Porseni Bas VII Se-Dekenat Paniai & Tigi Siap Dilaksanakan Juli Mendatang

Paniai – Pekan Olahraga Seni dan Bazar (Porseni Bas) VII Mudika se-dekenat Paniai dan Tigi tahun 2019 akan diadakan pada bulan Juli mendatang, di Paroki Salib Suci Madi, kabupaten Paniai.

Pelaksanaan Porseni Bas ini bertujuan untuk mengembangkan seni dan budaya terutama kualitas dan kreativitas seniman dan budayan di Paroki dan Stasi se-dekenat Paniai.

Selain itu Porseni Bas ini juga dimaksudkan untuk melestarikan budaya kesenian didalam Owada dan Emaawa di setiap Kombas, diperintah tarian Emaida dan lagu rakyat Emaida dari setiap Stasi dan Paroki se-dekenat Paniai, serta meningkatkan mutu dan fungsi seni budaya yang layak dan mampu bersaing di era globalisasi.

Kegiatan Porseni Bas sendiri direncanakan akan digelar mulai tanggal 20 s/d 27 Juli 2019 dipusatkan di Aula Utama Paroki Salib Suci Madi, Dekenat Paniai, dengan tema yang diusung yaitu “Pemuda Dekenat Paniai dan Tigi Menjadi Agen Pembaharuan Kebutuhan Ciptaan Tuhan dalam Emaawa Owada”.

Peserta yang akan dilibatkan dalam Porseni Bas VII ini terdiri dari 200 hingga 250 peserta dan tim dari Timpas, Dewan Paroki, Para Mudika dua Dekenat Paniai dan Tigi, para pewarta Paroki dan Stasi se-dekenat Paniai.

Adapun nama-nama Paroki se-dekenat Paniai yaitu Paroki Kristus Jaya Komopa, Paroki St. Yusuf Enarotali, Paroki Salib Suci Madi, Paroki St. Fransusiskus Asisi Epouto, Paroki K3 Dama Bagata, Paroki St. Tohanes Pemandi Waghete, Paroki st. Pransiskus Obano, Paroki Segala Orang Kudus Diyai dan rayon-rayon yang berada luar dekenat Paniai Seperti Timika, Jayapura dan Nabire.

Jenis Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Porseni Bas VII tahun 2019 diantaranya adalah tarian tradisional bergaya”Emaida” Polksong musik dan lagu rakyat, lomba baca Alkitab, cerdas cermat, vokal grup, Mazmur tanggapan dan petik melodi.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Porseni Bas, Andreas Kayame, berharap agar seluruh Paroki, Stasi dan Kombas se-dekenat Paniai dan Tigi bisa turut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Sedangkan Ketua Umum Porseni Bas se-dekenat Paniai, Aruben Bunai mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi pembahasaan utama pada MUSMEE tahun 2018 lalu di Madi.

[Nabire.Net/Demianus.Bunai]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.