Panen Perdana Cetak Sawah Di Kampung Wiraska, Distrik Wanggar, Nabire

Bertempat di Kampung Wiraska, Distrik Wanggar, kabupaten Nabire, jumat 17 November 2017, telah dilaksanakan kegiatan panen perdana pasca cetak sawah tahun 2017.

Acara tersebut dihadiri Dinas Pertanian Provinsi Papua, Dinas Pertanian kabupaten Nabire, perwakilan Kodam XVII/Cenderawasih, Mayor Inf Abdul Hasibuan, Pasiter Kodim 1705/Paniai, Kapten Inf Eko Sulistyo, anggota PPL, Kelompok Tani di Wiraska, Kepala Kampung Wiraska, Ponimin, serta warga kampung Wiraska.

Kegitan ini merupakan bentuk dukungan program  Swasembada Pangan di Kabupaten Nabire, juga sebagai bentuk hasil dari program cetak sawah, yang mana kegiatan ini merupakan panen perdana dari program cetak sawah di Kampung wiraska.

Kampung wiraska sendiri dalam tahun 2017 ini mendapat areal perluasan sawah seluas 130 Ha, dan tanaman padi yang telah ditanam seluas 50 Ha, dan yang akan dipanen seluas 2 Ha.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kampung Wiraska, Ponimin, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pertanian Provinsi Papua dan kabupaten Nabire, serta Kodim 1705/Paniai atas usahanya selama ini untuk mensejahterakan masyarakat khususnya di Kampung Wiraska, yang mana pihak Kodim 1705/Paniai dan Dinas Pertanian Kabupaten Nabire tidak henti-hentinya mendorong kami untuk bertani demi meningkatkan taraf hidup kami dan mengsukseskan program pemerintah yaitu Swasembada Pangan.

Kemudian Pasiter Kodim 1705/Paniai menambahkan bahwa dari pihak TNI akan terus membantu dan mendorong petani untuk turun ke sawah, bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Nabire bersama-sama membantu masyarakat, seperti menyalurkan pupuk, benih padi, Alsintan, serta memberikan motivasi dan dorongan kepada para petani. Semua itu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab atas tugas yang negara berikan.

Ditempat yang sama, perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Papua, Dewi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya perluasan sawah di Kabupaten Nabire khususnya di Kampung Wiraska Distrik Wanggar ini dapat membuat petani lebih luas untuk bertani dan kami akan mendukung petani untuk bertani.

“Kami berharap agar pekerjaan yang telah dikerjakan dari pihak TNI dapat di pergunakan dengan sebaik-baiknya, karena kita dapat menilai sendiri bahwa pekerjaan yang telah dilakukan oleh pihak TNI ini bukanlah pekerjaan yang mudah, banyak menguras pikiran dan tenaga, untuk itu marilah kita bersama-sama mensukseskan Program Swasembada Pangan di Nabire”, pungkas Dewi.

(Kodam17Cen)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *