Penetapan Selesai, Ketua KPU Dogiyai Apresiasi Semua Pihak

(Pleno penetapan DPRD Dogiyai)

Dogiyai – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Dogiyai telah menetapkan 25 calon anggota DPRD Dogiyai terpilih, hasil Pemilu Legislatif 2019. Penetapan tersebut dilaksanakan Rabu (14/08) di Aula Koteka Moge kabupaten Dogiyai.

Menurut Ketua KPU Dogiyai, Andreas Gobai, penetapan ini merupakan sejarah pertama kalinya dilakukan di kabupaten Dogiyai.

Hal itu disampaikan Andreas, saat diwawancarai Nabire.Net, rabu (14/08), di sela-sela acara penetapan anggota DPRD Dogiyai terpilih.

“Kami telah menetapkan 25 anggota DPRD Dogiyai tambah 5 orang dari Pemilu sebelumnya secara terbuka hari ini. Dalam sejarah, ini baru pertama kali kami lakukan di Dogiyai”, kata Andreas.

Lebih lanjut Andreas juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggara Pemilu baik TNI/Polri, partai politik, pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat di 79 kampung dan 10 Distrik yang ada di Dogiyai.

“Selanjutnya kami akan lakukan proses pengusulan untuk peneguhan (pelantikan) anggota DPRD Dogiyai, kepada KPU Provinsi Papua melalui pemda Dogiyai”, katanya.

Ketua KPU Dogiyai sendiri mengakui bahwa selama pelaksanaan Pemilu di Dogiyai, masih banyak kekurangan yang terjadi, namun semua itu merupakan bagian dari pendidikan politik dan demokrasi.

“Kita perlu pembangunan lain tapi kita juga perlu pendidikan politik di daerah ini, terutama penyelenggara pemilu yang telah memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilu dengan baik”, ujar Andreas Gobay.

Sementara di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Dogiyai, Mecky Tebai, mengakui bahwa masih ada pihak yang belum bisa menerima hasil penetapan ini, karena keberatan dengan jumlah perolehan suara.

Namun Mecky Tebai menjelaskan bahwa hal itu akan diproses lebih lanjut oleh Bawaslu kabupaten Dogiyai.

Sebagai informasi, KPU Dogiyai telah menetapkan 25 calon anggota DPRD terpilih hasil Pemilu 2019 berdasarkan Surat Berita Acara KPU Dogiyai Nomor 18/PI.02.,6-BA/9126/KPU-Kab/VIII/2019 tentang penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Dogiyai pada Pemilu 2019, serta SK KPU Dogiyai Nomor 15/HK.03.01-Kpt/9126/KPU-Kab/VIII/2019 tentang penetapan perolehan suara kursi Parpol peserta Pemilu anggota DPRD Dogiyai tahun 2019.

(Baca Juga : KPU Dogiyai Tetapkan Calon Anggota DPRD Dogiyai Terpilih Hasil Pemilu 2019)

Pelaksanaan jalannya Pleno ini juga dikawal ketat oleh aparat kepolisian dan berjalan dengan aman dan lancar hingga selesai.

[Nabire.Net/Ones.Yobee]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *