Pelaksanaan Ujian Masuk Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN) Di Jayapura

Sebanyak 112 putra-putri asli Papua mengikuti Ujian Masuk Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN), di LPMP Kotaraja – Jayapura, Selasa 2 Juli 2013. Sekolah Tinggi Akutansi Negara/ STAN adalah Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia. 

Kuat, mewakili Kementerian Keuangan Jakarta kepada peserta seleksi mengemukakan, lulusan STAN telah bekerja di Kementerian Keuangan dan kementerian lain, bahkan ada yang menjadi pegawai pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), juga ada yang bekerja di Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia. STAN menitikberatkan pendidikan di bidang pengelolaan keuangan negara dengan spesialisasi  menjadi bendahara, pengelola keuangan, mengurusi arus masuk keluar uang, termasuk pemberian layanan dan pertanggung jawaban keuangan negara termasuk pajak.

Selama menempuh pendidikan Diploma 1, peserta yang lolos seleksi akan diberikan beasiswa dari negara.  Kampus STAN tersebar hampir di seluruh Indonesia dan punya perwakilan di beberapa daerah, diantaranya, Medan, Pekanbaru, Palembang, Jawa Barat, Cimahi, Jawa Tengah, Yogjakarta, Malang, Jawa Timur, Kalimantan di Kota Pekanbaru dan Balikpapan sedang Sulawesi ada di Makasar dan Manado.

Deputi I UP4B Prof. Ikhwanuddin Mawardi mengatakan, STAN adalah yang prestisius dan  menjadi rebutan sehingga sangat kompetitif untuk masuk STAN dan pada tahun ajaran baru ini pendaftar regular untuk masuk STAN sudah mencapai 70 ribu orang, yang diterima hanya 5 ribu orang.

Persaingan yang sangat ketat menjadikan kesempatan masuk STAN sangat terbatas. Untuk itu UP4B telah mengajukan kuota kepada Kementerian Keuangan melalui program afirmasi dan disetujui sebanyak 120 orang pada tahun ajaran 2013. Selain STAN, UP4B juga telah banyak membuka program afirmasi antara lain masuk Sekolah Tinggi/Universitas Negeri, Sekolah Kedinasan, Sekolah Penerbang, Akademi TNI, Akpol, untuk STAN adalah angkatan I.

Pemilihan program afirmasi pada pendidikan STAN bagi puteri-puteri asli Papua bertujuan untuk mencetak ahli dalam pengelolaan keuangan pemerintahan. Lulusan STAN asal Papua ini, nantinya akan kembali ke daerah masing-masing dan menjadi ahli pengelolaan keuangan pada kantor pemerintahan daerah. Kesempatan dan peluang yang luar biasa dan sangat berharga ini hendaknya tidak disia-siakan. Ujian masuk  STAN selain dilaksanakan di Jayapura, juga dilakukan dibeberapa lokasi di Papua dan Papua Barat di hari yang sama, diantaranya di Sorong, Wamena, Nabire, Manokwari, Biak, Merauke.

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *

[+] monkey emoticons