News & Info

Pawai Takbir Keliling Untuk Tahun Ini Di Nabire Ditiadakan Dan Akan Dilaksanakan Di Setiap Masjid Masing-Masing

Beberapa hari lagi umat muslim di seluruh dunia akan mengakhiri bulan Ramadhan dan memasuki perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1439 H. Sebelum memasuki Idul Fitri, umat muslim akan menggelar pawai takbir di seluruh dunia tanda kemenangan di bulan puasa.

Perayaan takbir untuk tahun 2018 ini di kabupaten Nabire, akan dilaksanakan di setiap Masjid masing-masing dan kegiatan pawai takbir keliling di jalan akan ditiadakan. Hal tersebut sesuai himbauan dari Kepolisian Resor Nabire.

Ketika menanyakan perihal tersebut kepada Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten Nabire, Drs. Muhammad Darwis, dirinya membenarkan hal tersebut.

Kepada Nabire.Net selasa malam 12 Juni 2018, Muhammad Darwis menjelaskan, untuk akhir Ramadhan tahun ini tidak ada pawai takbir keliling, hal ini dikarenakan tidak adanya ijin dari Polres Nabire.

Selain itu Muhammad Darwis menambahkan bahwa penetapan 1 Syawal 1439 H harus melalui sidang isbat oleh Kementerian Agama RI di Jakarta, dan penetapannya pukul 20.00 wib atau pukul 22.00 wit, itu artinya sudah malam di Nabire, sehingga pawai takbir keliling ditiadakan dan dilaksanakan di masjid masing-masing.

Sementara itu, berdasarkan penjelasan dari Pihak Polres Nabire terkait hal ini, yang disampaikan melalui Kasat Intelkam, AKP Yadang, mewakili Kapolres Nabire, dikatakan bahwa pelaksanaan takbiran keliling ini bukan karena tidak ada ijin dari pihak Polres Nabire namun karena tidak ada surat masuk dari PHBI Nabire ke Polres Nabire melalui Sat Intelkam. Surat ijin tersebut tidak dikirim karena PHBI tidak mengijinkan takbir keliling untuk tahun ini, dan takbir dihimbau hanya dilaksanakan di masjid masing-masing.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.
CLOSE
CLOSE