Perkenalkan Whale Shark Center, Pusat Pengelolaan Hiu Paus Di Nabire

(Whale Sharks Center Nabire)

Nabire – Kini tempat wisata ikan hiu paus (whale shark) semakin dipercantik oleh Balai Besar Taman Nasional Teluk Cendrawasih melalui kehadiran Whale Shark Center (WSC).

Hal tersebut dimaksudkan untuk menarik minat wisatawan sekaligus menjaga kawasan tersebut sebagai pusat penelitian hiu paus demi kelestariannya.

Demikian penuturan Kepala Balai Besar Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Ir. Ben Gurion Saroy, M.Si, kepada Nabire.Net.



Saroy mengatakan, ikan hiu paus adalah spesies kunci dalam pengembangan pariwisata unggulan di kabupaten Nabire. Oleh karena itu kehadiran Whale Shark Centre (WSC) berfungsi sebagai pusat pemberdayaan dan peningkatan kapasitas masyarakat khususnya para pengelola BUMDes Resort Wisata Sowa selaku Pemegang Ijin Pengusahaan Pariwisata Alam yang akan terlibat dalam pengelolaan pariwisata di TNTC.

WSC berada di Bawah manajemen BBTNTC dan dikelola oleh Konsorsium yang terdiri dari para pihak yang kompeten antara lain Pemda, BBTNTC, UNIPA, Balitbangda, Litbang LHK, LSM, dan masyarakat Hukum.

Dengan peran sebagaimana dijelaskan diatas maka WSC sesungguhnya merupakan Pusat Pemberdayaan (Central of Empowerment) dalam rangka menciptakan kondisi pemungkin kehidupan Hiu Paus sebagai spesies unggulan wisata alam di Kabupaten Nabire dapat berlangsung secara lestari, guna mendukung kunjungan wisata ke Kabupaten Nabire.

“Manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Nabire sehubungan hadirnya fasilitas ini adalah terjadinya pertumbuhan ekonomi wilayah dan kesejahteraan masyarakat akibat meningkatnya kunjungan wisata”, beber Ben Saroy.

Lebih jauh ia menghimbau kepada masyarakat yang berkunjung ke fasilitas tersebut agar ikut menjaga dan merawat WSC. Jangan buang sampah ke laut atau meningalkan sampah.

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *