Perbaikan Irigasi Di Kampung Kalisemen SP2 Distrik Nabire Barat Oleh Babinsa & Masyarakat

1

Bintara pembina desa (Babinsa) Koramil 1705-01/Nabire, Papua membantu perbaikan saluran irigasi sepanjang 200 meter di Kampung Kalisemen SP 2, Distrik Nabire Barat, Sabtu.

“Dalam upaya khusus meningkatkan swasembada pangan di wilayah Kodim Paniai, para Babinsa dari Koramil Nabire membantu petani buat irigasi,” kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR di Kota Jayapura.

Tujuan dilaksanakan itu agar petani di Kampung SP 2, Distrik Nabire Barat dapat melaksanakan penanaman padi sesuai dengan waktunya yaitu di musim penghujan sekarang ini dan tidak terkendala dengan masih adanya bagian dari saluran irigasi yang masih rusak.

“Kegiatan pembuatan saluran air ini dalam pengerjaanya dilakukan oleh para babinsa yang dipimpin oleh Sersan Mayor Samber beserta 17 orang rekannya bersama-sama dengan masyarakat,” katanya.

Pembuatan saluran irigasi sepanjang kurang lebih 200 Meter itu juga bertujuan untuk menampung air serta mengantisipasi banjir dari luapan sungai, di mana lahan pertanian di tempat tersebut rawan terkena banjir.

Sehingga untuk mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi, masyarakat petani Kampung SP 2, Distrik Nabire Barat meminta kepada Babinsa untuk membantu menyampaikan permasalahan tersebut kepada pemerintah daerah untuk ditindak lanjuti dengan membangun saluran irigasi.

Dandim 1705/Paniai Letnan Kolonel Arh Yulian Iskandar, kata Teguh, juga menyampaikan bahwa para Babinsa diperintahkan untuk selalu melekat dengan masyarakat sehingga mereka tahu kesulitan yang dihadapi oleh warga masyarakat.

“Dengan demikian mereka bisa langsung memonitor kesulitan-kesulitan warga dan dengan cepat melaporkan ke komando atas dalam hal ini Kodim 1705/Paniai untuk mengambil solusi. Kami sebagai aparat teritorial siap mendukung dan membantu serta mendampingi masyarakat petani meningkatkan ketahanan pangan dalam mewujudkan program swasembada pangan nasional,” katanya.

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *