Sosialiasi Pemilu Legislatif 2014 Tingkat Distrik Nabire Kota

1

Dalam rangka mempersiapkan pemilu legislatif 2014, pihak pemerintah Distrik Nabire bersama-sama Polsek Kota dan Koramil, melaksanakan sosialisasi tentang Pemilu kepada masyarakat di tingkat distrik Nabire Kota.

Kepala Distrik Nabire kota, Michael Danomira S.STp mengatakan, dalam sosialiasi tersebut, pihaknya telah melakukan pengecekan persiapan KPPS baik dari anggota TPS dari tingkat kelurahan hingga ke kampung-kampung. Selain itu pihaknya juga mensosialisasikan hasil Daftar Pemilih Tetap yang sudah valid ditentukan oleh KPU pusat, provinsi, dan kabupaten kota.

Menurut Michael, pada sosialisasi itu, telah dijelaskan peran dan fungsi masing-masing dari PPD, pihak Distrik, Polsek kota dan Koramil.

Ketika ditanyakan tentang DPT yang bermasalah di distrik Nabire, dijelaskan, DPT mengalami pengurangan sebesar 6000 lebih dikarenakan hal ini sudah ditentukan Sistemnya oleh KPU Pusat yaitu dengan sistem SODALE yang mana setiap orang berhak untuk memilih sehingga tidak terjadi penggandaan nama lebih dari 1 TPS.

Selain itu terkait dengan sistem SODALE, jumlah DPT di setiap TPS menurut aturan baru yang disosialisasikan pihak KPU melalui PPD bahwa tiap TPS hanya dipadatkan menjadi 500 pemilih.

Sementara terkait penunjukan KPPS, menurut Michael Danomira, KPPS ditunjuk langsung oleh Lurah berdasarkan usulan dan akan diteruskan ke KPU Nabire, dan KPU Nabire akan menerbitkan surat keputusan terkait anggota KPPS.

(Arnold Saudila)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *