Seminar Hasil Kajian Sosial Budaya Masyarakat Taman Nasional Teluk Cenderawasih Nabire

Universitas Negeri Papua (UNIPA) Manokwari Papua Barat bekerja sama dengan Pemerintah kabupaten Nabire, melaksanakan Seminar sehari hasil kajian sosial budaya masyarakat di Taman Nasional Teluk Cenderawasih.

Peneliti dari UNIPA Manokwari, Fernando Saragih, mengatakan, hasil kajian sosial masyarakat di Taman Nasional Teluk Cenderawasih sangat bermanfaat bagi pemerintah Nabire dan juga bagi investor yang ingin berinvestasi di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Hal tersebut dikatakan peneliti bahasa dan budaya Fernando Saragih di Aula Bappeda Nabire, sabtu (03/05/2014).

Ditambahkan Fernando, dengan adanya struktur budaya masyarakat lokal tersebut, pemerintah dan pengusaha bisa memahami bagaimana pendekatan yang dilakukan dalam pengambilan keputusan, sehingga tidak ada lagi komplain dari masyarakat lokal jika ada bantuan atau kerjasama yang akan dilakukan, karena struktur dan budaya masyarakat sudah ada jalur-jalurnya.

Kegiatan seminar yang berlangsung selama sehari ini, juga dihadiri oleh para Kepala Suku dari masing-masing kampung diantaranya Kampung Goni, Yerituar, Napan Yaur, Yaur, Kwatisore, Sima, dan juga diikuti oleh Instansi Pemerintah, masing-masing Bappeda, Dinas Kehutanan, Dinas Kelautan & Perikanan, Dinas Budaya, Olahraga & Pariwisata, Balai BesarNasional Taman Cenderawasih, Klasis GKI Paniai, Lembaga Masyarakat Adat, dan Klasis GKI Paniai.

(Amir Kadang/RRI Nabire)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *