Perspektif Lain Wabup Dogiyai Terkait Rencana Pemekaran Mapia Raya

(Wakil Bupati Dogiyai, Oskar Makai, saat berkunjung ke Israel akhir 2019 lalu)



Dogiyai – Rencana pemekaran Daerah Otonomi Baru Mapia Raya dari kabupaten Dogiyai, akhir-akhir ini banyak mendapat pertentangan dari berbagai pihak. Namun Wakil Bupati Dogiyai yang juga Ketua Tim Pemekaran Mapia Raya, Oskar Makai, SH, punya perspektif lain terkait rencana tersebut.

Ada sejumlah pandangan positif menurut Oskar Makai jika ada pemekaran Mapia Raya. Sisi positif tersebut berkaitan dengan pengelolaan sumber daya alam yang lebih adil sesuai batas wilayah serta terbukanya kesempatan untuk meningkatkan SDM melalui pembukaan lapangan kerja baru.

Berkaitan dengan pengelolaan sumber daya alam, menurut Oskar Makai, selama ini wilayah Tota Mapiha menjadi rebutan bagi beberapa kabupaten seperti Mimika, Deiyai, Paniai dan Nabire dalam pengelolaan SDA-nya.

Dengan pembentukan DOB Mapia Raya, tentu batas wilayah akan lebih dipertegas sehingga mencegah klaim maupun rebutan daerah lain.

Sementara dari sisi peningkatan SDM, menurut Oskar, dengan adanya pemekaran tentu akan membuka lapangan kerja baru bagi OAP baik menjadi ASN maupun pengusaha.

Ia mengambil contoh, rekrutmen PNS formasi 2009 pasca pemekaran Dogiyai, saat ini telah menghasilkan para pemimpin-pemimpin di bidang pemerintahan seperti Kasubag, Kasie, Sekretaris dan ASN lainnya.

Sedangkan di sektor swasta, mulai bermunculan pengusaha lokal asli Mapia, seperti contoh Bapak Osea Petege, dan masih banyak lagi.

Disamping itu, Oskar juga mencontohkan dirinya sendiri. Setelah kuliah, Oskar kemudian kembali ke Nabire tahun 2011, namun tidak memiliki pekerjaan. Setelah Dogiyai dimekarkan dari Nabire, Oskar kemudian kembali ke Dogiyai, dan berjuang hingga menjadi orang nomor dua saat ini di Dogiyai.

Oleh karena itu, Oskar mengatakan bahwa ada sisi positif dari pemekaran suatu daerah, tentu sisi positif itu harus dinikmati orang asli Mapia sendiri, baik dari sisi SDM maupun SDA. Dengan adanya pemekaran, tentu membuka kesempatan lebih baik lagi untuk masa depan Mapiha yang lebih baik.

*Penulis, Anton Tebai

[Nabire.Net]


2 Responses to Perspektif Lain Wabup Dogiyai Terkait Rencana Pemekaran Mapia Raya

  1. Markus butu berkata:

    Pak Oskar Wabup Dogiyai,melihat sesuatu hal itu jgn hanya lihat sebelah mata sj tapi melihat pasang kedua mata.

  2. Albert Yual berkata:

    Pak Wakil, anda tidak rasa kepunahan ras melanesia yg terjadi di Papua, jgn melihat dari Wilayah Meepago saja, tapi seluruh tanah Papua, semua sama. Itu aspirasi yg bapak harus akui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *