INFO PAPUA

13 Anggota Polda Papua Positif Pakai Narkoba

Last modified on 2016-03-16 15:40:49 GMT. 0 comments. Top.

e

Sebanyak 13 polisi di jajaran Polda Papua dipastikan positif menggunakan narkoba. Ini diketahui pasca 630 personil polisi menjalani tes urine di Mapolda Papua yang dipimpin langsung oleh Wakapolda Papua, Brigjen Polisi Rudolf Rodja.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol Rudolf Patrige mengatakan 2 diantara 13 personil itu adalah berpangkat perwira, sementara 11 personil lainnya berpangkat Bintara.

Ke-13 personil itu berinisial JS, WA, ES, MR, SJ, WS, SH, AS, MY, DS, GP, IH dan AS. Dari 13 personil, empat diantaranya saat tes urinenya mengandung Zat Menthamphetami. Sementara delapan personil Polisi urinenya positif mengandung Benzodiazepine dan satu personil Polisi urinenya positif mengandung THC atau Tetrrahydrocannabinol.

“Dari 8 personil, ada 2 personil yang melapor bahwa dirinya saat ini dalam proses pengobatannya, maka urinenya positif mengandung zat Benzodiazepine yang merupakan unsur kimia dalam obat-obatan, seperti, flu dan pilek, demam. Makanya masih menunggu hasilnya,” katanya, Selasa, 15 Maret 2016.

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Irjen Pol (Purn) Logan Siagian meminta Polda Papua tegas memberikan sanksi kepada anggotanya yang terlibat narkoba.

“Harus dipecat itu. Apalagi pelakunya perwira. Jika memang dia pengguna, bisa juga direhabilitasi. Tapi, rehabilitasi juga tak menjamin. Pemeriksaan urine dikalangan polisi ini juga dimaksudkan untuk menekan penggunaan narkoba di lingkungan polisi,” kata Logan saat dihubungi lewat telepon selularnya.

(KP)

Empat Pekerja Jalan Tewas Ditembak Kelompok Sipil Bersenjata Di Sinak Kabupaten Puncak

Last modified on 2016-03-15 15:44:27 GMT. 1 comment. Top.

kapolda papua

(Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw)

Empat orang pekerja pembangunan jalan tewas ditembak kelompok sipil bersenjata (KSB) di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Papua. Bupati Puncak Willem Wandik menyebut ada orang sipil lain yang disandera oleh KSB itu.

“4 orang meninggal, eksavator dan buldozer atau alat berat dibakar. Ada berapa orang sipil juga yang disandera, lebih dari 3 orang,” ungkap Willem, Selasa (15/3/2016).

Penembakan terjadi sekitar pukul 13.45 WIT tadi. Korban merupakan pekerja pembangunan jalan trans Papua di Kabupaten Puncak dari Distrik Ilaga-Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. Lokasi penyerangan berada di Desa Agenggen, Sinak.

“Sinak sedang membangun jalan nasional, Trans Papua, jalan kabupaten dan jalan antar Provinsi, serta bandara,” kata Willem.

Polisi sendiri hingga saat ini masih belum bisa memastikan kelompok mana yang melakukan penyerangan ini. Namun Willem mendapat informasi dari penduduk setempat, puluhan orang yang berulah siang tadi merupakan KSB pimpinan Lekagak Telengen dan Kalenak Murip.

Peristiwa berawal ketika 5 orang pekerja sedang bekerja, lalu tiba-tiba muncul puluhan orang dan langsung melakukan penyerangan terhadap pekerja dari PT Modern itu. Satu pekerja berhasil melarikan dari, sementara 4 lainnya tewas, termasuk pimpinan dari kontrator bernama Anis.

Begitu mendengar suara tembakan dari lokasi, 17 personel aparat keamanan gabungan dari Koramil, Satgas Bantuan dan dari Yonif 751/Raider langsung meluncur dan menemukan korban tewas serta dua alat terbakar. Selain itu 12 personel Brimob bersama Danramil menyusul begitu mendapat informasi.

“Polisi dan TNI sudah mempersiapkan diri. Pasti dikejar. Yang jelas saya mengecam keras peristiwa ini. Kasihan korban orang sipil. Semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan,” ucap Willem.

Sebelumnya diberitakan, 40 personel gabungan dari kepolisian dan TNI telah diterjunkan untuk mengejar pelaku. Meski begitu, menurut Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, ada sejumlah kendala yang harus dihadapi. Aparat sendiri sempat melihat KSB melintas di atas bukit Sinak dengan jumlah yang cukup banyak.

“Medannya sulit, jadi anggota kesulitan melakukan pengejaran. Sempat terdengar dua kali penembakan,” jelas Paulus, Selasa (15/3).

