Penyerahan Dana Desa Tahap I Sebesar 561 Juta Lebih Untuk Kampung Arui, Distrik Moora, Nabire

Penyerahan dana desa tahap pertama tahun anggaran 2018, 20 persen sebanyak Rp 561.662.475,- untuk Kampung Arui Distrik Kepulauan Moora Kabupaten Nabire Papua, Rabu 8 Agustus 2018, dipusatkan di kantor Kampung Arui. Penyerahan dana kampung tersebut disaksikan masyarakat dan aparat kampung Arui.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Nabire diwakili Izak Kabarek saat memberikan sambutan menjelaskan bahwa dana kampung untuk tahun 2018 ini di cairkan dalam tiga tahap. Masing masing tahap pertama 20 persen, tahap kedua dan ketiga masing masing 40 persen dari pagu dana.

“Tahap pertama 20 persen berjumlah Rp 561.662.475,- itu digunakan untuk honor aparat kampung dan empat bidang lainnya, yaitu penyelenggaraan pemerintahan kampung, pembangunan kampung, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan kemasyarakatan yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD). Sementara dana yang bersumber dari APBN atau Dana Desa (DD) terdapat dua kegiatan yaitu pembangunan dan pemberdayaan kemasyarakatan,” tegas Izak Kbarek.

Melalui pencairan tahap pertama dana desa atau kampung bagi kampung arui itu, izak kbarek minta dan mengharapkan kepada masyarakat dan aparat kampung untuk di manfaatkan sebaik baiknya sesuai program dan juknis.

Kepala Kampung Arui Benyamin David Misiro mengatakan melalui dana desa 20 persen yang dicairkan ini, minta supaya masyarakat kampung Arui bersatu bergandengan tangan untuk membangun Arui, sesuai visi kepala kampung Arui yaitu membangun dengan kasih, menuju Arui yang sejahtera.

“Melalui dana desa ini akan mendorong masyarakat untuk membangun bersama dan memerangi ketertinggalan dan kemiskinan,” tegasnya.

Pada kesempatan itu Benyamin Misiro menjelaskan pada tahun anggaran 2018 ini, kampung Arui akan menerima dana desa sebanyak Rp1.915.224.187

Penyerahan dana desa tahap pertama 20 persen di Kampung Arui itu disaksikan masyarakat, aparat kampung, bamuskam, kepala distrik, kapos pol Arui dan sejumlah undangan lainnya.

Pada kesempatan yang sama diserahkan juga kasur dua buah per kepala keluarga, motor tempel 15 PK 9 unit dan rumah sehat sebanyak 8 unit yang bersumber dari dana desa tahun anggaran 2018 serta penandatangan berita acara.

(RRINabire/Arnold.S)


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.
CLOSE
CLOSE