Persipura Bantai Tuan Rumah Mitra Kukar 3-0

Hat-trick Yohanes Pahabol memberikan Mitra Kukar kekalahan pertama di kandang setelah dilibas Persipura Jayapura 3-0 dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2012/13 di Stadion Aji Imbut, Rabu (13/3).

Raihan tiga angka ini membuat Persipura menggusur Arema dari puncak klasemen usai mengoleksi 25 angka dari 11 pertandingan yang sudah dilalui. Tim Mutiara Hitam kini unggul satu poin dari Singo Edan.

Sedangkan bagi Mitra Kukar, kekalahan tidak menggoyahkan posisi mereka di peringkat ketiga dengan nilai 22. Namun tim Naga Mekes dipaksa harus menelan kekalahan pertama di hadapan pendukungnya.

Mitra Kukar dan Persipura berambisi memuncaki klasemen melalui pertandingan ini. Kedua tim menerapkan permainan terbuka, dan sudah saling serang sejak pluit kick-off ditiupkan wasit.

Persipura lebih dulu memberikan ancaman ke pertahanan tuan rumah. Boas Solossa melepaskan tendangan, tapi bisa ditangkap Syamsidar. Beberapa menit kemudian, uampan terobosan Gerard Pangkali tidak bisa diselesaikan Boas dengan baik, kendati hanya berhadapan dengan Syamsidar.

Peluang diperoleh Mitra Kukar pada menit ke-35, tapi tendangan bebas Paolo Frangipane masih melambung tipis di atas mistar gawang. Skor imbang tanpa gol ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Permainan Mitra Kukar dan Persipura tidak mengalami perubahan di babak kedua. Untuk menambah daya gedor, Mitra Kukar memasukkan Jajang Mulyana di babak kedua menggantikan Fadil Sausu.

Pergantian ini membuat serangan Mitra Kukar lebih tajam untuk mengimbangi agresivitas Persipura. Laga berjalan satu jam, tendangan Zulham Zamrun masih bisa diamankan kiper Yoo Jae Hoon.

Namun meningkatnya intesitas serangan Mitra Kukar menimbulkan celah di lini pertahananan. Kondisi ini dimanfaatkan Persipura untuk menjebol gawang Syamsidar melalui gol Yohanes Pahabol pada menit ke-73 guna memecah kebuntuan tim tamu.

Gol ini menumbuhkan kepercayaan diri Persipura. Pahabol kembali memaksa Syamsidar memungut bola dari jalanya di menit ke-81, dan diakiri dengan hat-trick pada masa injury time yang memberikan Mitra Kukar kekalahan pertama di kandang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *