Nikmatnya Udang Selingkuh Khas Lembah Baliem Yang Perlu Dibudidayakan

Jayawijaya – Lembah Baliem walaupun berada 1650 Meter diatas permukaan laut (mdpl) tapi memiliki potensi perikanan yang belum dikembangkan, salah satunya di Sungai Baliem.

Sungai Baliem memiliki udang endemik, udang selingkuh yang sebenarnya merupakan sejenis lobster air tawar. Udang selingkuh memiliki harga yang sangat mahal, disamping itu udang ini sangat digemari wisatawan. Setiap turis yang berkunjung ke Wamena, pasti akan selalu mencari udang ini.

Udang selingkuh ini merupakan potensi tersembunyi di Lembah Baliem yang belum dikembangkan dan dibudidayakan secara maksimal.

Jika hanya mengandalkan hasil tangkapan dari sungai Baliem, dikhawatirkan kedepannya stok udang ini akan habis. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian agar udang ini bisa dibudidayakan di kolam sehingga produksinya lebih banyak.

Rasa udang selingkuh sangat enak, dan menjadi kuliner yang paling dicari oleh wisatawan. Dengan membudidayakan udang selingkuh ini dengan baik dan benar, maka kesejahteraan masyarakat Baliem pun akan semakin meningkat.

[Nabire.Net/Hari.Suroto]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.