News & Info

RSUD Nabire Raih Penghargaan Rumah Sakit Tuberkolosis Terbaik Nasional Bersama RSUD Jayapura Pada Peringatan Hari TB Sedunia

Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia diperingati setiap tanggal 24 Maret setiap tahunnya bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa TBC sampai saat ini masih menjadi epidemi di dunia, termasuk di Indonesia.

Tema yang diusung pada Hari TBC Sedunia tahun ini, yakni “Peduli TBC, Indonesia Sehat” bermaksud untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta seluruh pemangku kebijakan dan masyarakat dalam mendukung Eliminasi TB di Indonesia serta menempatkan TBC sebagai isu penting di semua sektor pembangunan. Hal ini sejalan dengan tema global Hari Tuberkulosis Sedunia tahun ini yaitu “Wanted: Leaders for a TB-free world. You can make history. End TB”.

Berdasarkan laporan WHO 2017 diperkirakan ada 1.020.000 kasus di Indonesia, namun belum separuhnya terlaporkan ke Kementerian Kesehatan. Karena itu, gerakan Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS) TBC sangat dibutuhkan, perlu dipahami dan dilakukan oleh seluruh masyarakat.

Pada peringatan Hari TBC Sedunia tahun ini, Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek menyerahkan beberapa penghargaan, salah satunya penghargaan Rumah Sakit Tuberkolosis Terbaik tingkat Nasional kepada Rumah Sakit Umum Daerah Nabire, bersama RSUD Jayapura.

Ada sejumlah kriteria yang dinilai oleh Kementerian Kesehatan sebelum diputuskan keluar sebagai juara dan langsung diberi penghargaan. Sejumlah kriteria untuk rumah sakit di antaranya melaporkan kasus TB terbanyak yang terdaftar di puskesmas tersebut pada sistem informasi tuberkulosis terpadu (SITT) dan/ETB manager periode Januari sampai Desember 2017 dengan melampirkan print out/screenshot tampilan data yang terlapor pada SITT/e-TB manager.

Kedua rumah sakit ini dinilai lulus dari sejumlah kriteria yang ditentukan dan melakukan pelayanan serta penanganan terhadap pasien penyakit TB terbaik secara nasional.

Penghargaan itu akan kembali diserahkan secara simbolis oleh Dinkes Papua kepada dua pimpinan RSUD Nabire dan RSUD Jayapura senin 26 Maret 2018 di Jayapura.

Seperti diketahui hingga saat ini, Kader TB di Nabire telah menemukan 4202 orang terduga TB. Dari jumlah tersebut, 417 orang diantaranya telah terkonfirmasi mengidap TB.

Sementara hingga Februari 2018, kader TB di Nabire telah memastikan bahwa 174 penderita penyakit TB telah sembuh, 81 orang sedang dalam pengobatan dan 14 orang dinyatakan meninggal dunia.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

One Response to RSUD Nabire Raih Penghargaan Rumah Sakit Tuberkolosis Terbaik Nasional Bersama RSUD Jayapura Pada Peringatan Hari TB Sedunia

  1. Penghargaan wadah buat penampungan pembunuh, kecuali oap sendiri yg bertugas didalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.