Sejumlah Pelamar CPNS Soroti Kejanggalan Proses Rekrutmen CPNS Di Kabupaten Intan Jaya

Intan Jaya – Tahapan rekrutmen CPNS Formasi 2018 yang dibuka sejak 24 April telah ditutup pendaftarannya 17 Mei 2019. Selain pendaftaran, panitia juga sekaligus melakukan seleksi administrasi pelamar yang juga telah berakhir 23 Mei 2019. Hasil seleksi administrasi sendiri telah diumumkan tanggal 10 Juni 2019. Namun ada yang puas dengan hasil tersebut, tapi ada juga yang keberatan.

Sesuai Nawacita yang dicanangkan oleh Presiden RI Bapak Jokowi bahwa penerimaan CPNS 2018 difokuskan untuk pemenuhan kebutuhan guru dan tenaga medis, namun penerimaan CPNS yang dilaksanakan di kabupaten Intan Jaya sangat mengecewakan,

Prioritas Penerimaan CPNS yang seharusnya ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan guru dengan memprioritaskan tenaga Honorer daerah, tidak dilaksanakan oleh BKD Intan Jaya dengan berbagai alasan yang tidak dapat diterima oleh Pelamar CPNS 2018.

Dari 1647 Pelamar CPNS di kabupaten Intan Jaya, 31 orang diantaranya dinyatakan tidak lulus seleksi dengan sejumlah alasan sebagai berikut :

  1. Formasi yang dilamar merupakan formasi untuk putra putri Papua, hal ini dimaklumi apabila seluruh pelamar yang kedua orang tua-nya bukan asli Papua. Sedangkan dalam edaran Bupati Intan Jaya nomor 110 Tahun 2019 (Terlampir), nomor 2 poin 3, dikatakan apabila formasi umum asli Papua tidak memiliki pelamar maka dapat diisi oleh pelamar dari formasi umum non Papua.

  2. Tidak melampirkan dokumen kualifikasi, untuk formasi tertentu seperti guru, kesehatan, jurusan teknik dan jurusan keahlian lainnya yang membutuhkan dokumen kualifikasi hal ini tidak dilampirkan di dalam juknis penerimaan CPNS 2018 bahwa dokumen tersebut wajib dilampirkan, namun hal ini menjadi batu sandungan untuk beberapa pelamar karena tidak diluluskan dengan alasan tersebut.

  3. Pelamar membawa seluruh dokumen yang diperlukan untuk melamar CPNS 2018 dan didaftarkan oleh panitia, namun pada saat pengumuman kelulusan berkas administrasi, peserta tersebut dinyatakan tidak lulus dengan alasan jurusan yang dipilih tidak linear. Sebagai contoh ijazah S1 Matematika. Namun oleh panitia, didaftarkan dengan formasi S1 PGSD sehingga peserta tersebut tidak lulus.

  4. Pelamar memiliki salah satu orang tua yang merupakan Orang Asli Papua (OAP) namun tidak diluluskan dengan alasan formasi yang dilamar salah karna untuk formasi umum asli Papua.

Peserta yang tidak lulus telah melakukan komplain kepada Panitia pelaksana namun jawaban yang diterima tidak jelas seolah-olah sengaja membiarkan hal tersebut terjadi dan menekan peserta agar tidak lagi mempertanyakan hal tersebut lebih jauh. Tentu hal ini membuat kekecewaan yang mendalam bagi peserta yang tidak lulus seleksi administrasi.

Dari 1616 orang pelamar CPNS yang lulus seleksi administrasi di kabupaten Intan Jaya, banyak yang diluluskan dengan alasan karena panitia mengenal peserta tersebut, memiliki hubungan kekerabatan,1 suku, dan titipan dari pejabat. Hal ini sesuai pengakuan langsung peserta seperti :

  1. Pelamar Hanya mendaftar online tanpa melampirkan dokumen fisik yang diminta namun pada tanggal 10 juni 2019 peserta tersebut dinyatakan lulus

  2. Pelamar pendatang melamar formasi umum asli papua yang dikhususkan untuk OAP namun diluluskan oleh panitia seleksi CPNS 2018 kabupaten intan jaya

  3. Pelamar mendaftar online secara mandiri namun berkas yang dikumpulkan ke panitia tidak lengkap namun diluluskan.

Selain keganjilan-keganjilan diatas, hal lain yang disoroti peserta CPNS adalah integritas Panitia Penerimaan CPNS 2018 kabupaten Intan Jaya, yang seharusnya diisi oleh 100% PNS atau Staf, namun fakta yang terjadi di lapangan, justru panitia seleksi dan verifikasi diisi oleh tenaga honorer yang juga ikut melamar pada seleksi CPNS tahun ini di Intan Jaya.

Terkait hal tersebut, pemerintah kabupaten Intan Jaya khususnya instansi teknis terkait yaitu Badan Kepegawaian Daerah, diminta untuk mematuhi aturan, bekerja dengan jujur dan transparan, serta menerapkan proses yang bersih sehingga PNS yang direkrut adalah PNS yang baik, berintegritas dan sesuai dengan bidang dan kemampuannya, sesuai semangat Nawacita Presiden RI.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.