(Detikcom)

Spirit Avia Sentosa Akan Layani Penerbangan Ke 31 Daerah Di Papua Tengah

Last modified on 2016-03-11 16:04:35 GMT. 0 comments. Top.

sas

Untuk mendukung pembangunan di wilayah Pengunungan Papua, salah satu perusahaan penerbangan PT Spirit Avia Sentosa (Flying SAS) sebagai perusahaan penerbangan perintis yang sudah memegang air operator certificate, Jumat (11/3) ) siang, meresmikan penerbangan di wilayah di Papua. Perusahaan penerbangan ini bermarkas di di hangar eks Merpati, Bandar Udara Frans Kaisiepo, Biak.

Jalur penerbangan yang dibuka dimulai dari Kabupaten Biak menuju pedalaman Papua, seperti Sugapa, Illaga, Mulia, Bade, Enarotali, Tanah Merah, Wagete, Kepi, Mappi, Ewer, Pogapa, Monamani, Serui, Kimam, Wanam, Senggo, Mindiptanah, Bokondini, Kelila, Elelim, Karubaga, Tiom, Kobakma, Apalapsili, Dekai, Bioga, Sinak, Kenyam, Potowai, Jila dan Enduga.

Hal tersebut disampaikan Managing Director , PT Spirit Avia Sentosa, Jumat (11/3).

Dikatakan, misi Flying SAS sejalan dengan program Presiden Joko Widodo untuk percepatan pembangunan wilayah timur, khususnya Papua. Presiden sangat berharap adanya sarana transportasi yang bisa menjangkau semua wilayah di Papua.

Untuk melayani Papua, pihaknya mengoperasikan empat pesawat, yakni 1 Cessna Caravan dan 3 Twin Otter. Keempat armada tersebut akan ditempatkan (base operation) di Biak-Nabire-Timika-Wamena-Merauke untuk mengangkut penumpang dan kargo untuk wilayah pedalaman Papua.

“Di samping sebagai operator penerbangan, kami juga berkerja sama dengan doctorshare untuk memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat yang tinggal pedalaman Papua,” ujarnya.

Bupati Biak, Thomas Ondi menyambut baik kehadiran Flying SAS, karena ada tiga masalah yang bisa dipecahkan dengan beroperasinya transportasi udara tersebut.

“Beroperasinya SAS di Biak membuat tiga masalah terpecahkan, yakni masuknya investasi, ada sarana tranportasi menuju daerah yang jauh dan terpencil, serta menghidupkan kembali kegiatan Bandara Frans Kaisiepo Biak,” kata Thomas Ondi.

(SP)

Gubernur Papua Barat Membuka Rapat Kerja Bupati/Walikota Se-Papua Barat

Last modified on 2016-03-11 15:57:23 GMT. 0 comments. Top.

a

Rapat Kerja Bupati dan Walikota se-Provinsi Papua Barat dibuka oleh Gubernur Papua Barat Abraham O. Atururi, dihadiri oleh Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Royke Lumowa, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab, Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy, Danlantamal XIV Laksamana Pertama S.S. Panjaitan, Kasrem 171/ PVT Kolonel Inf Agus Abdurrauf, Kasi Ter Rem 171/PVT Kolonel Inf Ali Aminuddin, Staf Ahli Pangdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Herry, Dandim 1704/Sorong Letkol Inf Aulia Fahmi Dalimunte serta.  jajaran Pimpinan SKPD se-Provinsi Papua Barat bertempat di Gedung ACC Kota Baru Aimas Jl. Baru Kabupaten Sorong-Papua Barat, Kamis (10/3)

Dalam sambutannya, Gubernur Papua Barat Abraham O. Atururi mengatakan bahwa ada beberapa pokok permasalahan yang menjadi isu strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan di wilayah atau tanah Papua ini, diantaranya pemberian Otonomi yang seluas-luasnya dalam meningkatkan pelayanan guna untuk kemajuan daerah terutama dibidang pemberdayaan ekonomi sosial kemasyarakatan dengan cara terus mengedepankan prinsip demokrasi serta pemerataan pembangunan.

b

Gubernur juga mengingatkan kepada Kepala Daerah se-Provinsi Papua Barat agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh agar dapat menghasilkan dan menciptakan kebijakan-kebijakan dalam pembangunan daerahnya masing-masing.

Pembangunan harus dilakukan menyeluruh serta berkesinanbungan dan terpadu demi meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Selain itu pembangunan dibidang kesehatan, pendidikan, pertumbuhan ekonomi masyarakat agar dapat lebih ditingkatkan lagi, secara khusus bagi putera-puteri asli Papua di tanah ini.

