INFO PAPUA

500 Personil Infanteri Dari Garut Dikirim Ke Daerah Rawan Di Papua Selama 9 Bulan

Last modified on 2015-01-04 06:30:33 GMT. 0 comments. Top.

batalyon

Sebanyak 500 personel Batalion Infanteri 303/Setia Sampai Mati diberangkatkan dari markasnya di Cikajang ke Papua sebagai Satgas Pengamanan Daerah Rawan di Papua, Sabtu (3/1).

Komandan Batalyon Infanteri 303/Setia Sampai Mati, Letkol Inf Iwan Setiawan, mengatakan pemberangkatan ini didasari beberapa kejadian yang menyangkut keamanan di Papua. 500 personil ini ditugaskan untuk mengamankannya.

“Kami ditunjuk bertugas ke sana karena batalion yang ada di Papua akan dilatih di Batujajar. Jadi, kami ke Papua untuk mengisi kekosongan itu dan bertugas di sana,” kata Iwan seusai menggelar upacara pemberangkatan tersebut.

Batalyon Infanteri 303/Setia Sampai Mati dipilih untuk menjadi pengganti tugas sementara batalyon di Papua karena kondisi alam di Garut dan Papua tidak jauh berbeda, yakni kawasan hutan dan memiliki banyak bukit serta gunung.

Dengan kesamaan geografis ini, personil Batalyon Infanteri 303/Setia Sampai Mati akan mudah beradaptasi dengan kondisi di Papua dan segera menjalankan tugasnya.

Selama sembilan bulan, mereka akan ditugaskan membantu Polri dan pemerintah daerah dalam menjaga kondusifitas wilayahnya dan tugas lainnya seperti penanggulangan bencana. Mereka akan melakukan pendekatan teritorial secara aman.

(TN)

Pemetaaan Wilayah Pertambangan Rakyat Di Papua Telah Selesai

Last modified on 2015-01-04 06:02:21 GMT. 0 comments. Top.

tambang

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua Bangun Manurung mengungkapkan jika saat ini pihaknya telah menyelesaikan pekerjaan pemetaan wilayah pertambangan rakyat.

“Kalau pemetaan pertambangan rakyat sudah jadi, jadi tahun depan kita tinggal tindak lanjuti dan berharap nanti ada kelompok-kelompok masyarakat yang mengajukan perijinan-perijinan,” ungkap Manurung ktika ditemui wartawan diruang kerjanya pada Selasa (30/12) siang.

Sesudah pemetaan pertambangan rakyat ini selesai, terangnya, dari Dinas ESDM Papua akan menyampaikan hal kepada para Bupati supaya mereka juga mengetahuinya, karena nanti kelompok masyarakat sudah siap untuk menggarap lokasi yang telah dipetakan dengan luasan antara 150 sampai 1000 hektar.

Daerah yang dimaksud Manurung yang telah masuk dalam pemetaan pertambangan rakyat sendiri adalah Kabupaten Nabire, Paniai, Waropen dan Mimika. “Di daerah tersebut peta wilayah pertambangan rakyatnya sudah jadi,” ucapnya.

Dijelaskannya juga jika Kelompok masyarakat yang ingin mengajukan perijinan tambang, ijinnya akan dikeluarkan oleh Bupati, dan hal itu dikatakannya sudah sesuai dengan UU Otsus.

Tapi ada perkembangan baru UU no 23 tahun 2014 dimana segala perijinan di seluruh Indonesia ada di Gubernur, untuk semua sektor, perkebunan, kehutanan, pertambangan, perindustrian.

Mengenai pengawasan, kata Manurung, akan dikembalikan pada mekanisme karena Bupati ada didaerah sebagai kepala wilayah. Dan secara detail nanti akan ada peraturan pemerintah yang akan mengikuti UU ini, dan akan diikuti oleh keluarnya Perda pertambangan rakyat.

Untuk kelompok masyarakat yang bisa dijadikan contoh, Manurung mengatakan, itu akan diserahkan ke daerah supaya itu lebih baik dari pada provinsi yang menentukan siapa yang dipilih menjadi percontohan, dan lahan yang akan digunakan itu kan ada pemiliknya yaitu masyarakat adat, tapi nanti hasil ini akan disosialisasikan ke mereka supaya mempersiapkan ini.

(BP)

Warga Intan Jaya Pertanyakan Kinerja Bupatinya

Last modified on 2015-01-03 13:13:58 GMT. 0 comments. Top.

Bupati-Intan-Jaya-Natalis-Tabuni-480x374

Warga kabupaten Intan Jaya pertanyakan kinerja Natalis Tabuni, bupati Kabupaten Intan Jaya. Karena dinilai selama dua tahun menjabat sebagai bupati, tidak merubah wajah pembangunan di semua bidang di kabupaten Intan Jaya.

Damianus Sani, salah satu warga Mamba mengatakan, selama Natalis Tabuni menjabat sebagai bupati sampai dengan saat ini tidak ada perubahan pada wajah pembangunan di Intan Jaya. Semua terlihat buah tangan mantan bupati caretaker, Maximus Zonggonau.

“Selain tidak ada, perputaran ekonomi di kabupaten Intan Jaya sendiri pun menjadi lambat. Selama ini kami tidak pernah melihat bupati punya batang hidung di Sugapa. Kami tidak tahu dia. Mungkin dia bupati di Nabire, Jayapura atau Jakarta. Karena tempat tinggal dia memang tidak di Intan Jaya,” katanya Sani kesal, Senin (3/1) di Nabire, Papua.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Kepala Dinas Pertambangan Kabupaten Intan Jaya, Piter Tabuni di Nabire mengatakan, sudah beberapa bulan belakangan ini tidak hanya di dinas pertambangan tetapi juga hampir di semua Satuan Kerja Perangakt Daerah (SKPD) di kabupaten Intan Jaya mengalami hal yang sama.

“Kami jadi bingung dan tidak bisa buat apa-apa karena semua-semuanya diambil alih oleh bupati sehingga kami tidak bisa membuat apa-apa sesuai dengan tugas dan fungsi pokok kami masing-masing,” ungkapnya.

Memang benar, bahwa hampir seluruh masyarakat di kabupaten Intan Jaya mengeluh dengan kepemimpinan Natalis Tabuni. Penyebabnya, karena tidak ada wajah pembangunan selama dua tahun terakhir.  Tidak hanya itu, bahkan mayoritas yang mendukung dan memilih Natalis pada tahun 2012 lalu mengaku kecewa. Lantaran, Natalis Tabuni tidak pernah ada di Intan Jaya untuk melakukan pembangunan dan tidak membawa dampak pembangunan yang baik di Intan Jaya.

(A.B/JB)

Polda Papua Buru Pelaku Penembakan Di Freeport Yang Menewaskan 3 Orang

Last modified on 2015-01-03 12:59:01 GMT. 0 comments. Top.

1

(Dok.MetroTV)

Kepolisian Daerah Papua dan jajarannya dari Polres Mimika melakukan pengejaran terhadap pelaku penyerangan yang menewaskan dua Anggota Detasemen Gegana Brimob dan seorang petugas keamanan PT Freeport, Papua.

Kedua korban tersebut diketahui bernama Riyan Hariansah dan Bripda M Adpriadi serta seorang satpam PT Freeport, Suko Miartono.

‎”Kemungkinan kelompok kriminal bersenjata yang selama ini melakukan gangguan dan penembakan kepada masyarakat serta anggota TNI Polri,”ungkap Kadiv Humas Polri Irjen, Irjen Ronny F Sompie di Mabes Polri, Jumat (2/1).

Ronny menjelaskan, korban ditemukan meninggal dunia saat melakukan pengamanan di PT tersebut.

“Anggota Gegana melakukan patroli dengan menggunakan kendaraan QRF menuju Kampung Binti sampai Kampung Uikini. Kemudian sekitar pukul 21.00 WIB (Kamis, 1/1), anggota diserang orang tak dikenal yang berjumlah 5 orang,” jelasnya

Ronny menambahkan, dari peristiwa tersebut, pelaku juga membawa kabur 2 pucuk senjata api jenis stayer milik anggota. Sementara korban dilarikan ke Rumah Sakit Tembaga Pura, Papua.

“Dua Anggota Polri ini akan dikirimkan ke rumah orangtua melalui Polda setempat, dan security diserahkan sepenuhnya kepada perusahaan dan selanjutnya untuk diserahkan kepada keluarga,” tuturnya.

Bribda Adriandi sendiri diketahuimengalami luka bacok di bagian kanan, luka tusuk di perut, leher dan jari kanan putus. Sementara Bripda Ryan Hariansyah mengalami luka tusuk perut, luka tembak di lehar dan tangan kanan putus. Sedangkan satpam, mengalami luka tusuk di leher, perut dan luka tembak di bagian punggung.

“‎Tiga jenazah dilakukan otopsi dan olah TKP untuk menemukan selongsong peluru penembak,” pungkasnya.

Satu dari dua jenazah anggota Brimob Polda yang tewas dibacok di Papua kini dimakamkan di Plaju, Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel). Isak tangis keluarga pun mengiringi Briptu Rian Hariansyah ke tempat peristirahatan terakhirnya di TPU Talangkaret, Sabtu (3/1/2015).

Ratusan anggota Brimob turut mengantar jenazah ke pemakaman. Kapolda Sumsel Irjen Pol Liza Fadzi menmimpin langsung upacara pemakaman. Dalam kesempatan itu, ia menyesalkan kematian yang merenggut nyawa Bripda Rian dan  Bripda M Andria itu.

Kapolda berharap anggota yang masih berada di Papua tetap waspada. Mereka harus berhati-hati mengawasi pergerakan kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Sebagai penghargaan, kedua korban mendapat kenaikan pangkat menjadi Briptu. Sementara Bripda M Andria dimakamkan di Ogan Ilir.

Harapan Jokowi Untuk Pasar Mama-Mama Papua

Last modified on 2014-12-30 06:14:58 GMT. 0 comments. Top.

4

Presiden Joko Widodo meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Pharaa dan Pasar Mama-Mama, di Sentani, Jayapura, Sabtu lalu 27 Desember 2014.

Jokowi, sapaan Joko Widodo, mengatakan kedua pasar tersebut ditargetkan selesai tahun depan atau sekitar akhir 2015. Bila selesai sesuai target, Jokowi berjanji akan merayakan Tahun Baru 2016 di Bumi Cendrawasih itu.

“Saya senang sekali, bahagia bisa ikut merasakan Natal di Papua, Jayapura dan tahun depan tahun baru di Papua lagi,” kata Jokowi disambut tawa para pedagang yang hadir pada acara itu.

Setelah pembangunan selesai, imbuhnya, para pedagang tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis. Kata dia, pasar tradisonal merupakan suatu hal yang penting bagi perekonomian masyarakat.

“Ini perlu diingat oleh gubernur dan bupati, pasar diberikan gratis kepada pedagang, tidak ada yang bayar‎,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga berpesan agar pasar tersebut dibangun untuk kebutuhan masyarakat dan sudah disepakati sejak sebelumnya. Jadi jangan sampai digunakan untuk kepentingan suatu golongan. Jokowi juga berjanji akan datang kembali pada tahun depan untuk mengecek pembangunan pasar tersebut.

“Saya titip yang mau ngerjakan pasar ini, kalau sekarang saya lihat desainnya pasarnya bagus. Tetapi kalau nanti pasarnya jadi tidak bagus awas,” katanya.

Pada saat kampanye pemilihan presiden, Jokowi juga datang ke dua pasar tersebut. Warga menyambut antusias pada saat itu dan ketika itu juga Jokowi berjanji akan memperbaiki pasar-pasar tradisional yang ada di Papua.

Jokowi Berjanji Tiap Tahun Ke Papua

Last modified on 2014-12-30 06:08:48 GMT. 0 comments. Top.

1

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan mengunjungi Papua minimal tiga kali dalam satu tahun. Janji tersebut disampaikan Jokowi di hadapan masyarakat Papua, Sabtu (27/12/14) malam pada Perayaan Natal Bersama Nasional 2014 di Stadion Mandala Jayapura, Papua.

Jokowi pun meminta diingatkan jika dalam satu tahun baru dua kali datang ke Papua. Keinginannya ke Papua, lanjut Jokowi, karena ingin menyerap aspirasi masyarakat provinsi ini. Hal ini penting agar ia bersama masyarakat Papua bisa membangun masa depan bumi Cenderawasih dengan baik, sehingga masa depan Papua bisa lebih baik lagi.

Jokowi mengaku senang dengan interaksi yang terbangun antara dirinya dengan masyarakat Papua dalam kunjungan pertamanya sejak menjabat sebagai Presiden RI.

Pada kunjungannya ke Papua, Jokowi mengawalinya dengan acara peletakan batu pertama pembangunan pasar Pharaa di Sentani, Jayapura, Papua.

Sepanjang 2015 nanti akan dibangun 5 pasar di Papua. Pembangunan pasar adalah janji Jokowi saat berkampanye ke Papua pada Pilpres lalu.

Tiba Di Jayapura, Inilah Agenda Kunjungan Presiden Jokowi

Last modified on 2014-12-27 06:31:12 GMT. 0 comments. Top.

1234

(Jokowi disambut tarian adat di Bandara Sentani Jayapura)

Presiden Joko Widodo berkunjung ke Papua untuk pertama kali setelah terpilih menjadi RI-1, Sabtu (27/12). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan merayakan peringatan Hari Raya Natal 2014 di Jayapura.

Berikut agenda presiden selama di Papua:

– Pada pukul 15.30 WIT presiden diagendakan tiba di Universitas Cenderawasih (Uncen).

– Pukul 16.00 WIT presiden akan melakukan temu wicara dengan mahasiswa Uncen bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat.

– Pukul 16.30 WIT meninjau pasar Abe dan meninjau jembatan Holte Kamp.

– Pukul 17.30 WIT pertemuan dengan relawan BARA JP di Gedung Serbaguna-Kantor Walikota.

– Pada 19.00 menghadiri perayaan Natal di Stadion Mandala, Jayapura.

Jokowi Tiba Di Papua 27 Desember 2014

Last modified on 2014-12-25 15:05:25 GMT. 0 comments. Top.

images

Presiden RI Jokowi dijadwalkan hadir dalam perayaan Natal di Papua pada tanggal 27 Desember mendatang. Di Papua, mantan Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Solo ini akan mengunjungi tiga tempat di Papua yaitu Jayapura, Wamena dan Sorong.  Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ketika meninjau Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Kamis (25/12/2014).

“Maknanya tidak hanya sekadar memperingati hari Natal dengan warga Papua, tetapi beliau juga akan meninjau beberapa daerah perbatasan dan berdialog dengan warga,” kata Tjahjo. Lebih lanjut Tjahjo mengatakan peninjauan langsung ke daerah perbatasan penting dilakukan pemerintah untuk mengetahui kondisi masyarakat dan menuntaskan berbagai permasalahan di daerah tersebut.

Jokowi bersama rombongan diperkirakan akan tiba di Jayapura, Papua pada pada 26 Desember 2014. Kemudian dia berkunjung ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya dan kembali ke Jayapura pada 27 Desember 2014, guna peresmian sejumlah pasar di daerah itu.

Malam harinya Jokowi akan menghadiri perayaan Natal di lapangan Lanud Jayapura, Kabupaten Jayapura, Papua. Berdasarkan situs Sekretaris Kabinet, estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk Perayaan Natal Nasional sebesar Rp 20 miliar

Pelantikan Kepala Seksi Agama Katolik Kemenag Paniai

Last modified on 2014-12-24 18:46:25 GMT. 0 comments. Top.

1

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Paniai Drs. Luther Pongmakamba melantik pejabat kepala seksi urusan agama Katolik Kab. Paniai dan pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil dilaksanakan aula Kantor Kementerian agama Kab. Paniai pada hari senin, 15/12/2014.

Luther Pongmakamba menekankan kepada pejabat yang baru dilantik untuk selalu menjalin hubungan dengan mitra kerja dan selalu meningkatkan komunikasi,koordinasi dengan aparat kementerian agama kab. Paniai dan lembaga gereja secara khusus dengan lembaga gerejakatolik dan para tokoh-tokoh agama katolik seperti para imam dan dan rohaniawanyang ada di kab. Paniai.

Untuk mencapai keberhasilan sebagaimana tugas dan fungsi yang di emban harus dicapai dengan kerja sama, serta menambah pemahaman tentang peraturan-peraturan yang berkaitan dengan visi dan misi Ditjen urusan agama katolik dan harus sejalan dengan kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Menyoal tentang tugas dan tanggungjawab Luther Pongmakamba mengatakan tugas Kepala Seksi Urusan Agama Katolik dalam upaya mendorong peningkatan peran serta masyarakat katolik dalam pembangunan masa depan bangsa. Dalam hal ini pengawalan agama diharapkan menjadi pendorong utama untuk memperkokoh jati diri dalam berinteraksi antar umat beragama sehingga tercapai tujuan dalam konteks kerukunan umat beragama.

Harapan Luther Pongmakamba menegaskan kepada pejabat kepala seksi urusan agama katolik (Liber Sirait), bahwa dalam menjalankan tanggungjawab harus jujur dan bertanggungjawab di era transparan ini. Baik pengawasan internal maupuneksternal sangat ketat oleh karena itu janji yang dilaksanakan hari ini harus di emban baik-baik dengan berupaya meningkatkan komunikasi, komunikasi dan kerjasama.

Pada kesempatan yang sama Luther Pongmakamba juga mengambil sumpah salah seorang staf Nurjanah, S.Kom diharapkan untuk selalu bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas yang di embannya. Tandas Luther Pongmakamba

(K.A)

Natal Bersama IPMAPANADODE Se-Yogya Solo

Last modified on 2014-12-24 18:44:28 GMT. 0 comments. Top.

2

Natal merupakan momen Tuhan memberikan makna hidup bagi umat manusia dengan tujuan memberikan dampak yang positif serta merupakan bentuk nyata kasih Allah kepada umat manusia.

Kita sebagai umat manusia diharapkan mewujudkan kasihnya kepada Tuhan dengan perbuatan kasih yang nyata kepada sesama mansia serta mengelola dan merawat ciptaan-Nya dengan penuh tanggung jawab.

Badan Pengurus Harian (BPH) Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Paniai, Nabire, Dogiyai dan Deiyai (IPMAPANADODE), Benediktus Degei dalam sambutannya mengatakan, sebagai orang beriman, kelahiran Yesus harus menjadi refleksi bersama dalam kehidupan sehari-hari serta dipraktekkan dalam tindakan nyata terhadap sesama.

“Mari kita merefleksikan bersama-sama. Kita sebagai mahasiwa yang terpelajar dan beriman  supaya kita bisa mengikuti jejak langkah Yesus Kristus. Kita tidak hanya mengikuti tetapi kita harus mempraktekkan firman itu melalui status kita sebagai mahasiswa dan melakuan sesuai dengan visi dan misi hidup kita masing-masing,” ungkap Benny saat ibadah Natal bersama keluarga besar IPMAPANADODE Yogyakarta-Solo, Selasa (23/12/2014) malam.

Kata dia, Yesus lahir untuk menghadirkan pembaharuan bagi manusia. Setiap pribadi yang mengimaninya diajak untuk melaklukan hal yang sama. Menghadirkan kasih yang menghancurkan kesombongan akan kekuasaan diri.

Katua Panitia Natal IPMANAPANDODE, Yesaya Goo berharap kelahiran Yesus Kritus di kandang Betlehem melahirkan jiwa-jiwa yang baru untuk menjadi pembawa kebenaran dan kebebasan bagi banyak orang.

Ibadah Natal kali ini sekaligus menjadi momen untuk merenung penembakan di kabupaten Paniai yang menewaskan 5 warga sipil serta belasan warga lainnya dirawat di rumah sakit.

(MS)

 

 

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238