Sempat Terganggu, Jaringan Telkomsel Di Nabire Kembali Stabil Senin Petang

Setelah sempat tidak stabil sejak sabtu malam (07/07), jaringan Telkomsel kembali up senin petang sekitar pukul 18.00 wit.

Kepastian tersebut disampaikan GM Mitra Distributor Telkomsel Nabire, Chelsius Lamere, melalui pesan singkatnya kepada Nabire.Net.

Dijelaskan Chelsius, jaringan Radio IP Long Haul (IPLH) telah selesai diperbaiki dan sementara ini sedang dalam monitoring oleh tim teknis terkait.

Sebelumnya jaringan milik operator Telkomsel sejak sabtu malam (07/07) terpantau tidak stabil. Nabire.Net mencoba menanyakan hal ini kepada Corporate Communications Telkomsel Regional Papua Maluku, Muhammad Kadri, senin pagi (09/07).

Muhammad Kadri membenarkan bahwa sedang terjadi gangguan pada jaringan milik Telkomsel, dan problem ini sedang ditangani tim Network Telkomsel. Namun Kadri tidak menjelaskan secara detail gangguan apa yang terjadi.

Masih penasaran, Nabire.Net coba menghubungi GM Mitra Distributor Telkomsel Nabire, Chelsius Lamere. Dari keterangan Chelsius Lamere, Nabire.Net baru mengetahui penyebab gangguan yang terjadi.

Dijelaskan Chelsius, jaringan telkomsel mengalami gangguan karena putusnya radio IP Long Haul yang berada di Mambor. Oleh karena itu, Telkomsel Nabire sementara mengaktifkan jaringan backup satelit via Timika.

Seperti diketahui, pengerjaan penyambungan tambahan kapasitas IP Long Haul (IPLH) ke Nabire dilakukan medio Mei 2018 lalu dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan Telkomsel baik voice maupun data.

Selama ini layanan Telkomsel di Nabire diakses melalui satelit via Timika, namun dengan peralihan data dari satelit ke IP Long Haul menggunakan media Radio, layanan Telkomsel dilewatkan jalur Biak-Sorong, dan diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan milik Telkomsel di Nabire khususnya pada layanan data dan voice.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.
CLOSE
CLOSE