INFO PAPUA

Polda Papua Tewaskan 1 Anggota OPM Di Gome Ilaga Papua

Last modified on 2015-03-31 09:17:28 GMT. 0 comments. Top.

Polda Papua menembak seorang anggota OPM di Gome, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Anggota kelompok bersenjata bernama Agustinus Tabuni itu tewas dalam penembakan tersebut.

Kabid Humas Polda Papua AKBP Patrik Renwarin mengatakan peristiwa itu terjadi sekira pukul 10.00 WIT, Selasa 31 Maret 2015. Peristiwa itu bermula saat 30 anggota Brimob dan tim khusus Polda Papua berpatroli di Distrik Gome. Petugas melihat tiga orang membawa senjata. Polisi pun mengejar mereka.

Dua orang lolos. Sementara seorang lainnya, yaitu Agustinus, terkena timah panas saat hendak kabur. Sebelum terkena peluru, Agustinus melawan dengan melepaskan tembakan ke arah petugas.

(MetroTV)

Perjalanan Dinas Fiktif SKPD Di Papua Barat Capai 11 Miliar

Last modified on 2015-03-30 13:57:59 GMT. 0 comments. Top.

index

Kepala Inspektorat Papua Barat, Sugestiono, mengaku temuan penyalahgunaan anggaran perjalanan dinas pegawai di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov tahun 2014 senilai Rp.11 miliar.

“Temuan BPK sekitar Rp.11 miliar, dan yang sudah dipertanggungjawabkan sekitar 80 persen,” tuturnya.

Menurutnya, pengembalian kerugian Negara ini telah disampaikan kepada Kejaksaan Tinggi Papua, dengan membuat pernyataan sisanya akan segera dilunasi. “Untuk Sekwan DPR PB sudah dilunasi, termasuk beberapa SKPD lain,” jelasnya.

Ditambahkan, umumnya pimpinan SKPD yang dipanggil oleh Kejaksaan Tinggi Papua, berkaitan pemeriksaan perjalanan dinas fiktif.

“Data Inspektorat dan Kejati sudah disamakan, dan selanjutnya akan diserahkan ke BPK untuk diclearkan apabila sudah dilunasi. Pada pemeriksaan kemarin, SKPD diberikan toleransi waktu sebelum mencapai target pemeriksaan, sehingga temuan tersebut dapat dilunasi secara perlahan,” ujarnya.

(MP)

Menteri Yohana Yembise Terancam Dilaporkan Ke Polisi Terkait Pernyataannya Terhadap Ahok

Last modified on 2015-03-29 13:28:47 GMT. 0 comments. Top.

yohana yembise

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise, alan dilaporkan ke polisi terkait ucapannya yang dianggap menghina keluarga Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Sebelumnya, menteri Yohana menegaskan bahwa perkataan yang tidak baik dari Ahok merupakan cerminan dari didikan keluarga Ahok.

“Front Pembela Ahok (FPA) Senin (30/3) akan mengadukan Menteri Yohana Susana Yembise ke Polda Metro Jaya,” kata Ketua Bidang Hukum sekaligus pengacara FPA, Parulian Hutahaean di Jakarta.

Menurutnya, Yohana tidak pernah mengenal keluarga besar Ahok, sehingga pernyataannya dinilai menyesatkan dan tidak berdasar.

Hingga kini belum ada tanggapan dari Menteri Yohana Yembise terkait hal ini.

Pelantikan Pejabat Esselon II, III, IV, Di Lingkungan Pemkab Intan Jaya

Last modified on 2015-03-29 13:00:57 GMT. 0 comments. Top.

Bupati-Intan-Jaya-Natalis-Tabuni-480x374

Bupati kabupaten Intan Jaya, Natalis Tabuni SS M.Si, rabu (25/03), melantik sejumlah pejabat esselon II, esselon III, esselon IV, dan sejumlah Plt, bertempat di Aula PU jalan Merdeka Nabire.

Dalam sambutannya, Natalis Tabuni mengatakan, rolling jabatan itu biasa, non job itu luar biasa. Rolling jabatan bertujuan untuk penyegaran dan memberi kesempatan kepada pejabat yang bersangkutan untuk bertugas di tempat tugas yang baru.

Para pejabat esselon II, esselon III, esselon IV, dan sejumlah Plt yang dilantik berjumlah 172 orang, dengan rincian essselon II sebanyak 16 orang, esselon III sebanyak 49 orang, esselon IV 78 orang, Plt esselon II sebanyak 2 orang, dan Plt esselon III dan IV sebanyak 27 orang.

Pembukaan Musrembangda Pemerintah Kabupaten Dogiyai

Last modified on 2015-03-28 13:55:19 GMT. 0 comments. Top.

a

(Dok.D.T)

Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) haruslah mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2012-2017 yang telah memuat visi misi tujuan sasaran dan strategi serta alat kebijakan pemerintah dengan memperhatikan kemampuan fiskal daerah sehingga 5 tahun kedepan, visi misi kabupaten Dogiyai yaitu terwujudnya masyarakat Doigyai yang berbudaya religiu maju mandiri dan sejahtera dapat terwujud.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Dogiyai, Thomas Tigi, saat membuka Musrembangda kabupaten Dogiyai tahun 2015 dalam rangka penyusunan kerja pemerintah daerah RKPD tahun 2015 di Aula Bappeda Dogiyai, jumat pagi (27/03).

Dikatakan, mengacu kepada UU no 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan merujuk kepada peraturan dalam negeri no 24 tahun 2010 tentang pelaksanaan peraturan pemerintah no 8 tahun 2008 tentang cara penyusunan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pembangunana daerah maka penyusunan program dan kegiatan tahun 2016 haruslah memperhatikan aspirasi masyarakat dan skala prioritas dan arah kebijakan tahun 2016 sesuai kondisi daerah.

Bupati Thomas Tigi juga menghimbau kepada para peserta Musrembangda agar selalu memperhatikan program kebutuhan masyarakat dalam penyusunan program, sebagaimana tertuang dalam RPJMD.

(RRINabire)

OPM Siaga I Jelang Kedatangan Presiden Jokowi Ke Papua

Last modified on 2015-03-28 12:49:34 GMT. 0 comments. Top.

gt

Panglima Organisasi Papua Merdeka (OPM) Jenderal Goliat Tabuni menginstruksikan pasukannya untuk siaga I dan menyiapkan senjata jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) benar-benar akan berkunjung ke Papua bulan Mei nanti.

“Goliat dan pasukannya siaga dengan 120 senjata jika benar Presiden datang ke Papua,” kata Deerd Tabuni, adik dari pimpinan OPM yang berkuasa di wilayah Tingginambut, Papua, Kamis 26 Maret 2015.

Menurut Deerd, Goliat menyatakan belum pernah diberitahu tentang kedatangan presiden ke Papua apalagi kedatangan itu berkaitan dengan dirinya.

“Kalau ada issu itu belum diketahui, karena belum pernah dikomunikasikan,” ujar Deerd.

Menurut Deerd, saat ini, Goliat Tabuni masih berstatus Panglima OPM dan belum pernah menyatakan menyerah kepada TNI dan bergabung ke NKRI seperti yang didesas-desuskan sebelumnya.

“Goliat tegaskan, dia tak akan pernah menyerah, karena mandat seluruh pejuang OPM yang ada di Tanah Papua dari Merauke hingga Sorong sudah dipegang,” kata Deerd Tabuni.

Goliat juga menyangkal klaim TNI yang menyatakan 23 pasukan OPM menyerahkan diri. Menurut Goliat, yang menyerahkan diri itu bukan anggota OPM melainkan masyarakat biasa yang tinggal di Tingginambut.

(Viva)

Pemerintah Kabupaten Paniai Gelar Musrembangda

Last modified on 2015-03-26 18:56:33 GMT. 0 comments. Top.

index

Dalam rangka pelaksanaan UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang system perencanaan pembangunan nasional, UU Nomor 17 Tahun 2003 tentang Pemerintah Daerah, dan penyusunan rencana pembangunan jangka panjang (RPJP/RPJPD), rencana pembangunan jangka menengah (RPJM/RPJMD) dan rencanan kerja pemerintah (RKPD) sebagai rencana tahunan, maka Pemerintah Kabupaten Paniai menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrembangda), bertempat di GSG Uwaata Wogi Yogi, Enarotali, Kamis, (26/03).

Bupati Kabupaten Paniai, Hengki Kayame dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Kabupaten Paniai, Yohanis You, mengatakan, Musrembangda merupakan forum perencanaan yang memiliki nilai yang sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan Negara.

Ditambahkan Bupati dalam sambutannya, dalam proses pembahasan, perumusan dan penetapan program prioritas pada tahun 2016 adalah peningkatan indeks pembangunna manusia dan infrastruktur, yakni Peningkatan Ekssilibitas Pendidikan; Peningkatan Ekssibilitas Kesehatan, Peningkatan atau Pengembagan Ekonomi Rakyat yang bermuara pada Komoditas-komoditas berorientasi pasar yang didukung oleh Revitalisasi Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Perkebunan; Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar; Pengembangan Pengolahan Energi dan Sumber Daya Mineral; Peningkatan Keamanan dan Ketentraman Daerah; Reformasi Birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik, Bersih dan Berwibawa serta Demokratis; Peningkatan Ketaqwaan Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana, Weynand Antoh, dalam laporanya mengatakan, penyelenggaraan kegiatan tersebut untuk menyusun RKPD tahun 2016, juga mewujudkan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi rencana kerja SKPD dan Pemda setempat dalam melaksanakan prioritas-prioritas pembangunan yang tertuang dalam RKPD 2016.

Papua Baru Bisa Produksi Beras 51%

Last modified on 2015-03-26 18:55:36 GMT. 0 comments. Top.

beras

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Papua, Samuel Siriwa mengungkapkan produksi beras di Provinsi Papua baru 51 persen. Pada tahun 2018, ditargetkan mencapai 60 persen.

Oleh karena itu, kata Samuel, kabupaten-kabupaten penghasil beras akan didorong produktivitasnya, antara lain Kabupaten Merauke dan Nabire. Kabupaten Merauke sendiri merupakan kabupaten yang sangat produktif, dengan jumlah suplai beras mencapai 84 persen di Papua.

“Untuk mencapai target 60 persen, maka peningkatan produksi, peningkatan sarana prasarana dan juga pengembangan usaha pertanian perlu ditingkatkan. Target kami di 2018, beras kita mencapai 60 persen. Sekarang baru di angka 51 persen,” terang Samuel kepada wartawan di Merauke, Selasa (24/3/15).

Menurut dia, sasaran produksi tanaman pangan dinilai masih kurang, khususnya padi, kedele, kacang tanah, kacang ijo, ubi kayu, buah dan sayuran. Sehingga strategi yang dilakukan adalah dengan peningkatan produktifitas, perluasan areal, penanaman produksi, penggunaan pemasaran, integrasi dan tanam.

(BP)

Presiden Jokowi Ingin Komunikasi Dengan KKB Di Papua

Last modified on 2015-03-26 18:55:03 GMT. 0 comments. Top.

 jokowi

Kodam XVII/Cenderawasih akan membangun beberapa helipad atau landasan helikopter di wilayah Tinggi Nambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Pembangunan ini untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan mengunjungi Distrik Tinggi Nambut, Kabupaten Puncak Jaya, pada awal Mei.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen Siahan menuturkan, saat ini sudah ada lima helipad di wilayah Puncak Jaya, namun lokasinya berada dekat dengan permukiman warga. Tidak memungkinkan didarati oleh Helikopter MI-17 milik TNI AD yang akan mengangkut Presiden dan rombongan.

“Pak Presiden sewaktu berkunjung ke Papua beberapa waktu lalu mengatakan bahwa Beliau akan datang ke Papua tiap tiga bulan sekali. Nah, saya langsung mempelajari tugas, dan apa peran saya. Pertama adalah sebagai penanggung jawab pengamanan VVIP untuk Presiden. Pertama, saya akan menyiapkan helipad yang besar-besar untuk pendaratan helikopter berbadan besar,” kata Pangdam, Kamis (27/3/2015).

Ia mengungkapkan, untuk mematangkan persiapan menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu, dirinya telah memerintahkan Kasdam XVII/Cenderawasih memantau langsung lokasi di Tinggi Nambut.

Presiden Joko Widodo sendiri dijadwalkan blusukan ke perbukitan Tinggi Nambut untuk menemui warga sekitar. Presiden juga dikabarkan akan melakukan tatap muka dengan kelompok kriminal bersenjata di wilayah itu.

Helipad untuk pendaratan helikopter berbadan besar tidak hanya dibangun di wilayah Tinggi Nambut, tetapi juga direncanakan di beberapa daerah lain.

Sementara biaya pembangunan helipad, kata Pangdam, masih akan dikoordinasikan dengan Kepala Staf Angkatan Darat.

Selain membangun helipad, Kodam XVII/Cenderawasih juga akan membangun 10 honai yang diperuntukan bagi 23 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata wilayah Tinggi Nambut yang telah menyatakan diri akan bergabung bersama NKRI.

Goliath Tabuni Bantah Serahkan Diri, Pangdam Cenderawasih Benarkan Goliath Tabuni Belum Serahkan Diri

Last modified on 2015-03-25 16:14:48 GMT. 0 comments. Top.

gt

“Saya Goliat Tabuni tidak pernah berkata bahwa menyerakan diri ke NKRI, itu tidak benar, karena NKRI dan TNI/Polri itu musuh-musuh saya.”

Hal ini ditegaskan Jenderal Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), Goliath Tabuni, melalui sumber AMP Numbay, Rabu (25/03/2015) menanggapi isu yang beredar.

Sebelumnya, sejumlah media nasional seperti Detik dan viva.co.id,  ramai-ramai memberitakan perihal menyerahnya panglima tinggi TPNPB ini.

Jenderal Goliath Tabuni membantah semua tuduhan dan isu bohong yang diamanatkan pada dirinya dengan sebuah komentar singkat, “Saya Goliat Tabuni tidak pernah berkata bahwa menyerakan diri ke NKRI, itu tidak benar, karena NKRI dan TNI/Polri itu musuh-musuh saya.”

Pihak TPNPB sendiri menjelaskan, semua itu upaya negara Indonesia sebagai pihak penjajah yang dilawan oleh TNPPB untuk menghancurkan perjuangan TPNPB.

Hal senada juga diungkapkan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Mayjen TNI Fransen G Siahaan. Pangdam seperti diberitakan oleh Kantor Berita Antara mengatakan, Goliat Tabuni selaku pimpinan kelompok bersenjata pendukung organisasi papua merdeka (OPM) hingga kini belum mau turun gunung untuk bergabung dengan NKRI.

“Hingga kini Goliat Tabuni belum menyatakan untuk turun dan bergabung dalam bingkai NKRI, seperti yang diungkap di pemberitaan,” kata Mayjen Fransen, kepada wartawan di Jayapura, Rabu (25/3/2015).

Ia mengatakan, yang menyatakan diri untuk turun gunung dan bergabung dengan NKRI baru anak buah Goliat Tabuni.

Saat itu, Kasdam didampingi Asintel Kodam Cenderawasih Kolonel Inf Ginting. “Ada kepastian bila 23 orang anak buah Goliat Tabuni hendak turun gunung, selain dari pernyataan masyarakat dan Kepala Distrik Tingginambut, serta Bupati Puncak Jaya,” ujarnya.

Menurut Fransen, kini 23 anak buah Goliat Tabuni itu sudah berada di Tingginambut dan membaur dengan masyarakat di sekitarnya. Ia pun berharap Goliat Tabuni mau menyusul anak buahnya yang sudah terlebih dahulu menyatakan bergabung dengan NKRI.

Ketika ditanya kekuatan persenjataan kelompok Goliat Tabuni, Pangdam Fransen menyebut kelompok itu didukung sekitar 40 pucuk senjata api berbagai jenis.

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247