Pencoblosan PSU Pilbup Nabire Dimundurkan Tanggal 28 Juli 2021

(Pencoblosan PSU Pilbup Nabire Dimundurkan Tanggal 28 Juli 2021)

Nabire, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Nabire telah melaksanakan sosialisasi penundaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilbup Nabire, rabu (12/05/21).

Seperti diketahui, sesuai jadwal dan tahapan pelaksanaan, seharusnya PSU Pilbup Nabire dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2021, namun dimundurkan menjadi tanggal 28 Juli 2021.

Dasar penundaan pelaksanaan PSU Pilbup Nabire yakni hasil supervisi dan monitoring anggota KPU RI, dan anggota KPU Provinsi Papua terkait persiapan pelaksanaan PSU di Nabire.

Ternyata per 4 Mei 2021 Pemda Nabire belum juga mencairkan dan hibah untuk PSU kepada KPU Nabire, akibat sejumlah agenda dan tahapan seperti rekrutmen PPS, PPD, PPDP, dilaksanakan tanpa penyediaan anggaran, lebih khusus pemutahiran data pemilih yang sedang dilakukan oleh PPDP.

Karena itu juga yang menjadi perselisihan di MK, atas pertimbangan anggaran serta pemutahiran data pemilih yang harus dilaksanakan secara cermat, serta membutuhkan penambahan waktu, maka tanggal pencoblosan diundur.

Terkait alokasi waktu 90 hari sesuai putusan MK, yang dimaksud 90 hari adalah hari kerja, sehingga tgl 28 Juli 2021 masih dlm 90 hari, kecuali tanggal pencoblosan diatur diatas tanggal 2 Agustus.

[Nabire.Net/HK]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *