INFO PAPUA

Kapolri Akan Tambah Kuota Penerimaan Bintara Polri Khusus Warga Papua Sebanyak 61 Orang

Last modified on 2015-06-19 19:06:48 GMT. 0 comments. Top.

kapolri

Mabes Polri memastikan akan menambah kuota bagi penerimaan Bintara Polri khusus untuk masyarakat Papua sebanyak 61 orang. Selain itu, Mabes Polri juga akan menurunkan standar tingkat kelulusan bagi calon bintara asli Papua.

“Kami memahami permasalahan yang dialami masyarakat Papua, karena Papua adalah bagian NKRI. Jika memang masyarakat menginginkan kebaikan, tentu kami akan bantu. Termasuk soal kuota dan standar kelulusan bagi calon bintara Polri,” kata Kapolri Jenderal Badrotin Haiti, saat menerima panitia khusus apirmasi tentang rekrutmen anggota Brigadir Polisi di Papua, di Jakarta, Jumat (18/6/2015).

Kapolri menambahkan, khusus untuk tahun ini, Mabes Polri memberikan tambahan kuota sebesar 61 orang bagi masyarakat Papua yang akan mendaftarkan diri menjadi anggota Polisi melalui polda-polda di Papua. “Kita berharap, apa yang kita berikan ini bisa memenuhi sebagian keinginan masyarakat,” katanya.

Badrotin Haiti juga berpesan kepada masyarakat Papua agar bersama-sama Polri ikut menjaga kamtibmas, sehingga keamanan di tanah Papua bia benar-benar tercipta. “Jumlah anggota polisi di Papua sangat sedikit jika dibanding dengan luas wilayahnya. Karena itu, peran serta masyarakat sangat diperlukan,” katanya.

Hopni Simbia, ketua panitia apirmasi yang menemui Kapolri mengungkapkan, apa yang disampaikan Kapolri tentu memberikan harapan yang baik bagi anak-anak muda Papua. Sehingga mereka bisa memiliki kesempatan yang sama dengan masyarakat Indonesia lainnya ikut terlibat dalam kamtibmas di dalam Polri.

“Kita berterima kasih kepada bapak Kapolri dan kami akan terus ikut menjaga kamtibmas, baik diminta maupun tidak diminta oleh kepolisian,” katanya.

72 Botol Vodka Diamankan Di Bandara Mulia Puncak

Last modified on 2015-06-19 18:56:15 GMT. 0 comments. Top.

bandara mulia

Sebanyak 72 botol minuman berlakohol jenis Vodka yang dikemas dalam 3 karton ABC Mocca berhasil diamankan oleh petugas KP3 Udara Bandara Mulia, kabupaten Puncak dan Satgas Paskas TNI-AU, Rabu (17/6/2015) siang sekitar pukul 13.35 WIT.

Juru bicara Polda Papua, Kombes Pol. Patrige mengatakan, diamankannya minuman ilegal itu tepat berada di dalam bagasi Pot C Pesawat Susi Air PK-VVM yang berasal Nabire – Mulia yang dipiloti oleh Kapten Paul dan Kapten David.

“Awalnya, Pukul 12.00 WIT Pesawat Susi Air PK-VVM take off dari bandara Nabire tujuan Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua berpenumpang 7 orang. Tiba di bandara Mulia petugas memeriksa bagasi oleh porter susi air, dan saat menurunkan barang dibagasi Pot C terdapat adanya 3 Karton ABC Mocca,” kata Patrige, Rabu (17/6/2015).

Curiga dengan isi karton tersebut, petugas KP3 bandara Mulia dan Tim Satgas Paskas TNI-AU mendengar suara benturan seperti botol sehingga dilakukan pembongkaran Karton ABC Mocca oleh Petugas Bandara dan ternyata berisikan Miras jenis Vodka yang selanjutnya langsung mengamankan.

“Saat anggota di lapangan melakukan pengecekan dan koordinasi dengan perwakilan Susi Air di Nabire dan diperoleh informasi bahwa nomor bagasi 3 karton ABC Mocca tersebut sesuai Manifest penumpang atas nama, Semi Wonda yang turun di bandara Mulia Kabupaten Puncak Jaya,” katanya.

Dikatakannya, saat sempat dihubungan sesuai nomor yang tertera di karton dengan nomor 085244545375 atas nama Mega.

“Saat dihubungi sempat diangkat namun tidak mau bicara, yang kemudian langsung dimatikan. Kondisi saat diamankan minuman tersebut aman dan terkendali. Rencananya akan langsung dimusnahkan,” kata Patrige.

Verifikasi Berkas Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati DPD Partai Demokrat Papua

Last modified on 2015-06-18 14:22:51 GMT. 1 comment. Top.

2

Pengurus Partai Demokrat Provinsi Papua tengah memverifikasi berkas 82 bakal calon bupati dan wakil bupati untuk kepentingan pilkada di 11 kabupaten.

Ketua Desk Pilkada Partai Demokrat Papua Arnold Walilo, yang didampingi Wakil Ketua Patrik Renyaan mengatakan, dari 82 berkas itu baru 37 berkas yang diterima secara lengkap, sisanya masih dilengkapi.

“Sebanyak 45 berkas yang belum diterima desk pilkada itu masing masing berkas dari Kabupaten Supiori sebanyak 13 berkas, Nabire 18 berkas, Asmat 10 berkas dan Boven Digoel empat berkas,” ujarnya.

Berkas-berkas yang belum diterima itu, kata Walilo, ditunggu hingga kamis tengah malam hari ini. Bila tidak diserahkan maka kami akan menganggap gugur karena verifikasi yang dilakukan desk pilkada itu setelah para bakal balon bupati dan wakil bupati mendaftar di DPC Demokrat yang daerahnya menggelar pilkada,” ujar Walilo.

“Pihak yang memutuskan siapa bakal calon yang akan menggunakan perahu demokrat dalam pilkada yang akan dilaksanakan serentak tanggal 9 Desember mendatang itu, yakni Ketua DPD Demokrat Papua dan MPD PD Papua,” ujar Arnold Walilo.

Sementara itu, hasil penjaringan bakal calon Bupati & Wakil Bupati dari DPC Partai Demokrat kabupaten Nabire antusias diikuti beberapa pasangan, dari data yang dihimpun ada pasangan Decky Kayame/Adauktus Takerubun, juga ada nama Herry Dirk Senandi, Pdt. Yoel Murib dan Maluk Tabuni.

Pendaftaran calon Bupati & Wakil Bupati DPC Partai Demokrat kabupaten Nabire sendiri dibuka dari tanggal 8-13 juni 2015.

 

Petani Oransbari Manowakri Datangkan Bibit Jeruk Dari Nabire

Last modified on 2015-06-18 14:01:37 GMT. 0 comments. Top.

jeruk

Untuk mewujudkan Oransbari sebagai daerah penghasil buah-buahan di Papua Barat, maka sejumlah petani di daerah itu mengelorakan tanam buah-buahan dan mendatangkan ratusan bibit buah jeruk manis dari Nabire.

Suryono, salah satu petani dan penggagas tanam buah jeruk manis, mengakui, potensi Oransbari untuk dijadikan daerah penghasil buah di Manokwari Selatan terbuka Lebar.

“Kota Nabire saja bisa mengapa Oransbari tidak bisa dijadikan lahan pengembangan buah jeruk manis,”ujarnya, Selasa (16/6), seraya menjelaskan, tahap pertama akan dikembangkan untuk areal dua hektare lebih.

Sehingga kedepan buah jeruk manis yang ada di Manokwari tidak disuplai dari kota Nabire tetapi sudah dapat disuplai dari Oranbari Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel).

“Jadi Oransabari tidak hanya difokuskan kepada lumbung padi di Papua Barat saja tetapi kedepan juga akan dikembangkan menjadi daerah penghasil buah-buahan, sehingga untuk memenuhi kebutuhan buah segar di kota Manokwari baik yang ada di pasar maupun di supermarket, tidak lagi disuplai dari luar Papua,” kata Suryono.

Diakuinya, jeruk Nabire sudha dikenal masyarakat di tanah Papua karena manis, dan kini menjadi produk unggulan kabupaten Nabire. Dari situlah Suryono berupaya menggagas Oransbari dijadikan lahan pengembangan buah jeruk manis di Manokwari Selatan, Papua Barat.

“Jadi kedepan buah jeruk manis dari Oransbari Kabupaten Mansel ini juga diharapkan dapat menjadi produk unggulan,” ujarnya.

(mkr/infokom/toeb)

Bulog Regional III Bojonegoro Kirim 5000 Ton Beras Ke Nabire, Fakfak & Manokwari

Last modified on 2015-06-15 13:47:56 GMT. 0 comments. Top.

Untuk pemerataan sektor pangan, terutama di wilayah Indonesia bagian timur, Badan Urusan Logistik Subdivisi Regional III Bojonegoro, mengirimkan 5000 ton beras ke beberapa kabupaten di Papua.

Data dari Kantor Bulog Subdivisi Regional III Bojonegoro menyebutkan jumlah beras yang dikirim ke Papua sebanyak 5.000 ton untuk beberapa kabupaten, antara lain Nabire, Fakfak dan Manokwari. Rata-rata tiap kabupaten mendapatkan jatah seribu ton dan mulai dikirim pada pertengahan Juni 2015. Rata-rata tiap kabupaten mendapatkan jatah seribu ton dan mulai dikirim pada pertengahan Juni 2015.

Menurut Kepala Badan Urusan Logistik Subdivisi Regional III Bojonegoro Efdal Sulaiman, pengiriman beras ke Papua tersebut atas permintaan dari Bulog pusat.

Potensi Hujan Lebat Disertai Petir Di Wilayah Papua & Papua Barat

Last modified on 2015-06-14 18:27:14 GMT. 0 comments. Top.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan akan potensi hujan sedang-lebat disertai petir terjadi di wilayah Papua & Papua Barat dari tanggal 15-18 juni 2015.

Berdasarkan laporan BMKG, keadaan angin pada umumnya dari arah timur dengan kecepatan angin berkisar antara 22 km/jam.

Cuaca di kota Nabire sendiri diperkirakan berawan dengan peluang terjadi hujan pada malam hari, dengan suhu udara 24-30 °C dan kelembaban udara 68-92 %

Selain itu, BMKG juga mengingatkan tinggi gelombang laut berpotensi terjadi di wilayah perairan Biak dan Manokwari. Dengan perkiraan tinggi gelombang laut berkisar hingga 2 meter.

Polresta Jayapura Buru JH Provokator Rusuh Organda Abepura

Last modified on 2015-06-14 09:57:34 GMT. 0 comments. Top.

3

Kepolisian Jayapura Kota mengaku telah mengantongi kelompok pelaku penyerangan warga di Perumahan Organda, Abepura, 8 Juni 2015 lalu. Kapolresta Jayapura, AKBP Jeremias Rontini mengatakan, kelompok tersebut dipimpin oleh JH yang kini tengah dalam pengejaran polisi.

“Mudah-mudahan JH masih berada di wilayah Kota Jayapura. Biasanya, pelaku-pelaku kejahatan itu juga bisa melarikan diri ke arah Keerom, Sentani, atau Papua Nugini,” jelas Jeremias di Jayapura, Papua, Minggu (14/6/2015).

Indentitas pimpinan kelompok ini terkuak saat polisi mengamankan M yang kini masih berstatus sebagai saksi dalam kasus tersebut. M mengaku mengetahui benar kejadian penyerangan warga yang disertai dengan pembunuhan 2 orang di perumahan itu.

“Penyelidikan terus dikembangkan. Pihaknya juga telah meminta bantuan Polda Papua untuk mengungkap motif di balik kejadian ini. Jika penyidik kami masih kesulitan juga, maka tak menutup kemungkinan kami akan meminta bantuan Mabes Polri, sebab kasus ini atensi khusus,” ungkap dia.

Untuk terus menjaga keamanan di Perumahan Organda, polisi akan mengerahkan regu Brimob yang berjaga bersama personel Polresta Jayapura. Selain itu juga dilibatkan anggota TNI di 2 pos yang akan dibangun di dalam perumahan tersebut.

“Saya akan menyurati Kapolda dan meminta bantuan pengerahan pasukan Brimob. Kami juga masih menghitung jumlah kerugian dan mengumpulkan sejumlah barang bukti,” kata Jeremias.

8 Juni lalu, Kompleks Organda yang terletak di Abepura diserang 50-an orang yang bermukim di perbukitan dekat perumahan tersebut. Dalam penyerangan itu, 2 orang meninggal dunia dan 2 warga kritis serta 20-an rumah rusak. Dan 9 rumah yang diduga milik kelompok penyerang dibakar warga Organda.

Menurut warga setempat, penyerangan dilakukan sekelompok orang yang tak senang adanya siskamling di kompleks tersebut dan menganggu aktivitas kelompok ini. Kuat dugaan kelompok tersebut adalah pelaku-pelaku kejahatan yang biasa beraksi di Kota Jayapura. Apalagi polisi menemukan sekitar 13 sepeda motor curian di salah satu rumah kelompok tersebut.

Dua Kabupaten Di Papua Terancam Batal Ikut Pilkada Serentak

Last modified on 2015-06-14 07:29:22 GMT. 0 comments. Top.

pilkada

Dua kabupaten di Papua yakni Kabupaten Pegunungan Bintang dan Waropen terancam batal mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan dilakukan pada 9 Desember mendatang. Ini dikarenakan pemerintah setempat belum mencairkan dana pilkadanya.

Di Kabupaten Pegunungan Bintang bahkan dana Pilkada yang dianggarkan Rp 26 miliar, hingga saat ini belum dicairkan sama sekali. Sementara untuk Kabupaten Waropen, dari dana yang dianggarkan Rp 25 miliar, hingga saat ini baru Rp 3 miliar yang dicairkan.

Divisi Keuangan dan Logistik KPU Papua, Izak Hikoyabi mengatakan akibat kendala ini, dirinya telah melaporkan ke KPU RI. Bahkan Korwil Papua, Arief Budiman menyarankan dua kabupaten itu bisa dibatalkan untuk Pilkada serentak.

“Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah ditanda-tangani antara KPU Pegunungan Bintang dan KPU setempat untuk dana pilkada Pegunungan Bintang. Bahkan beberapa waktu lalu, Sekretaris KPU Pegunungan Bintang, Heri Sihombing telah mengaku kepada saya bahwa dana tahap pertama telah dicairkan oleh Pemda. Namun saat kami melakukan kunjungan ke Pegunungan Bintang beberapa waktu lalu, Sekretaris KPU Pegunungan Bintang baru mengaku bahwa dana pilkada belum dicairkan sama sekali oleh Pemda. Ini kan sama saja, sekretaris dan pemda Pegunungan Bintang melakukan pembohongan,” jelasnya dalam keterangan pers, Jumat (12/6).

Padahal saat ini tahapan Pilkada serentak telah berjalan dan jika memang kabupaten itu tak dapat mengucurkan dana pilkada, maka otomatis tak dapat melakukan pelaksanaan pilkada. “PPD di Pegunungan Bintang juga telah dilantik namun belum dilakukan bimbingan teknik. Kemudian tahapan pendaftaran calon perseorang juga telah berjalan dan partai politik juga sedang melakukan penjaringan parpol. Jika sampai dua kabupaten ini tak mengucurkan dana, maka bisa saja bakal calon kepala daerah menggugat KPU,” ungkapnya.

Untuk mengatasi masalah ini, KPU Papua menyarankan pemda setempat mencairkan dana pilkada dalam minggu ini, jika pilkada tak mau dibatalkan. “Akibat masalah ini, sekretaris KPU bisa mendapatkan sanksi administrasi,” pungkasnya.

Kementerian ESDM Perpanjang Ijin Usaha PT Freeport 20 Tahun Lagi

Last modified on 2015-06-10 17:29:53 GMT. 0 comments. Top.

rp_PT-Freeport-Indonesia1.jpg

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperpanjang kelangsungan usaha PT Freeport Indonesia hingga 20 tahun, untuk mengeruk tambang tembaga di Papua. Perpanjangan itu diberikan setelah Freeport memperoleh Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM Dadan Kusdiana memastikan, perpanjangan kelanjutan usaha ini tidak melanggar ketentuan. Sebab, perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) setuju untuk mengubah ‎hubungan kerja dari Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Sekadar informasi, dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27/2014 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara dinyatakan, ‎perpanjangan KK diajukan paling cepat dua tahun, atau paling lambat enam bulan sebelum kontrak berakhir.

Mengacu pada aturan tersebut, Freeport seharusnya mengajukan perpanjangan paling cepat pada 2019 sebab kontraknya baru berakhir 2021. (Baca: Pemerintah Desak Freeport Teken MoU Smelter di Papua).

“Kementerian ESDM mencari solusi agar kelanjutan operasi Freeport dapat segera diputuskan tanpa melanggar Peraturan yang ada. Setelah melakukan pertemuan dengan Presiden menyampaikan usulan agar hubungan kerja pemerintah dengan Freeport diubah dari sistem kontrak karya ke IUPK,” ucapnya di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Menurutnya, Freeport telah merespon permintaan pemerintah tersebut dan sepakat untuk mengubah pola kerja samanya menjadi IUPK. Dengan perubahan pola itu, Freeport pun mendapat angin segar mengenai kelanjutan operasi Freeport di Bumi Cenderawasih tersebut.

Status IUPK, lanjut Dadan, membuat perusahaan tambang kelas kakap asal Amerika Serikat (AS) ini mendapat izin menggarap tambang hingga 20 tahun ke depan. Sayangnya, perpanjangan tersebut masih belum mendapat titik temu kapan akan dimulainnya.

“Dengan persetujuan Freeport ke IUPK, tahap berikutnya adalam melakukan finalisasi untuk mendapatkan persetujuan dari pemerintah,” pungkasnya.

Wagub Papua Minta Warga & Media Jangan Kaitkan Rusuh Organda Dengan SARA

Last modified on 2015-06-10 16:52:17 GMT. 0 comments. Top.

4

Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal meminta warga komplek BTN Organda, Distrik Abepura, Kota Jayapura, tidak terprovokasi pasca-penyerangan rumah mereka. Kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan polisi untuk menjaga keamanan kompleks tersebut.

“Pemerintah terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian untuk menjamin keamanan agar masyarakat bisa melakukan aktivitas,” ujarnya, Rabu (10/6/2015).

Klemen menambahkan, semua pihak harus bekerjasama menciptakan keamanan warga. Bahkan, media diminta untuk tidak ikut memperkeruh suasana.

“Wartawan pun beritakan yang benar. Jangan bilang insiden ini sudah mengarah ke suku, agama (SARA). Karena itu pencuri, ya ditangkap dan dihukum,” ujarnya.

Sebelumnya, penyerangan komplek BTN Organda terjadi Senin lalu. Dalam insiden itu, dua warga tewas dan dua lainnya terluka.

Pasca-penyerangan itu, sejumlah warga mengungsi. Mereka khawatir bakal ada serangan susulan.

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244