Persoalan Jaringan, Kadis Kominfo Nabire Minta Warga Sabar Menunggu Palapa Ring Timur

(Dok.Telkom Indonesia)

(Dok.Telkom Indonesia)

Nabire – Kekecewaan warga masyarakat kabupaten Nabire terhadap kualitas jaringan telekomunikasi yang diprovide oleh Telkom maupun Telkomsel mendapat tanggapan dari Bupati kabupaten Nabire, Isaias Douw S.Sos M.AP.

Dikatakan Bupati Douw, pemerintah kabupaten Nabire telah dan terus berupaya agar jaringan telekomunikasi di kabupaten Nabire bisa baik.

(Baca Juga : Bupati Nabire Sudah Berupaya Benahi Persoalan Jaringan Telekomunikasi)

Untuk memastikan hal tersebut, Nabire.Net mencoba menanyakan kebenarannya kepada Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika kabupaten Nabire, Drs. Suwardi M.Si, Jumat malam (12/07).



Diuraikan Kepala Dinas Kominfo Nabire, pemkab Nabire sudah sering mendapat keluhan bahkan makian terkait kondisi jaringan telekomunikasi di kabupaten Nabire. Padahal bukan Pemkab yang memegang kewenangan mengelola jaringan, melainkan Telkom.

“Itu kan punya Telkom dan Vendornya, Pemda dan aparaturnya juga sama seperti masyarakat sebagai user. Yang bisa kami lakukan sebatas mengkomunikasikan ke pihak yang berkompeten”, terang Suwardi.

Lebih lanjut Suwardi mengatakan bahwa pemerintah sudah intensif berkoordinasi baik secara administrasi maupun memanggil langsung pejabat Telkom/Telkomsel yang ada di Nabire. Bahkan, hal ini juga sudah disampaikan ke pusat oleh Bupati Nabire.

Sebagai jawaban atas persoalan jaringan yang terjadi saat ini, pemerintah merespon dengan pembangunan proyek Palapa Ring Timur dari Kementerian Komunikasi Dan Informatika.

Suwardi juga menjelaskan bahwa Bupati Nabire selalu menjawab pertanyaan tentang masalah jaringan, salah satunya di kegiatan turun kampung. Dan hal itu sudah dijawab sesuai data dan fakta.

“Pemda Nabire tidak bisa intervensi jika ada persoalan di Telkom/Telkomsel, Pak Bupati hanya bisa menggerutu saja. Kepala Telkom dan Manager Telkomsel Nabire pernah dimintai klarifikasi, dan apa yang mereka jelaskan juga bukan kapasitasnya”, beber Kepala Dinas Kominfo Nabire, Suwardi.

Oleh karena itu, Suwardi meminta agar warga Nabire lebih bersabar menunggu rampungnya proyek Palapa Ring Timur.

“Harapannya jika palapa ring timur selesai, maka kualitas jaringan di Indonesia Timur akan sama dengan wilayah Indonesia Tengah dan Barat. Bahkan mungkin speednya bisa melebihi karena jumlah konsumen yang masih sedikit di Nabire”, lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Nabire, Isaias Douw mengaku sudah berupaya agar jaringan di Nabire bisa lebih baik lagi.

Hal itu disampaikan Bupati Douw kepada wartawan di Nabire usai mengikuti Upacara Hari Bhayangkara ke-73 di Mapolres Nabire, Rabu (10/07).

(Baca Juga : Bupati Nabire Sudah Berupaya Benahi Persoalan Jaringan Telekomunikasi)

Bupati Isaias menuturkan bahwa berbagai upaya telah dilakukan pemerintah kabupaten Nabire untuk mengatasi dan membenahi persoalan jaringan dari mulai menyurati Menteri Kominfo, hingga melaporkan langsung hal ini kepada Gubernur Papua.

“Ini kan dari BUMN (red: Telkomsel & Telkom), beberapa kali sudah kami menyurat ke menteri Infokom, dan pernah langsung bicara di Provinsi di depan Gubernur & KPK mengenai Telkomsel di wilayah ini, ini kan wilayah Meepago”, kata Isaias.

Selain itu menurut Bupati, ia juga telah beberapa kali memanggil pihak Telkom di Nabire untuk mengupayakan jaringan yang baik di Nabire.

“Saya sudah beberapa kali tekan mereka, berapa kali juga Telkom di Nabire sudah dipanggil, jadi kami sedang berupaya agar Nabire ini netral dan baik jaringannya”, lanjut Bupati.

(Baca Juga : Sering Gangguan, Warga Nabire Kirim Karangan Bunga Ke Telkom Nabire)

Sebagai informasi selama ini memang jaringan Telkom maupun Telkomsel di kabupaten Nabire sangat mengecewakan warganya. Saking kecewa, warga bahkan mengirimkan karangan bunga ke Kantor Telkom sebagai bentuk keprihatinan atas buruknya pelayanan BUMN tersebut.

(Baca Juga : Petisi Online Kekecewaan Terhadap Telkom & Telkomsel Di Nabire Capai 300 Lebih Tanda tangan)

Selain itu warga juga membuat petisi online, bahkan Nabire.Net membuat surat terbuka kepada Telkom. Namun hingga berita ini diturunkan, kualitas jaringan di Nabire masih tetap bobrok dan tidak bisa diandalkan sama sekali. Bahkan pihak terkait pun sama sekali enggan memberi komentar atas buruknya kualitas dan pelayanan mereka kepada masyarakat.

(Baca Juga : Surat Terbuka Nabire.Net Untuk PT. Telkom Indonesia Area Nabire)

[Nabire.Net]

Silahkan Komentar

Komentar Anda

One Response to Persoalan Jaringan, Kadis Kominfo Nabire Minta Warga Sabar Menunggu Palapa Ring Timur

  1. Kepada yth Pemda Nabire… Kenapa TIDAK bisa masukan investor/provider lain selain punya plat merah kh? Kalo mau bersaing yang sehat, berani kh tidak pemda sebagai penguasa wilayah kabupaten ini kasih masuk operator lain? Itu sj tidak usah pake upaya lain.. terlalu tergantung Skali dgn operator plat merah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.