Pemberlakuan BPJS Kesehatan Di Nabire

Berdasarkan UU RI no 24 tahun 2011, tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dan peraturan pemerintah no 01 tahun 2012 tentang penerimaan bantuan iuran jaminan kesehatan, dan peraturan Presiden no 12 tahun 2013 tentang jaminan kesehatan, maka sejak tanggal 1 januari 2014, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial kesehatan (BPJS), mulai diberlakukan di seluruh Indonesia termasuk di Nabire.

PT Askes Persero yang berganti nama menjadi BPJS Kesehatan langsung bertanggungjawab kepada Presiden untuk mengelola jaminan kesehatan seluruh rakyat Indonesia.

Terkait hal ini, Kepala Operasional BPJS kesehatan kabupaten Nabire, Theodorus T, mengatakan, BPJS Kesehatan Nabire sudah siap, dengan sudah beberapa kali mengadakan sosialisasi kepada warga kota Nabire khususnya peserta Askes, namun diakuinya masyarakat masih berobat langsung ke RSUD Nabire tanpa rujukan dari Puskesmas asal. Ditambahkan Theodorus, agar memudahkan pelayanan BPJS kesehatan, Puskesmas diharapkan melayani pasien menurut wilayah pelayanannya saja.

Mau tidak mau, suka tidak suka, program BPJS Kesehatan sudah beroperasi, untuk PNS yang telah memiliki Askes, Askesnya tetap berlaku, kecuali bagi PNS baru menggunakan BPJS Kesehatan, hal ini juga berlaku bagi warga yang menggunakan jaminan kesehatan Jamkesmas, Jamkespa, dan asuransi kesehatan lainnya harus menggunakan BPJS kesehatan

(Arnold Saudilla /RRI Nabire)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *