Rapat Koordinasi Kelembagaan Re-akreditasi Prodi & Akreditasi STT Walter Post Jayapura

(Dok.Rapat Koordinasi Kelembagaan Re-akreditasi Prodi & Akreditasi STT Walter Post Jayapura)

(Dok.Rapat Koordinasi Kelembagaan Re-akreditasi Prodi & Akreditasi STT Walter Post Jayapura)

Jayapura – Bertempat di Gedung Serbaguna Kampus STT Walter Post, Pos 7 Sentani, Jayapura, telah dibuka kegiatan Rapat Koordinasi Kelembagaan dalam rangka Re-akreditasi Prodi dan Akreditasi Institusi STT Walter Post Jayapura, Kamis (11/07).

Acara pembukaan dimulai kamis pagi pukul 08.30 Wit, diikuti 40 orang utusan dari pimpinan Gereja di setiap Koordinator di Papua dan Papua Barat, dengan para Pimpinan Akademisi.

Pembukaan dipimpin oleh Ketua Sinode Gereja Kingmi di Tanah Papua, Pdt.DR. Benny Giay, dengan ibadah singkat. Khotbah dalam ibadah ini mengusung Firman Tuhan dari kitab Pengkhotbah 3:1-9 dengan nats “Untuk Segala Sesuatu Ada Waktunya”.

Dalam khotbahnya, sebagai pimpinan Gereja Kingmi, Pdt. Benny Giay mengharapkan supaya setiap Dosen dan Pimpinan Gereja wajib mengikuti dan membaca perubahan zaman untuk mengawal para perintis gereja ini mendirikan lembaga pendidikan sebagai sumber pencetak manusia yang siap melayani di gereja, masyarakat dan di pemerintahan.

Setelah khotbah dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh ketua Sinode Gereja Kingmi, ditandai dengan pengalungan kartu nama yang disiapkan oleh Panitia.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, Frediel Pigai, M. Th, menjelaskan maksud dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan sistem pengelolaan dan pengembangan kelembagaan yang terpadu di lingkungan STT Walter Post, dalam upaya menjawab tuntutan Sistem Pendidikan Nasional Indonesia.



Selain itu, kegiatan ini sekaligus untuk membaca kondisi riil dan evaluasi sistem pengelolaan dan pengembangan kampus serta merumuskan supaya menetapkan sistem pengelolaan kelembagaan terpadu dengan mengacu pada SPNI dan kebutuhan lokal.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan Rencana Induk Harapan Penyelengaraan tentang STT Walter Post yang disampaikan oleh ketua Sekolah Pdt. Dr. Drs Mazmur Asso, M. Mis, M. Th.

Kemudian ceramah I dengan materi ‘Kebutuhan dan Harapan penyelenggara tentang STT WP dibawakan oleh Ketua Sinode Kingmi di tanah Papua, Pdt. Dr. Benny Giay, dan ceramah II dengan judul “Gambaran umum tentang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia dan lainnya.

Sementara itu, saat diwawancarai Nabire.Net, Pdt. DR. Benny Giyai mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan demi untuk perubahan di Papua khususnya menyangkut persoalan saat ini seperti penyakit sosial HIV AIDS, kekerasan dalam rumah tangga, kenakalan remaja, pengekangan kebebasan demokrasi di Papua dan lain sebagainya.

Selain itu, forum ini juga menjadi tempat berkumpul untuk membicarakan peran sekolah theologia dalam membawa kedamaian dan pemulihan.

Dan juga mengenai pengembangan kurikulum sekarang dan kedepannya, pemaparan kerangka visi dan misi STT Walter Post.

“Kita juga berharap gereja bisa berperan dalam memberi penguatan dan penyadaran kepada jemaat”, tutup Pdt. Benny Giyai.

Ketua Panitia Pelaksana, Frediel Pigai, M. Th saat dimintai keterangan oleh Nabire.Net mengatakan, maksud kegiatan ini sebagai upaya untuk mensinkronisasi sistem pengelolaan lembaga pendidikan secara khusus sekolah theologia yang bernaung dibawah STT Walter Post Jayapura, seperti di Nabire, Dogiyai, Deiyai, Paniai, Timika dan Wamena.

“Sinkronisasi ini dianggap penting karena Sekolah Walter Post saat ini diperhadapkan dengan tuntutan sistem pendidikan di Indonesia untuk menggiring seluruh pendidikan tinggi untuk berada dibawah sistem pendidikan nasional melalui akreditasi nasional, tapi di sisi lain, STT Walter Post juga dihadapkan pada kebutuhan gereja dan masyarakat di Papua, sehingga melalui kegiatan ini bisa mengakomodir dua hal ini baik sistem pendidikan nasional maupun kebutuhan gereja dan masyarakat di tanah Papua”, tutup Frediel Pigai.

[Nabire.Net/Ones.Yobee]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *