Persekolahan YPPK Di Nabire Kibarkan Bendera Setengah Tiang Untuk Menghormati Uskup Timika

(Sebagai bentuk penghormatan kepada Uskup Timika, persekolahan YPPK di Nabire kibarkan bendera setengah tiang)

(Sebagai bentuk penghormatan kepada Uskup Timika, persekolahan YPPK di Nabire kibarkan bendera setengah tiang)

Nabire – Dalam sepekan terakhir, umat katolik di tanah Papua tengah dirundung dukacita. Dua pemimpin umat katolik asli Papua yaitu Uskup Timika, Mgr. John Philip Saklil Pr dan Pastor Yulianus Bidau Mote Pr, tutup usia.

Dukacita yang sama juga dirasakan oleh umat Katolik di kabupaten Nabire. Ungkapan dukacita tersebut tersirat lewat pengibaran bendera merah putih setengah tiang, sebagai bentuk penghormatan dan ungkapan bela sungkawa bagi Uskup Timika dan Pastor Yulianus Mote.

Bendera setengah tiang tersebut dikibarkan di seluruh Sekolah Yayasan Pendidikan & Persekolahan Katolik (YPPK) di Nabire, dan mungkin juga di Papua.

Salah satunya terlihat di SMP YPPK Santo Antonius Nabire. Pihak sekolah turut berduka dengan mengibarkan bendera setengah tiang, hingga hari pemakaman Uskup Timika yang direncanakan akan dilaksanakan pada hari Rabu 7 Agustus 2019.

Selain itu, Badan Pengurus YPPK Tillemans Keuskupan Timika juga telah meminta kepada setiap sekolah YPPK untuk diliburkan hingga 8 Agustus 2019 dan mulai kembali beraktivitas pada tanggal 12 Agustus 2019.

Uskup Timika, Mgr. John Philip Saklil akan dimakamkan pada tanggal 7 Agustus 2019 yang misa pemakamannya dilaksanakan di Katedral Tiga Raja Timika.

Sedangkan tempat pemakaman Uskup John bertempat di Pemakaman Imam-Iman Diosesan yang berada di belakang rumah Uskup.

Direncanakan hadir dalam Misa penghormatan ini yaitu Uskup Jayapura, Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM, Sekjen KWI Mgr. Anton Subiyanto, OSC dan Uskup Agats, Mgr. Aliysius Murwito.

Seperti diketahui, Uskup Timika, Mgr. John Saklil Pr, meninggal dunia pada Sabtu siang (03/08) di Rumah Sakit Mitra Masyarakat Timika.

(Baca Juga : Requiescat In Pace Uskup John Philip Saklil)

Uskup John Philip Saklil sempat jatuh di depan Kantor Keuskupan Timika dan tak sadarkan diri kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Masyarakat sekitar pukul 12.30 Wit.

Setibanya di UGD RSMM, tim medis langsung memberikan pertolongan dengan memompa jantung. Karena kondisi Uskup semakin kritis, ia dipindahkan ke ruang ICU. Namun pukul 14.10 Uskup John Philip Saklil meninggal dunia.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *