Pelaksanaan PAS Siswa Multimedia SMK Negeri Nabire Berbasis Komputer & Handphone

Nabire – Mengakhiri Semester Genap tahun ajaran 2018/2019, SMK Negeri 1 Nabire melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) dari tanggal 12-18 Juni 2019.

Menurut keterangan, Ketua Kompetensi Keahlian Multimedia SMKN 1 Nabire, Fatkur Rachman, SP. ST, pelaksanaan PAS ini dilaksanakan untuk kelas X dan XI. Sementara model ujian yang dilaksanakan terbagi dua yakni model manual menggunakan kertas, dan berbasis komputer maupun handphone (android).

Khusus untuk kompetensi keahlian Multimedia, pelaksanaan ujian semester genap dilakukan menggunakan metode komputer/laptop maupun handphone.

Aplikasi ujian berbasis komputer yang digunakan adalah WOKA CBT, dan telah digunakan di Jurusan Multimedia sejak tahun ajaran 2016/2017.

Kelas X Multimedia sendiri melaksanakan ujian di Lab.Desain Grafis menggunakan Komputer PC dan Laptop yang disiapkan sebanyak 40 unit. Jumlah siswa kelas X Multimedia sebanyak 36 siswa.

Sedangkan kelas XI Multimedia melaksanakan ujian berbasis HP Android di Lab.Animasi. HP yang digunakan adalah milik masing-masing siswa. Jumlah siswa kelas XI Multi Media sebanyak 32 siswa.

Pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer merupakan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang Pendidikan. Ujian berbasis Komputer memiliki beberapa keunggulan, antara lain nilai ujian dapat langsung diketahui, Guru tidak repot lagi memeriksa hasil ujian, menghemat penggunaan kertas, menghemat biaya cetak/foto copy soal ujian dan lembar jawaban, soal dan option jawaban dapat diacak, sehingga setiap siswa mendapatkan soal yang berbeda.

Hasil ujian akan disampaikan kepada Guru Pelajaran dalam bentuk file Excel dan PDF yang dikirimkan ke Whatsapp masing-masing Guru. Selanjutnya akan dilakukan pengolahan nilai ujian, dan hasil pengolahan nilai dikirimkan kembali oleh Guru Pelajaran dalam bentuk file Excel ke Wali Kelas X Multimedia dan Kelas XI Multimedia.

Selanjutnya Wali Kelas akan menginput nilai pelajaran ke dalam Aplikasi Raport. Penerimaan Raport semester Genap direncanakan pada tanggal 25 Juni 2019.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *