Penanganan Konflik Sosial di Papua. Sebuah Catatan Bagi Wilayah Meepago

(John N.R Gobai)



Paniai – Penanganan Konflik adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terencana dalam situasi dan peristiwa baik sebelum, pada saat, maupun sesudah terjadi Konflik yang mencakup pencegahan konflik, penghentian konflik, dan pemulihan pasca konflik.

Sesuai dengan konsep penanganan konflik sosial maka di Papua hari ini diperlukan adanya Pemulihan Pasca Konflik dengan progtam Rekonsiliasi sebagai bagian dari penanganan konflik yang dimulai dengan adanya Dialog.

Mekanisme

Mekanismenya penanganan konflik yang baik adalah dialog antar orang papua dan juga orang papua dengan orang non papua dari berbagai elemen, mulai dengan memetakan akar permasalahan dari masing-masing pihak kemudian dirumuskan rekomendasi dari masing masing pihak kemudian dirumuskan rencana tindaklanjut bersama yang harus dijaga dan dilaksanakan..

Peradilan adat di Papua

Proses penyelesaian masalah dalam masyarakat adat yang kita kenal dengan peradilan adat yang ada dalam dlm masyarakat adat Papua dan masyarakat adat lain merupakan sebuah cara dalam Penanganan Konflik Sosial di Papua, untuk Pemerintah wajib memfasilitasi dengan sarana dan dana yang jelas untuk ikut menyelesaikan konflik sosial dalam masyarakat terkait dengan tanah, pidana adat dan lain lain. Seperti yang sering terjadi di daerah kabupaten/kota.

Penutup

Terkait dengan Konflik Sosial perlu dibentuk Tim Penanganan Konflik Sosial sesuai dengan UU No 7 Tahun 2012 oleh Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini dapat diinisiasi oleh badan Kesbangpol Provinsi Papua dan segera dibuat program penanganan konflik berupa pemulihan pasca konflik dengan rekonsliasi antara Masyarakat papua dan penduduk di Papua.untuk hal ini DPR Papua Periode 2014-2019, telah mengusulkan Draf Perda ttg Penanganan Konflik Sosial, usulan ini dapat menjadi dasar bagi Pemprov Papua.

Hal ini juga harus dilakukan juga oleh para Bupati di Provinsi Papua dengan membentuk Tim Penanganan Konflik sosial di Kabupaten/kota di Papua yang diinisiasi oleh badan Kesbangpol Kab/Kota di Papua.

*Penulis, John N.R Gobai

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *