INFO PAPUA

Anjangsana Anggota Babinsa 1705-2/Enarotali Ke Warga & Mitra Karib

Last modified on 2016-02-02 15:10:58 GMT. 0 comments. Top.

0

Anggota Babinsa 1705-02/Enarotali melaksanakan anjangsana kerumah masyarakat dan mitra Karib yang dilaksanakan oleh 4 orang Babinsa Koramil 02 Enarotali yaitu Serma Yohanis Yogi, sertu Wardi Hermawan, sertu Mualim Sulu dan sertu Satrio Enaro Putro.

Sebelum melaksanakan anjangsana, seluruh anggota melaksanakan apel pagi dan mengikuti arahan Danramil 1705-02/Enarotali Kapten Inf Junaid, dilanjutkan pembagian tugas dari Batuud Ramil 1705-02/Enarotali Pelda Hj. Darwis.

3

Setelah Apel pagi, ke 4 orang Babinsa tersebut dipimpin oleh Serma Yohanis Yogi berangkat dari Kantor Koramil 1705-02/Enarotali menuju Kampung Awabutu untuk menemui mitra karibnya.

1

Adapun masyarakat yang di kunjungi antara lain Natalis Kayame Kampung Awabutu Distrik Paniai Timur, Anton Yogi Kampung Awabutu Distrik Paniai Timur, Demianus Yogi Kampung Awabutu Distrik Paniai Timur.

Pada pelaksanaan anjangsana yang dilaksanakan oleh 4 orang Babinsa tersebut disambut baik oleh masyarakat dan mitra karibnya setelah Babinsa meyampaikan maksud kedatangannya.

Ke 4 Orang Babinsa tersebut menyampaikan kepada mitra karib beserta Keluarganya agar lebih hati-hati dikarenakan situasi sekarang ini sering terjadi pencurian dan untuk kedepannya akan di aktifkan ronda malam demi untuk menjaga keamanan dan ketentraman bersama.

Pada kegiatan anjangsana tersebut babinsa menyampaikan kepada masyarakat dan mitra karib untuk mendaftarkan anaknya yang mempunyai cita-cita menjadi prajurit TNI-AD. dan bagi yang berminat akan disampaikan tata cara dan persyaratan pendaftaran calon prajurit TNI di Koramil 1705-02/Enarotali.

Masyarakat sangat antusias mendengarkan babinsa menjelaskan tentang bagaimana cara untuk menjadi prajurit TNI, namun ada yang kecewa dikarenakan ada anaknya sudah 5 kali mendaftar akan tetapi selalu gagal berhubung anaknya tersebut tidak berbadan sehat.

Kemudian Babinsa menjawab keluhan masyarakat tersebut sebagai berikut” memang persyaratan untuk bisa jadi prajurit TNI harus sehat karena dalam pendidikan banyak latihan fisik jadi bagi yang mempunyai penyakit pasti tidak tahan bahkan bisa meninggal, yang rugi kita semua, makanya mulai dari sekarang sebelum daftar anak-anaknya harus mempersiapkan diri untuk membina fisik/olahraga dan menjaga kesehatan.

Kegiatan anjangsana ini bertujuan agar terjalin silahturahmi lebih erat dan memberikan solusi agar masyarakat Paniai bisa lebih maju dari sebelumnya serta memberikan pemahaman kepada masyarat bahwa untuk menjadi prajurit TNI tidak ada pungutan biaya.

(Pendam17)

Jurnalis & Pimpinan Redaksi Suara Papua, Oktovianus Pogau Tutup Usia

Last modified on 2016-02-01 07:52:00 GMT. 0 comments. Top.

1

(Kunjungan almarhum Okto Pogau ke Amerika Desember 2015, di depan Gedung Putih)

Pimpinan Redaksi Suara Papua yang selama ini dikenal sangat kritis dalam tulisannya, Oktovianus Pogau, tutup usia, 31 januari 2016 di Rumah Sakit Dian Harapan Jayapura.

Dari kabar yang dihimpun, Oktovianus Pogau meninggal karena sakit paru-paru, dan dirinya sempat dirawat di RS.Dian Harapan Jayapura.

Jenazah putra asal Intan Jaya ini dibawa untuk disemayamkan di Asrama Intan Jaya, Waena Abepura, dan akan diberangkatkan ke Intan Jaya tanah kelahirannya untuk dimakamkan.

Oktovianus Pogau adalah salah satu jurnalis cerdas yang dimiliki Papua yang sering menyuarakan kepentingan orang asli papua dari tingkat akar rumput.

Jebolan SMA Kristen Anak Panah Nabire ini memang sejak Sekolah sudah berkeinginan menjadi Diplomat hebat, hal tersebut ditandai dengan seringnya Oktovianus menjadi juara pada lomba menulis se-kabupaten.

Setelah lulus dirinya mulai malang melintang di dunia jurnalis dengan berbagai liputannya di Papua Pos dan Kabar Papua.

Oktovianus Pogau bahkan kerap berurusan dengan pihak keamanan terkait tulisan dan liputannya yang mengangkat Papua dan ketertinggalannya, serta berbagai kekerasan dan pelanggaran HAM di Papua.

Beberapa hari sebelum Oktovianus tutup usia, dirinya bahkan mengikuti pertukaran pemuda di Amerika Serikat.

Kepergian Oktovianus Pogau banyak meninggalkan kesedihan bagi sahabat-sahabatnya. Selamat jalan Oktovianus Pogau, semoga akan lahir Oktovianus Pogau lainnya yang melanjutkan cita-citamu.

Ratusan Peserta Ekspedisi NKRI Bertolak Ke Papua Barat

Last modified on 2016-01-31 19:11:39 GMT. 0 comments. Top.

1

Ratusan peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016 baik dari kalangan peneliti, akademisi, TNI serta Polri, berangkat ke Papua Barat dibawah pimpinan Kabag Pamops Ekspedisi NKRI Letkol Inf Rachmat PS, dengan menggunakan Kapal Perang TNI AL KRI Surabaya 591, Komandan Kapal Letkol Laut (P) Wawan Trisatya Atmaja ,Minggu ( 31/1/2016) dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Kapal yang bertolak pada pukul 07.15 WIB membawa peserta ekspedisi dari tujuh Subkorwil diantaranya Subkorwil Tambrauw, Sorong,Sorong Selatan, Manokwari Selatan, Bintuni ,Wondama,Fak –Fak dan perjalanan ke Papua sendiri diperkirakan memakan waktu sekitar delapan hari,sedangkan Subkorwil Kaimana rencana akan berangkat, Selasa (9/2) menggunakan pesawat Hercules TNI AU dari Halim PK Jakarta Timur.

2

Kegiatan Ekspedisi NKRI yang dimulai awal Februari hingga 31 Mei 2016 akan melaksanakan tiga bidang kegiatan diantaranya bidang Penjelajahan, Pendataan meliputi Kehutanan, Geologi, Flora Fauna, Potensi Bencana, Kehutanan,Sosial Budaya dan Pengabdian masyarakat yang akan terbagi dalam 8 Subkorwil, meliputi Tambrauw, Sorong, Sorong Selatan, Manokwari Selatan, Bintuni, Wondama, Fakfak, dan Kaimana.

3

Potensi sumber daya alam, budaya dan sosial di wilayah Indonesia yang masih banyak belum dimanfaatkan secara maksimal khususnya di daerah terpencil dan terisolir. Sangat tidak diharapkan apabila pihak asing lebih banyak tahu sumber daya alam Indonesia daripada kia sendiri. Melalui Ekspedisi NKRI kita akan mendata dan menemukan sumber daya alam yang sebesar – besarnya untuk kemakmuran rakyat.

4

Ekspedisi NKRI mengerahkan 1200 personel merupakan bentuk pengabdian TNI-AD bersama Kemenko PMK melalui kegiatan penjelajahan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. adalah sebagai Wahana silahturahmi nasional bagi seluruh komponen anak bangsa.

Upacara pelepasan dipimpin langsung Wakil Asisten Operasi Danjen Letkol Inf Lucky Avianto dan dihadiri para Kabalak Kopassus dan sejumlah Perwira Kopassus

( Mayor Inf Achmad Munir, Katim Media Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat 2016)

Akhir Januari Hingga Februari 2016, 90% Wilayah Indonesia Termasuk Papua Memasuki Puncak Musim Hujan & Cuaca Ekstrim

Last modified on 2016-01-27 15:49:27 GMT. 0 comments. Top.

cuaca

Hampir 90 % wilayah Indonesia telah memasuki masa musim penghujan dan akan mencapai puncaknya pada akhir Januari dan Februari 2016. Meskipun saat ini El-nino masih berlangsung, kondisinya sudah semakin meluruh dan kembali ke netral hingga Maret-April 2016.

Hal ini diutarakan  Deputi Bidang Meterologi BMKG, Dr. Yunus Subagyo di depan Media Massa saat kegiatan kegiatan jumpa pers BMKG bersama Kementerian Perhubungan di kantor Kemeterian Perhubungan RI.

Untuk Potensi hujan lebat di Indonesia  yang diperkirakan akan semakin meningkat pada akhir Januari hingga Februari 2016, ditandakan dengan aktifnya monsoon dingin asia yang disertai dengan seruakan dingin, fase Madden Julian Oscillation (MJO) yang menunjukkan fase basah di wilayah maritim kontinen (Indonesia), Indian Ocean Dipole yang bernilai negatif, serta potensi daerah Inter Tropical Convergence Zone (ITCZ) yang akan semakin menguat.

Kondisi ini akan mengakibatkan potensi hujan lebat tak hanya di sekitar Sumatera dan Bagian Barat Kalimantan, tetapi berpotensi di Sumatera bagian Selatan, Jawa, Bali, NTB, Sulawesi Tengah dan Selatan, Maluku bagian tengah dan Papua bagian Tengah.

Selain itu, untuk potensi ketinggian gelombang laut, Yunus menuturkan bahwa akan berpotensi terjadinya gelombang tinggi 1.25 – 2.5 meter yang meliputi wilayah sebagian besar perairan barat Sumatera, perairan selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat, Laut Natuna, Selat Makassar, Laut Sulawesi, Perairan Kep. Sangihe, Laut Maluku, Perairan utara Papua dan Papua Barat.

Untuk menghadapi cuaca ekstrim dan puncak musim hujan berdasarkan informasi dari pemantauan BMKG, maka Kementerian Perhubungan RI langsung melakukan kesiapsiagaan guna meningkatkan keselamatan transportasi darat, laut, dan udara.

“Kita disetiap Direktorat Jenderal Transportasi Darat, Laut, dan Udara, serta Perkretaapian telah melakukan berbagai langkah sebagai antisipasi menghadapi kondidi cuaca ekstrim dan musim hujan guna meningkatkan keselamatan transportasi,” ujar  Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Drs. Julius Asravida Barata MM saat memoderatori acara siang itu.

Lanjutnya, Ia mengutarakan bahwa Menteri Perhubungan RI berharap perlu adanya sikap siaga di segala sektor transportasi Darat, Laut, dan Udara dan perlu adanya koordinasi dan dukungan BMKG untuk menyediakan informasi cuaca tehadap moda transportasi. Hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Untuk sektor Transportasi Laut, Bobby Mamakit, Dirjen Perhubungan Laut mengatakan bahwa telah memerintahkan kepada Syahbandar, Asosiasi Kapal, dan Pengelola Pelabuhan (Pelindo) agar memperhatikan informasi peringatan cuaca dari BMKG serta selalu mengupdate informasi cuaca di website BMKG.

“Selain itu, kita juga telah memerintahkan kepada Syahbandar agar menunda surat persetujuan berlayar hingga cuaca baik” ucap Bobby. Sama halnya di Sektor Transportasi Udara selalu menggunakan informasi cuaca penerbangan, seperti Airmet (Hazard) dan SIGMENT (warning).

“Kita selalu menggunakan informasi cuaca dari BMKG sebelum terbang (penyesuaian flight plan), saat terbang (berupa visibility, kondisi angin, dan informasi daerah manasaja yang terkena dampak cyclone); dan info cuaca setelah penerbangan (pilot melaporkan kepada ATC selanjutnya nanti disampaikan kepada BMKG sebagai bahan update)”, sambung Novie Riyanto, Direktur Navigasi Penerbangan Dirjen Perhubungan Udara.

(BMKG)

Mahkamah Konstitusi Tolak Tiga Gugatan Pilkada Dari Kabupaten Waropen

Last modified on 2016-01-22 05:44:27 GMT. 0 comments. Top.

index

Mahkamah Konstitusi kembali melakukan persidangan Perselisihan Hasil Pemilukada kabupaten Waropen Papua, jumat pagi tadi (22/01) yang menghadirkan 3 orang pemohon yang merupakan pasangan calon kandidat Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Waropen.

Tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Waropen Tahun 2015 yang mengajukan keberatan atas hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Waropen yaitu pasangan Ollen Ostal Daimboa-Zeth Tanati (No. 31/PHP.BUP-XIV/2015), Penehas Hugo Tebay-Jance Wutoi (No. 56/PHP.BUP-XIV/2016), dan Yesaya Buinei-Ever Mudumi (102/PHP.BUP-XIV/2015).

Majelis hakim yang terdiri dari Arief Hidayat, Manahan Sitompul, dan I Dewa Gede Palguna memutuskan bahwa permohonan perkara pasangan Ollen Ostal Daimboa-Zeth Tanati (No. 31/PHP.BUP-XIV/2015), Penehas Hugo Tebay-Jance Wutoi (No. 56/PHP.BUP-XIV/2016), dan Yesaya Buinei-Ever Mudumi (102/PHP.BUP-XIV/2015) semuanya ditolak.

Penolakan ketiga pemohon tersebut sama yaitu terkait selisih suara yang tidak sesuai Pasal 158 ayat (2) Undang-Undang 8 Tahun 2015, dan Pasal 6 Peraturan MK (PMK) Nomor 1-5 Tahun 2015.

Adapun hasil penetapan rekapitulasi suara yang ditetapkan KPUD Waropen pada pilkada serentak lalu, pasangan Yeremias Bisai & Hendrik Wonatorey meraih suara tertinggi.

Duta Besar Amerika & Inggris Ganti-Gantian Kunjungi Papua

Last modified on 2016-01-20 16:20:50 GMT. 0 comments. Top.

index

(Dubes Amerika saat disambut Sekda Papua di Jayapura/Antara)

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Roberth O Blake saat bertemu dengan sejumlah aktivis LSM Papua di Restauran Yougwa, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Selasa malam (19/01), menanyakan tentang informasi kekinian di bumi Cenderawasih.

“Pak Dubes ingin tahu situasi politik, pendidik, dan kesehatan, lalu ekonomi, sosial, dan budaya (ekosob) terkini. Pertanyaan-pertanyaan seputar itu yang kemudian dijelaskan oleh kita semua yang bertemu dengan beliau,” kata Sekretaris Eksekutif Jaringan Kerja Rakyat (Jerat) Papua Septer Manufandu di Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (19/1/2016).

Berkaitan dengan pendidikan dan kesehatan, kata dia, itu kemudian dijelaskan bahwa ada problem pendidikan, yakni buruknya pelayanan pendidikan dasar yang berkaitan dengan sistemnya, pelayanannya dan SDM yang mengelola pendidikan dasar, tentu tidak semua sama di Papua.

“Ada beberapa wilayah-wilayah yang tidak bisa dikontrol, tidak ada pelayanan, kemudian kualitas lulusan dari SD ke SMP, SMP ke SMA, dan SMA ke perguruan tinggi, itu menjadi soal. Ini yang kami jelaskan karena Dubes bertanya tentang situasi politik dan ekosob,” katanya.

Kemudian, berkaitan dengan situasi kesehatan di Papua, pun sama. “Ada wilayah yang punya kemajuan kesehatan dan ada wilayah yang juga tidak punya kemajuan kesehatan, terutama wilayah yang sulit aksesnya,” katanya.

Terkait dengan situasi politik atau kekerasan yang ditanyakan Dubes AS, lanjut Manufandu, pihaknya menjelaskan bahwa ada kecenderungan berubah.

“Kekerasan itu dulu atau penembakan itu terjadi di hutan-hutan dan itu terjadi pada generasi tua yang tinggal di hutan. Akan tetapi, sekarang penembakan itu terjadi di pusat-pusat kabupaten, dan itu terjadi pada pemuda-pemuda Papua,” katanya.

Pertanyaanya kenapa ini sampai terjadi? Kalau pun tidak terjadi penembakan, ada kekerasan lain, tetapi tidak ada proses tindak lanjutnya dan kasus hilang begitu saja.

“Sebagai contoh kasus Paniai, walaupun Presiden Jokowi sudah menegaskan perlunya lakukan investigasi mendalam dan mengumumkan dalam mencari fakta hukumnya, kemudian tidak ada progresnya sampai hari ini, atau mungkin mereka masih kerja sampai hari ini. Ini pertanyaan-pertanyaan atau asumsi kami sampai hari ini terhadap kasus itu,” katanya.

Di lain sisi, lanjut pria berkaca mata minus itu, terkait dengan kepemilikan hak ulayat yang menjadi persoalan hingga kini.

“Mereka bicara mengenai tanah dari masyarakat adat yang digunakan oleh investor. Banyak sekali tanah yang diklaim oleh perusahaan tanpa prosedur, konsultasi, atau mekanisme di tengah masyarakat adat, kemudian mereka gampang sekali mendapatkan izin dari pemerintah,” katanya.

“Kalaupun ada masyarakat yang terlibat, tidak disampaikan positif dan negatifnya. Jadi, kemudian dalam perjalanannya masyarakat mengalami kerugian kehilangan tanah, bahkan dalam pelepasan adat itu tidak jelas dokumennya dan harganya murah sekali,” tambahnya.

Selain itu, kata dia, Dubes AS juga menanyakan tentang gaung dialog damai.

“Pertanyaanya bagaimana dengan dialog, lalu kita bilang dialog itu cara bermartabat untuk menegosiasikan persoalan yang ada di Papua. Segala sesuatu harus didudukan secara bermartabat dan dicari solusinya bersama dan buat komitmen politik hidup bersama ke depan,” katanya.

Dubes AS menanggapi bahwa dialog itu merupakan cara yang baik untuk menyelesaikan persoalan. Akan tetapi, tentunya harus ada penyamaan persepsi atau pandangan dalam konsep dialog.

“Apa pengertian dialog dari persepsi pemerintah dan pengertian dialog dari persepsi masyarakat. Sementara itu, tanggapan Dubes AS tentang ekosob itu di mana-mana sama, terutama Papua. Jadi, kemudian Dubes hanya mendengar dan akan betemu dengan pihak-pihak lain dan juga pemerintah dan dia akan bertanya tentang itu,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah tokoh Papua bertemu dengan Dubes Amerika Serikat Robert Blake yang dikemas dalam acara makan malam bersama di Restauran Yougwa, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Selasa malam.

Pantauan Antara di lapangan, tokoh Papua yang bertemu dengan Dubes AS itu diantaranya Kepala Kantor Perwakilan Komnas HAM Papua Frits Ramandey, Ketua LSM Jaringan Kerja Rakyat (Jerat) Septer Manufandu, Koordinator Jaringan Damai Papua (JDP) Neles Tebay, dan Ketua Sekretariat Keadilan Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan (SKPKC) Papua Yuliana Languwuyo.

Setelah Dubes Amerika, giliran Dubes Inggris Sambangi Papua

bb

(Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik)

Setelah beberapa waktu lalu Duta Besar Amerika Serikat Robert Blake mengunjungi Papua, kini giliran Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengunjungi provinsi ini untuk menemui para pejabat pemerintahan dan beberapa universitas di sana, hari ini.

“Senang bisa melakukan kunjungan saya yang ke dua ke wilayah ini sejak menjabat sebagai Duta Besar,” kata dia di Jayapura, Rabu.

Moazzam mengaku berada di Papua untuk membahas beberapa isu demi kepentingan bersama seperti perubahan iklim, pendidikan dan pembangunan.

“Dalam agenda kali ini, saya sangat senang bisa mengunjungi Universitas Cenderawasih dan Universitas Papua di mana kami ingin mempromosikan kerja sama pendidikan dengan Inggris dan mengajak lebih banyak lagi masyarakat Papua untuk belajar di Inggris, termasuk beasiswa Inggris Chevening,” ujar Malik.

Dia menjelaskan Inggris mendukung penuh integritas teritorial dan kedaulatan Indonesia di mana Inggris mengakui Papua bagian dari Indonesia.

“Kami juga mendukung upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan organisasi kemasyarakatan dalam menanggulangi masalah-masalah di Papua,” katanya lagi.

Dia berharap bisa menyaksikan perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan yang merata di seluruh wilayah bangsa ini.

Selama kunjungan ini Dubes Inggris akan bertemu dengan Gubernur dan Kapolda Papua serta pejabat lainnya. Dia juga akan mengunjungi wilayah lain di Papua.

(Antara)

Maroef Sjamsoedin Resmi Mengundurkan Diri Sebagai Pimpinan Freeport Indonesia

Last modified on 2016-01-18 13:56:44 GMT. 1 comment. Top.

index

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin resmi mengundurkan diri. Maroef pun menyampaikan pengunduran diri melalui surat elektronik yang disampaikan ke seluruh pegawai Freeport. Dalam suratnya, Maroef hanya dikontrak dalam satu tahun oleh perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) ini.

“Dengan berakhirnya masa kontrak kerja saya selama setahun sebagai Presiden Direktur PT Freeport Indonesia dan tawaran perpanjangan kontrak dari pimpinan Freeport McMoran, saya telah mengirimkan surat pengajuan pengunduran diri,” ujar Maroef dalam surat yang dikutip merdeka.com di Jakarta, Senin (18/1).

Maroef mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang diberikan selama memimpin Freeport Indonesia.

Pengunduran diri Maroef ini berbanding terbalik atas jasa yang ditinggalkannya selama memimpin Freeport. Salah satunya, soal membongkar pencatutan nama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam permintaan saham Freeport yang dilakukan mantan Ketua DPR RI Setya Novanto.

Selain itu, Maroef juga berani memberikan divestasi sahamnya ke pemerintah Indonesa sebesar 10,64 persen sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 77 tahun 2014.

Vice President Corporate Communication Freeport Indonesia Riza Pratama membenarkan pengunduran diri Maroef. Namun, dia belum mengetahui secara pasti alasan pengunduran diri tersebut.

“Benar, beliau resign hari ini,” kata Riza.

Maroef, yang juga mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini ditunjuk sebagai Presdir Freeport pada Januari 2015.

(Merdeka)

Bimtek Renstra Pemkab Intan Jaya Bekerjasama Dengan PPKK UGM Yogya Akan Ditutup Sore Ini Di Hotel Mahavira Nabire

Last modified on 2016-01-13 06:34:42 GMT. 0 comments. Top.

b

Dalam rangka meningkatkan kapasitas Pegawai Negeri Sipil sebagai Aparatur Sipil Negara, maka Bappeda kabupaten Intan Jaya Papua bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerjasama (PPKK) Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Gajah Mada Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Strategi (Bimtek Renstra).

Kegiatan ini sendiri berlangsung sejak senin lalu 11 januari, dan rencana akan ditutup sore hari ini pukul 16.00 wit, bertempat di Hotel Mahavira jalan Merdeka Nabire.

Kegiatan Bimtek Renstra ini mengacu pada Surat Edaran Mendagri Nomor 890/4551/SJ tanggal 17 Desember 2009 tentang Program Diklat Teknis Umum di lingkungan Kemendagri dan Pemda. Diklat Penyusunan Renstra SKPD menurut Peraturan Menpan dan RB No. 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Kegiatan Bimtek Renstra ini diikuti berbagi peserta dari SKPD yang ada di lingkungan pemerintah kabupaten Intan Jaya, dengan menghadirkan 9 orang nara sumber dari PPKK Fisipol UGM Yogyakarta.

KPA Provinsi Papua Akan Lanjutkan Sirkumsisi Metode Prepex Di Jayapura, Nabire & Kota Lainnya Di Papua

Last modified on 2016-01-12 09:54:07 GMT. 0 comments. Top.

Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Provinsi Papua menyatakan sirkumsisi menggunakan metode prepex dapat mengurangi risiko penularan HIV sebanyak 76 persen di wilayahnya.

Sekretaris KPA Provinsi Papua Constant Karma di Jayapura, mengatakan, sirkumsisi dengan metode prepex adalah melakukan sunat memakai alat sejenis karet sehingga tidak lagi dilakukan secara tradisional atau menggunakan laser.

“Melalui sirkumsisi ini, selain dapat menghindari HIV, juga dapat menghindari delapan jenis penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) lainnya,” katanya.

Karma menjelaskan, kedelapan jenis IMS tersebut di antaranya ulkus mole (chancroid), klamidia, trikonomiasis, skabies (gudig), sifilis (raja singa), kondiloma akuminala (kutil kelamin), herpes genital (HSV-2), gonorrhoe (kencing nanah) dan AIDS.

“Untuk itu kami mengagendakan akan memulai program sirkumsisi tahap kedua di wilayahnya pada Maret 2016,” ujarnya.

Dia menuturkan untuk mempersiapkan mulainya program tersebut, pihaknya telah memesan paket prepex sebanyak 6000 buah.

“Untuk sirkumsisi tahap kedua ini akan kembali dimulai di Kota Jayapura dan beberapa kabupaten lain seperti Nabire, Merauke serta Biak,” katanya lagi.

Dia menambahkan dengan adanya sirkumsisi ini akan ada peningkatan kesehatan reproduksi bagi masyarakat Papua.

(Ant)

Polda Papua : Ormas Gafatar Sudah Masuk Di Papua

Last modified on 2016-01-12 09:52:02 GMT. 0 comments. Top.

Organisasi Masyarakat Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) telah masuk ke Papua, menurut keterangan Kepolisian Daerah (Polda) Papua.

“Ormas Gerakan Fajar Nusantara ini telah masuk di Papua dan terdata telah melakukan berbagai kegiatan sosial di Timika, Kampung Harapan Sentani Nafri, Koya Barat, Arso,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol. Patrige saat dihubungi, Senin (11/1) malam.

Menurut keterangannya, Gafatar telah melakukan aksi pidana di sejumlah daerah di luar Papua sebelum ini.

Dia mencontohkan kasus orang hilang seperti dua pegawai negeri sipil di Purbalingga, dan seorang dokter wanita di Lampung diduga terkait Ormas ini.

“Gafatar adalah organisasi yang telah dilarang di Indonesia berdasarkan surat Ditjen Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri RI Nomor 220/3657/D/III/2012,” kata Patrige.

(BS)

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262