(Pendam17)

Siap-Siap Yang Suka Minum & Jual Miras, Tanggal 29 Maret 2016, Gubernur Lukas Enembe Canangkan Perdasi Miras Se-Papua

Last modified on 2016-03-10 14:24:59 GMT. 25 comments. Top.

Siap-siap yang punya kebiasaan suka minum minuman keras atau menjual minuman keras, karena tidak lama lagi, Gubernur Papua Lukas Enembe akan mencanangkan Peraturan Daerah Provinsi tentang Pelarangan Miras.

Perdasi tersebut akan resmi dicanangkan Gubernur Lukas Enembe pada pelaksanaan Rapat Kerja Bupati & Walikota se-Provinsi Papua yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2016 mendatang.

Dalam Raker tersebut, akan ditetapkan Perdasi Pelarangan Miras yang nantinya akan ditandatangani oleh para Bupati, Walikota, DPRD, DPRP, TNI/Polri di Papua dalam sebuah Nota Kesepahaman (MoU).

“Yang biasa minum-minum, tinggal beberapa hari lagi ko minum-minum,” tutur Lukas Enembe, seperti dilansir TabloidJubi.

Ditegaskan Lukas Enembe, Miras hanya jadi pemicu terjadinya berbagai konflik dan tindakan kriminalitas bukan saja di Papua tapi diberbagai tempat. Oleh karena itu untuk menekan angka kriminalitas khususnya di Papua, maka Pemprov Papua menseriusi permasalahan tersebut melalui Perdasi yang akan dicanangkan nanti.

Ditambahkan Gubernur, sejak ditetapkannya Perda Miras ini, otomatis harus dilaksanakan di lapangan. Baik kabupaten maupun kota.

(JB)

Papua Urutan Ketiga Jumlah Gempa Terbanyak Per Tahun

Last modified on 2016-03-07 16:30:52 GMT. 0 comments. Top.

bmkg

Balai Besar Meterologi, Klimatologi dan Geofisika WIlayah V menyatakan Provinsi Papua berada pada urutan ketiga dalam jumlah gempa per tahunnya yaitu sebanyak 495 kejadian.

Staf Pelayanan Jasa Balai Besar Meterologi, Klimatologi dan Geofisika WIlayah V Agung Sabtaji, di Jayapura, Senin (7/3/2016), mengatakan Provinsi Papua dan Papua Barat bahkan memiliki tingkat aktivitas gempa yang cukup tinggi.

“Sedangkan untuk tingkat keaktifan gempa berdasarkan zona tektoniknya dari urutan satu sampai tiga adalah Sesar Sorong, Lajur Anjak Mamberamo bagian timur dan Subdukdi utara Papua,” katanya.

Menurut Agung, wilayah Papua dan Papua Barat seperti Biak, Yapen, Nabire, Dogiyai, dan Deiyai memiliki perulangan gempa relatif lebih cepat dibandingkan dengan wilayah lain di dua provinsi tersebut.

“Gempa besar yang merusak, dapat diperkirakan prakiraan periode perulangan gempanya secara statistik,” ujarnya.

Dia menjelaskan periode ulang dengan gempa-gempa besar di antaranya gempa bumi Jayapura 1971 magnitudo 7,7 Mw, Oksibil 1976 magnitudo 7,1 Mw, Biak 1996 magnitudo 8,2 Mw, Ransiki 2002 magnitudo 7,6 Mw, Nabire 2004 magnitudo 7,1 Mw, Manokwari 2009 magnitudo 7,9 Mw dan Yapen 2010 magnitudo 7,1 Mw.

“Diharapkan agar tidak panik dengan forecast (prakiraan secara statistik) tersebut di mana masih tergantung dengan kelengkapan data 1914-2015 dan siklus gempa besar bisa lebih dari 100 tahun,” katanya lagi.

Dia menambahkan rata-rata Indonesia mengalami 5381 kejadian gempa tiap tahunnya, di mana Papua mencapai 495 kejadian dan Papua Barat 331 kejadian per tahunnya.

(Antara)

Kepala Dinas Kesehatan & Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deiyai Resmikan SMK Kesehatan Deiyai

Last modified on 2016-03-02 15:15:17 GMT. 0 comments. Top.

deiyai

Selasa kemarin (01/03), bertempat di SMK Kesehatan Wagete kabupaten Deiyai Papua, diadakan acara peresmian yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Deiyai, Alex Pekey.

Dalam sambutanya, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Deiyai, Alex Pekey, mengatakan, dirinya sangat bangga dan terharu dengan adanya SMK Kesehatan di Deiyai.

deiyai2

Ditambahkan, pendirian SMK Kesehatan ini tidak segampang mendirikan sekolah biasa karena SMK memiliki mental yang khusus karena dibekali ketrampilan, dan hal tersebut tidaklah mudah.

deiyai3

Turut hadir dalam acara peresmian ini Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Deiyai, Luther Adii, Kepala Suku Besar Frans Mote, Kepala Sekolah SMK Kesehatan Bapak Marthinus Mote, Kepala Distrik Tigi Stefanus Mote, Kapolsek di wakili Brigadir Rustam, Anggota Koramil-03/Wagete Sersan Kepala (Serka) Sudarno, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat serta Orang tua wali murid.

(Pendam17)

Walau Tidak Bisa Nikmati Gerhana Matahari Total, Warga Papua & Papua Barat Bisa Nikmati Gerhana Matahari Sebagian

Last modified on 2016-03-01 15:35:03 GMT. 1 comment. Top.

Untitled

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V menyatakan masyarakat Papua dan Papua Barat bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian, pada 9 Maret 2016 pukul 09.53-11.48 waktu Indonesia timur (WIT).

Staf Pelayanan Jasa Balai Besar Meterologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Agung Sabtaji di Jayapura, Selasa (1/3/2016) mengatakan masyarakat di Papua dan Papua Barat hanya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian karena tidak dilewati oleh lintasan ketika matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus ini.

“Prediksi gerhana matahari pada 9 Maret 2016 khusus di Kota Jayapura ini berdurasi sekitar 2 jam 55 menit dengan magnitudo 0,786,” katanya.

Dia menuturkan meskipun di wilayah Papua dan Papua Barat hanya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian, namun tetap diharapkan tidak secara langsung melihat dengan menggunakan mata telanjang.

“Kami juga menyarankan agar masyarakat tidak secara langsung melihat proses berlangsungnya gerhana matahari karena dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan mata,” ujarnya.

(Antara)

Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Simpatik 2016 Di Polres Paniai

Last modified on 2016-03-01 14:54:32 GMT. 0 comments. Top.

1

Selasa 1 Maret 2016, bertempat di lapangan apel Mapolres Paniai telah dilaksanakan apel gelar pasukan Operasi Simpatik 2016 dan yang bertindak Selaku Inspektur Upacara Kapolres Paniai AKBP Leonardos Nabu. Hadir dalam apel tersebut Wakapolres Paniai, Sekda Kabupaten Paniai, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Paniai, Kapolsek Paniai Timur, Danramil 1705-02 Enarotali, Danton Brimob BKO Polres Paniai, Danton TNI Satgas Raider 509 serta para perwira jajaran Polres Paniai.

Peserta apel gelar pasukan 3 pleton gabungan staf anggota Polres Paniai, 1 pleton anggota BM Polda Papua BKO Kab. Paniai, 1 pleton anggota TNI Satgas Raider 509 BKO Kab. Paniai, 1 pleton anggota TNI Paskhas BKO Kab. Paniai, 1 pleton anggota Koramil 1705 Enarotali, 1 pleton Dinas Perhubungan Kab. Paniai, 1 pleton Sat Pol PP Kab. Paniai.

Dalam amanatnya Kapolri Jenderal Polisi Drs. Badrodin Haiti yang dibacakan Kapolres Paniai mengatakan Pemangku lalu lintas dan angkutan jalan yang terkait dalam penyelenggaraan sistem Lalu lintas jalan untuk melakukan tugas secara profesional dan terintergrasi. Petugas penegak hukum secara konsisten untuk melaksanakan tugas penertiban dan penegakkan hukum serta pengawasan guna menciptakan Kawasan Tertib Lalu lintas.

(Humas Polres Paniai)

Silaturahmi Kapolres Lanny Jaya Di Pos TNI

Last modified on 2016-02-29 11:37:33 GMT. 0 comments. Top.

a

Untuk mempererat tali Silatuhrahmi antar aparat keamanan, Kapolres Lanny Jaya, AKBP Ali Sadikin, SH. MAP. M.Si mengunjungi Pos TNI di Distrik Tiom.

Disamping pertemuan tersebut, pemberian sarana ibadah dari Kapolres Lanny Jaya kepada TNI yang diterima langsung oleh Danki 756/WMS Letnan Satu Basuki R. Adapun pemberian tersebut berupa permadani, peci dan buku bacaan Islam.

Kegiatan positif ini, diharapkan dapat membina kerukunan antara Polri dan TNI. kekuatan yang ada di bangsa khususnya Polri dan TNI, jika berjalan dengan koridor masing-masing akan bisa solid menjaga bangsa ini, “ bukan hanya hubungan Polri dan TNI saja yang harus baik tetapai hubungan dengan masyarakat pun bisa terjaga dengan baik, untuk tetap mempertahankan kedaulatan NKRI.

(T.N)

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229