Sidang PHP Bupati Deiyai Berakhir Pukul 22.00 Wib, Hasil Sidang Akan Dirapatkan Majelis Hakim MK

Sidang lanjutan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati kabupaten Deiyai 2018, dengan pemohon Inarius Douw dan Anakletus Doo (DODO) kembali digelar selasa pagi (12/11) di Gedung MK Jakarta Pusat.

Sidang tersebut dimulai pukul 09.00 Wib, dan baru berakhir pukul 22.00 wib. Sidang sendiri sempat diskors sebanyak 3 kali, yakni pada pagi hari, sore dan petan pukul 18.30 wib.

Sidang dipimpin oleh Hakim Ketua MK, Anwar Usman, dan beberapa hakim anggota yaitu I Dewa Gede Palguna, Eni Nurbaningsih, Saldi Isra, Suhartoyo, dan Aswanto.

Hadir dalam persidangan tersebut, pemohon Inarius Douw, termohon yakni KPU kabupaten Deiyai, anggota KPU Papua, anggota KPU RI, kuasa hukum pemohon dan termohon, serta pihak terkait pasangan Ateng Edowai/Hengky Pigai (EDOWPIGAI),  anggota Bawaslu RI, Bawaslu Papua dan Bawaslu Deiyai, Dandim 1705/Paniai dan Kapolres Paniai.

Agenda sidang hari ini (12/11) yakni mendengar Keterangan Saksi atau Ahli dari Pemohon, Termohon dan Pihak Terkait, dengan masing-masing pihak mengajukan 3 saksi dan 2 orang ahli.

Ada 3 saksi yang dihadirkan baik dari pemohon maupun termohon untuk memberikan keterangan pada sidang hari ini (12/11) diantaranya Kepala Suku Distrik Diyai 1, Marius Ukago yang hadir sebagai saksi dari pemohon.

Khusus untuk sidang yang dimulai dari pukul 18.30 Wib hingga 22.00 wib lebih intens membahas mengenai laporan keberatan secara tertulis dari pihak pemohon (Inarius Douw/Anakletus Doo) mengenai kesepakatan perubahan suara di tingkat TPS.

Terkait hal itu, Majelis Hakim MK melakukan cross check mengenai laporan keberatan tersebut ke Bawaslu Deiyai, dan ke Kapolres Paniai, dimana kedua pihak mengaku belum menerima laporan tertulis tentang keberatan tersebut. Sementara dari KPU, hanya menerima keberatan berupa tulisan tangan (db2) pada rekapitulasi perhitungan suara tingkat kabupaten.

Sebelum sidang berakhir, Majelis Hakim menerima dan mengesahkan alat bukti tambahan dari pihak pemohon maupun termohon.

Persidangan berakhir pukul 22.00 wib, dan Hakim Ketua MK, Anwar Usman mengatakan bahwa hasil sidang hari ini akan dirapatkan terlebih dahulu oleh Majelis Hakim MK, dan kelanjutannya akan menunggu pemberitahuan dari kepaniteraan.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *