Pengurus Pusat IMI Soroti Sirkuit Dadakan Jalan Merdeka Nabire Yang Tidak Layak

Share

Kecelakaan maut yang menewaskan pembalap asal Makassar, Fadil Muhammad, dalam laga final Kejuaraan kabupaten Motoprix Region VI Bupati Cup 2017 pada tanggal 8 Oktober 2017 lalu, mendapat sorotan dari PP IMI (Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia). PP IMI akan segera mengevaluasi kejadian musibah tersebut.

Dari kecelakaan yang dialami oleh Fadil, sorotan utama justru mengenai sirkuit balap yang tak safety. Jalan raya umum yang digunakan untuk sirkuit dadakan semestinya dilengkapi dengan berbagai pelindung seperti ban atau bagor berisi serbuk pada setiap pembatas atau pada trotoar yang memang rawan tertabrak oleh pebalap.

IMI melalui Olahraga Sepeda Motor & Safety telah meminta laporan detail kronologis kejadian dari IMI Provinsi terkait dan setelah dievaluasi maka akan diambil tindakan disiplin kepada juri & panitia penyelenggara sesuai ketentuan yang berlaku. Hal itu ditegaskan Sekjen PP IMI, Jeffrey JP.

Event Organizer memiliki peranan penting. Fungsinya bukan hanya semata bikin event balap dan mengatur kelancaran jalannya kegiatan tersebut hingga selesai. Promotor balap juga harus jeli pada detail dari segala aspek.

Termasuk di dalamnya adalah mengenai standarisasi atau kelayakan sebuah sirkuit balap nonpermanen. Di sini promotor balap sangat penting perannya. Sebab merekalah yang mengatur atau merekayasa lokasi menjadi sirkuit dadakan. Keselamatan pebalap dan juga penonton menjadi hal mutlak yang tak bisa dihindari. Apalagi jika yang digunakan untuk trek dadakan adalah jalan raya.

“Standard Safety dan Persyaratan Panitia sudah tercantum pada PNOKB (Peraturan Nasional Olahraga Kendaraan Bermotor) & Safety Balap Motor IMI, di mana untuk Panitia Penyelenggara tingkat Kejurnas dilakukan peningkatan knowledge melalui Program Workshop IMI yang tersertifikasi sesuai kemampuannya. EO (Event Organizer) yang tidak memenuhi ketentuan akan diambil tindakan melalui Panel Disiplin IMI,” sambung Jeffrey.

Dalam hal ini, memang perlu digaris bawahi jika promotor bukan satu-satunya yang menjadi pemain utama. Ada pihak lain sebagai pengawas, yakni IMI. IMI Pusat melalui perwakilannya IMI daerah (Pengprov) tempat diselenggarakan balapan juga punya andil dalam hal pengawasan dari segala sisi. Baik sebelum balapan maupun setelah balapan.

Di sini yang bertanggung jawab adalah IMI Safety Officer, utusan yang memiliki Lisensi IMI untuk sekurang-kurangnya Lisensi Juri/Steward & Safety sesuai dengan jenis perlombaannya yang ditunjuk untuk mewakili IMI Pusat dalam suatu perlombaan dengan lingkup tugas tertentu. Perwakilan IMI Officer Safety bertanggung jawab mengawasi aspek keselamatan seperti lintasan, keselamatan pebalap, keselamatan penonton dan lainnya.

Kecelakaan pebalap di sirkuit nonpermanen hingga meninggal dunia memang bukan baru satu kali terjadi. Dalam satu musim ini saja, setidaknya sudah tiga kali kecelakaan pebalap di sirkuit nonpermanen yang merenggut nyawa. Dari ketiganya, kondisi sirkuit yang kurang safety menjadi penyebab. Dalam hal ini minimnya pagar pengaman atau barrier yang layak.

(Sumber)

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.