Pembibitan Tanaman Padi Di Kampung Wiraska Distrik Wanggar Nabire

pertanian

Program swasembada beras Kabupaten Nabire merupakan program yang akan dicapai Dinas Pertanian kabupaten Nabire pada tahun 2016 ini. Untuk mencapai target yang sudah ditetapkan tersebut, maka seluruh pihak yang memiliki peran dalam upaya swasembada beras seperti Petani, PPL dan Babinsa Pendamping serta Dinas Pertanian Kabupaten Nabire mencurahkan segala daya dan upayanya untuk dapat mewujudkan program tersebut.

Terkait hal itu, rabu lalu (07/09), telah diadakan kegiatan pendampingan pembibitan tanaman padi yang dilakukan oleh anggota Babinsa kampung Wiraska Distrik Wanggar, Sertu Riskon Apandi, bersama anggota PPL Dinas Pertanian Nabire kepada para petani.

Pendampingan ini bertujuan agar para petani selalu tetap terjaga motivasi dan semangatnya untuk menanam padi, dan juga agar dapat diawasi bahwa bibit yang disiapkan oleh petani adalah bibit yang berkualitas baik, serta usia tanam bibit yang tepat untuk mencapai hasil maksimal. Dengan demikian hal-hal yang tidak diinginkan seperti hasil panen tidak maksimal atau terjadinya gagal panen dapat terhindarkan.

Apabila salah dalam penyiapan bibit dan penanaman yang tidak tepat waktu, akan dapat mengakibatkan kualitas padi yang rendah. Kualitas padi yang diperoleh pada saat panen akan mempengaruhi perolehan jumlah tonase dan apabila kualitas padi yang diperoleh baik, maka kuantitas padi juga akan bertambah dan target swasembada akan dapat dicapai.

Pendampingan pertanian oleh Babinsa merupakan kegiatan simultan dalam Program UPSUS karena pendampingan ini akan terus berlangsung sampai dengan masa panen.

(Pendam17Cen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *