untuk tidak meminta pemekaran kampung hanya untuk mengejar dana desa.

Hal itu disampaikan Dominggus kepada Nabire.Net, jumat (14/08). Dikatakan bahwa selama ini ratusan miliar dana desa yang dialirkan ke kampung tak pernah dimanfaatkan dengan baik.

Kata Dominggus, justru dana desa menimbulkan banyak persoalan di kampung bahkan hingga menyebabkan perpecahan baik antar warga kampung hingga antar keluarga.

Lanjut Domin, harusnya dana kampung digunakan sesuai petunjuk teknis yang ada agar bisa dimanfaatkan dengan baik untuk membangun kampung.

Dana kampung diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian Desa untuk membangun kampung di berbagai sektor, bukan untuk dibagi-bagi untuk kepuasan sendiri.

Oleh karena itu, Domin menegaskan kepada warga masyarakat agar jangan minta-minta pemekaran kampung hanya sekedar mengejar dana desa.

Ia meminta warga berpikir mandiri untuk membangun desanya, jangan terus bergantung pada bantuan pemerintah yang akhirnya membuat rakyat menjadi malas untuk mengelola sumber daya alamnya sendiri.

Pemekaran kampung hanya membuat perpecahan, merusak persaudaraan, karena tujuannya hanya untuk mengejar dana kampung. Banyak pemekaran kampung dilakukan bukan untuk kepentingan warga kampung sendiri tapi kepentingan pihak-pihak yang hanya mementingkan perutnya sendiri.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *