Selain Dibuat Koteka, Suku Dani Di Wamena Juga Gunakan Labu Sebagai Obat Tradisional

(Tanaman Labu di Wamena)

(Tanaman Labu di Wamena)

Jayawijaya – Koteka adalah salah satu pakaian tradisional dari beberapa suku di Papua, salah satunya Suku Dani yang berada di Lembah Baliem.

Koteka yang dibuat dari buah labu ini, banyak ditanam suku Dani di kampung Parema, Distrik Wesaput, kabupaten Jayawijaya Papua.

Tanaman ini ditanam di pekarangan rumah warga. Cara menanam labu ini hampir sama dengan tanaman pare, yaitu dibuatkan tempat untuk merambat, sehingga buah labu bergelantungan menggantung ke bawah. Buah labu yang sudah tua kemudian dibuat menjadi koteka.

Ternyata selain dibuat koteka, oleh Suku Dani di Kampung Parema, buah labu muda dijadikan obat tradisional untuk penyakit tipes. Caranya yaitu dengan merebusnya. Labu rebus ini dikonsumsi setiap hari hingga penyakit tipes sembuh. Biasanya anak kecil hingga orang tua yang sakit tipes akan mengkonsumsi labu rebus ini.

Selain itu, Suku Dani di Kampung Parema juga menanam buah merah, sejenis pandan yang berbuah merah. Buah merah ini dikonsumsi sehari-hari, dimakan bersama keladi rebus.

Buah merah juga dipercaya mampu menyembuhkan penyakit. Untuk itu perlu penelitian ilmiah tentang manfaat buah labu koteka dalam pengobatan medis.

[Nabire.Net/Hari.Suroto]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *