Pembentukan Propinsi Papua Tengah Tinggal Selangkah

Koordinator pembentukan Propinsi Papua Tengah, Drs. A.P. Youw,M.Si, yang juga selaku deklarator pembentukan propinsi papua tengah di Nabire, semua persyaratan yang dibutuhkan untuk memuluskan berdirinya propinsi papua tengah tinggal satu persyaratan lagi yang harus diserahkan kepemerintah pusat, yaitu peta satelit.

Dikatakan, setelah dokumen peta satelit diserahkan maka proses selanjutnya adalah menunggu petunjuk dari Mendagri, DPRRI, dan Presiden tentang langkah selanjutnya.

A.P. Youw kepada RRI dikediamannya mengatakan,  dirinya saat ini sedang  menunggu 10 orang bupati di wilayah papua tengah untuk membubuhkan tanda  tangan di dokumen peta satelit.

Ditambahkan, kemungkinan tim dari Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD), akan turun meninjau langsung sepuluh wilayah di papua tengah, apakah layak dan posisi yang tepat menjadi ibu kota papua tengah.

Selanjutnya tim DPOD akan membahas dan menetapkan hasilnya yang akan disampaikan kepada Presiden R.I, untuk mendapat persetujuan, kemudian langkah terakhir atau final adalah DPR –RI akan gelar sidang paripurna untuk menetapkan undang-undang pembentukan propinsi papua tengah.

“Peta satelit propinsi papua tengah sudah selesai dikerjakan, sekarang saya tunggu mereka (10 orang Bupati di papua tengah-red) untuk tanda tangan diatas peta itu. Setelah tanda tangan, saya akan bawa kembali ke jakarta, setelah dari jakarta tim akan dibentuk dan akan ke daerah untuk meninjau ke lapangan, dan setelah itu mereka kembali ke Jakarta untuk membahas penetapan rencana undang-undang propinsi papua tengah,” tuturnya, Senin (29/4/2013).

Tokoh pembentukan propinsi papua tengah Drs. A.P. Youw,M.Si,  minta dan mengharapkan kepada masyarakat di wilayah papua tengah dan nabire  khususnya, untuk tetap menjaga stabilitas daerah dan jangan mudah terpancing dengan isu-isu miring yang tidak bertanggung jawab, karena perjuangan menghadirkan propinsi papua tengah sudah semakin jelas.

(Sumber : RRI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *