INFO NABIRE

Klasis GKI Paniai : Hendaknya Paskah Bukan Dirayakan Secara Seremonial Saja Tapi Perlu Dimaknai & Ditindaklanjuti Dengan Pemulihan & Pembaharuan Hidup

Last modified on 2014-04-17 08:30:37 GMT. 0 comments. Top.

salib-kristus

Umat kristiani di seluruh dunia, akan merayakan hari paskah tahun 2014, begitu juga dengan umat kristiani yang berada di kota Nabire, tentunya sebelum memasuki raya paskah, umat kristiani telah melewati 7 minggu kesengsaraan atau masa raya pra paskah. Berbagai kegiatan maupun ibadah perayaan paskah telah disiapkan oleh masing-masing denominasi yang ada.

Di lingkungan Gereja Kristen Injili di Tanah Papua Klasis Paniai, akan diadakan ibadah Paskah gabungan yang berlangsung hari senin (21/04/2014).

Menurut Sekretaris Klasis GKI Paniai, Pdt Linda Upessy S.Th, M.Pd, dalam memaknai pengorbanan dan kematian Yesus Kristus, janganlah sekedar dirayakan secara seremonial saja, tapi harus dimaknai dan ditindaklanjuti dengan pemulihan dan pembaharuan hidup.

Ditambahkan Pdt Linda Upessy, tanpa kebangkitan Kristus, maka sia-sialah iman percaya kita, tanpa kebangkitan Kristus, percuma kita melakukan ibadah selama ini.

Sesuai keputusan rapat kerja ke II Klasis GKI Paniai, ibadah gabungan GKI Klasis Paniai akan diadakan pada hari senin (21/04/2014) atau paskah hari kedua.

Klasis GKI Paniai menghimbau kepada seluruh jemaat agar merayakan Paskah dengan iman dan percaya, dan semoga makna paskah bisa menjadi momen pembaharuan hidup kita baik pribadi, di tengah keluarga, dan di masyarakat.

Ibadah perayaan Paskah 2014 di GKI Klasis Paniai, mengangkat Tema “Kebangkitan yang memulihkan kehidupan”, dan sub Tema, “Kebangkitan Yesus Kristus, mendorong umat kristen untuk bersaksi melakukan kebenaran, kasih, dan pengampunan”.

(Alexander Saudila/RRI Nabire)

Berbagai Kegiatan Paskah Di Nabire

Last modified on 2014-04-17 08:23:16 GMT. 0 comments. Top.

salib-kristus

Dalam masa raya Paskah 2014, umat kristiani di lingkungan Gereja Kristen Injili di Tanah Papua Klasis Paniai, akan merayakannya dalam berbagai kegiatan, salah satunya yaitu ibadah gabungan pada hari paskah kedua, senin (21/04/2014), dibagi dalam 16 rayon.

Di lingkungan katolik, Gereja Kristus Sahabat Kita Nabire, dan Gereja katolik Kristus Raja Nabire, akan melakukan prosesi jalan salib pada hari jumat agung (18/04/2014). Gereja Kristus Sahabat Kita Nabire melakukan prosesi jalan salib pada pukul 08.00 wit, dengan start dari Taman Gizi menuju Bukit Meriam tempat penyaliban. Sedagkan Paroki Kristus Raja Nabire akan melakukan prosesi jalan salib mulai pukul 07.30 wit, dengan start dari halaman Gereja katolik Kristus Raja Malompo menuju tempat penyaliban di Malompo Atas Nabire.

Sedangkan untuk jemaat GKI, akan melakukan ibadah di gereja masing-masing baik pada hari jumat agung maupun pada ibadah hari paskah pertama hari minggu (20/04/2014). Dan pada paskah kedua pada hari senin (21/04/2014), akan diadakan ibadah gabungan yang dibagi kedalam 16 rayon.

Taman Pendidikan Alquran Al Fitrah Nabire Akan Mewisuda 64 Santrinya

Last modified on 2014-04-17 07:34:07 GMT. 0 comments. Top.

(Ilutrasi)

Sebanyak 64 orang santriawan dan santriwati Taman Pendidikan Alquran (TPA) Al Fitrah Nabire, akan diwisuda hari minggu (20/04/2014).

Hal ini dijelaskan Pimpinan TPA Al Fitrah Nabire, H Soleman M Solim B.A. Menurut H Soleman, sebelum para santri diwisuda akan didahului dengan acara hotmul Quran yang akan dilaksanakan pada hari sabtu 919/04/2014) di Masjid Agung Al Falah Nabire, dimulai pukul 12.30 wit usai sholat Dzuhur.

Untuk pemantapan acara Hotmul Quran dan wisuda tersebut, telah diadakan rapat panitia yang dipimpin Ketua Panitia Drs Suwardi, bertempat di Aula TPA Al Fitrah jalan Danomira Nabire, membahas teknik pelaksanaan Hotmul Quran dan wisuda bagi para santri.

Acara Hotmul Quran dan Wisuda santri TPA Al Fitrah Nabire akan didahului dengan pembacaan Kalam Ilahi serta sambutan pimpinan TPA Al Fitrah, dan sambutan Ketua LPTI Nabire, Ir Sukadi, serta ceramah umum yang akan disampaikan Ust Wahab Al Ahfi, dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan dan prosesi pengukuhan yakni pemindahan kuncir toga dan penerimaan ijazah, dan ditutup dengan doa.

Sejak berdiri dari tahun 2003, TPA Al Fitrah sudah 2 kali melakukan wisuda santriawan dan santriwati di Nabire.

Kegiatan Jelang Paskah Oleh Gereja Katolik Kristus Raja Nabire

Last modified on 2014-04-17 06:45:18 GMT. 0 comments. Top.

salib-kristus

Panitia Paskah 2014 Gereja Katolik Kristus Raja Nabire Malompo, dalam rangka perayaan Paskah yang jatuh pada tanggal 18 april 2014, telah dan akan melaksanakan berbagai kegiatan.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu, ibadah taubat sekaligus pengakuan dosa yang dilaksanakan pada hari senin (14/04/2014) lalu.

Lalu hari kamis ini akan dilakukan ibadah kamis putih yang dilanjutkan dengan pembasuhan kaki yang akan diadakan pukul 19.00 wit sampai selesai.

Pada hari jumat agung (18/04/2014), akan diadakan prosesi jalan salib pada jam 07.30 wit, dan dilanjutkan dengan ibadah jumat agung pada sore harinya pada pukul 15.00 wit.

Hari sabtu (19/04/2014) akan diadakan ibadah malam paskah yang berlangsung pukul 19.00 wit , dilanjutkan dengan ibadah paskah pagi pada hari minggu (20/04/2014) jam 08.30 wit.

Selain kegiatan ibadah, dalam rangka perayaan paskah, Panitia Paskah 2014 Gereja Katolik Kristus Raja Nabire Malompo akan mengadakan kegiatan angjangsana di beberapa panti asuhan yang ada di Nabire, salah satunya panti asuhan Bina Sosial.

Sambut Paskah, Gereja Bethel Indonesia Jemaat Air Mandidi Nabire Gelar Lomba Karaoke Lagu Rohani

Last modified on 2014-04-16 16:32:05 GMT. 0 comments. Top.

salib-kristus

Menjelang perayaan Paskah 2014, Gereja Bethel Indonesia Jemaat Air Mandidi kabupaten Samabusa menggelar lomba karaoke lagu rohani.

Kegiatan ini sendiri diadakan pada hari selasa kemarin tanggal 15 april 2014, dan dibuka oleh Gembala Sidang Gereja Bethel Indonesia, Pdt Musa Imbiri. Kegiatan yang dimulai pada pukul 16.00 Wit ini, dibagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori anak-anak dan kategori dewasa.

Sementara itu, Ketua Panitia lomba karaoke lagu-lagu rohani, P Burdam, mengatakan, selain untuk menyambut perayaan paskah 2014, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali kasih diantara jemaat yang ada di Air Mandidi dan jemaat lainnya di Samabusa.

Tampil sebagai juara 1 lomba karaoke kategori dewasa yaitu Marthen Imbiri, juara 2 diraih oleh Adriana Salempa, juara 3 Elsina Waray. Sedangkan untuk kategori anak-anak, juara 1 Stefany kambu, juara 2 Nesa Imbiri, dan juara 3 Fedriani Kambu.

Sedangkan yang menjadi tim juri yang menilai lomba ini, yaitu Polimus Mandiwa, W Matulessy, dan Constatina Reru

(Jefry Panjaitan/RRI Nabire)

Kantor Perpustakaan & Arsip Nabire Gelar Lomba Mewarnai & Gemar Membaca

Last modified on 2014-04-16 16:18:07 GMT. 0 comments. Top.

Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Nabire, akan menggelar Lomba Mewarnai dan Gemar Membaca dari tingkat TK hingga tingkat SMU/SMK.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Nabire, Daniel Rumere S.Sos. Tujuan kegiatan ini untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan medukung penyelenggaraan pendidikan Nasional.

Lomba mewarnai tingkat TK se-Nabire sendiri akan dilaksanakan tanggal 24 april 2014 bertempat di Aula TK Pertiwi jalan Pepera Nabire. Pemenang akan mendapatkan piagam dan piala, serta uang pembinaan antara lain juara 1 mendapatkan Rp.900.000,-, juara 2 mendapatkan Rp.700.000,-, juara 3 mendapatkan Rp.500.000,-, juara harapan 1 mendapatkan Rp.300.000,- dan juara harapan 2 mendapatkan Rp.200.000,-

Nabire Kirim 4 Pelajar Mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi

Last modified on 2014-04-16 16:08:22 GMT. 0 comments. Top.

Kabupaten Nabire, mengirim 4 orang pelajar untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional tahun 2014 tingkat Provinsi Papua yang akan digelar 19 april mendatang di Jayapura.

Keempat pelajar yang mewakili Nabire tersebut yaitu Olwin Pontororing perwakilan dari SMP St Antonius Nabire yang akan mengikuti bidang Matematika, Felicita Kenny perwakilan dari SMP St Antonius Nabire yang akan mengikuti bidang Fisika, Megawati Hutagaul perwakilan dari SMP St Antonius Nabire yang akan mengikuti bidang Biologi, dan 1 orang perwakilan dari SMP Negeri 1 Nabire yang akan mengikuti bidang Ilmu Pengetahuan Sosial.

Wkil dari Nabire ini merupakan peserta yang lolos seleksi di tingkat kabupaten yang seleksinya dilakukan tanggal 15 Maret lalu. Jika lolos di tingkat provinsi, ke empat peserta dari Nabire ini akan mengikuti Olimpiade Sains tingkat Nasional yang berlangsung dari tanggal 15 s/d 21 mei di Padang Sumatera Barat. Keberangkatan tim Olimpiade Sains Nasional Nabire ini akan dibiayai oleh Dinas Pendidikan Nabire.

Para peserta Olimpiade Sains Nasional dari Nabire sendiri, sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya untuk membawa nama baik kota Nabire hingga tingkat Nasional seperti yang telah dilakukan oleh pendahulunya.

 

Warga Distrik Siriwo Nabire Minta Dilakukan Pemilu Ulang

Last modified on 2014-04-16 16:07:24 GMT. 0 comments. Top.

Sejumlah mahasiswa Universitas Cenderawasih Papua yang mengklaim mewakili masyarakat Distrik Siriwo, menilai pencoblosan pada Pemilu Legislatif (Pileg) di Distrik Siriwo tidak sah. Menurut para mahasiswa ini, terjadi pelanggaran surat suara yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu.

Menurut mereka, dari 14 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada, jumlah DPT sebanyak 5.216 pemilih, pencoblosan dilakukan Rabu (9/4) di Distrik Siriwo. Sedangkan pada tanggal 14 April sekitar pukul 09.00 WIT, kotak suara langsung dibawa turun ke Nabire. Pihaknya mempertanyakan ada apa di balik itu ?

Masyarakat Distrik Siriwo sangat kecewa dengan hal ini. Seharusnya perhitungan suara dilaksankan di TPS atau di tempat pencoblosan, bukan langsung dibawa turun ke Nabire.

Warga menegaskan agar oknum yang tidak semena-mena melakukan tindakan seperti itu harusnya memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Untuk itu, kata mereka, seluruh masyarakat Distrik Siriwo Kabupaten Nabire dengan para Caleg Kabupaten Nabire asal Distrik Siriwo tidak percaya terhadap pleno penetapan PPD Distrik Siriwo. Mereka meminta untuk dilakukan pencoblosan ulang di distrik itu.

Para mahasiswa ini meminta agar oknum tersebut untuk digantikan segera. Karena dinilai kerja oknum itu telah melanggar hukum. Ditegaskan kembali, tindakan yang dilakukan oleh kedua oknum itu dinilai sangat melanggar aturan, dan hukum harus ditegakkan. Oleh karena itu, kata mereka, seluruh masyarakat Distrik Siriwo serta Caleg asal Distrik Siriwo meminta KPU Kabupaten Nabire agar memberhentikan oknum tersebut.

(Papuaposnabire)

Hari Terakhir Ujian Nasional Di Nabire Berjalan Lancar Dan Tertib

Last modified on 2014-04-16 15:54:36 GMT. 0 comments. Top.

Hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMU/SMK/MA/SMALB tahun ajaran 2013-2014 di seluruh Indonesia termasuk di kabupaten Nabire. Selama 3 hari berlangsung sejak tanggal 14 s/d 16 april, tidak ditemui adanya hambatan dan kendala yang berarti, proses ujian nasional berlangsung dengan aman, sukses, dan lancar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Nabire, Piur Wenda. Piur Wenda menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah, TNI/Polri, para siswa, dan orangtua murid atas lancarnya proses ujian nasional dari hari pertama hingga hari terakhir.

Piur Wenda juga berharap agar para siswa yang mengikuti Ujian nasional ini, bisa lulus dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Ujian Nasional untuk tingkat SMU/MA/SMALB tahun ajaran 2013-2014 di Nabire, diikuti 1436 siswa, terdiri dari laki-laki sebanyak 733 orang dan perempuan sebanyak 703 orang. Sementara untuk tingkat SMK, diikuti sebanyak 596, terdiri dari laki-laki sebanyak 396 orang dan perempuan sebanyak 200 orang. Sehingga total peserta ujian nasional tingkat SMU/SMK/MA/SMALB tahun ajaran 2013-2014 di Nabire sebanyak 2032 siswa dari 29 sekolah.

 

Pembukaan Workshop Pelatihan Penyusunan Soal & Perangkat Pengajar Bagi Guru Agama Katolik Di Nabire

Last modified on 2014-04-16 15:54:14 GMT. 0 comments. Top.

Reki Lumentah,S.Pd.K, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire secara resmi membuka Workshop Pelatihan Penyusunan soal dan perangkat mengajar pendidikan bagi guru Agama Katolik Tingkat SD, SMP dan SMA, yang dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire (12/04/2014) dengan menghadirkan 25 orang peserta.

Dalam arahannya, Kepala Kantor mengingatkan para guru agar sebelum mendidik atau mengajar anak murid, para guru harus terlebih dahulu mengoreksi diri. Menurutnya guru adalah contoh atau teladan yang baik yang sering ditiru oleh murid ataupun masyarakat sekelilingnya. Untuk itu para guru jangan ada yang kecanduan alkohol ataupun bermain judi togel dan sebagainya karena hal ini akan memberi citra buruk bagi para guru. Seperti ada pepatah yang mengatakan Guru kencing berdiri murid kencing berlari. Hal-hal semacam inilah yang harus dihindari. Ungkapnya.

Sementara itu Kepala seksi Bimas katolik Dra. Dorce Laba Ambu dalam laporanya selaku panitia pelaksana kegiatan menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyeragamkan dan menyatukan penyusunan soal-soal pada sekolah tingkat SD, SMP, dan tingkat SMA dilingkup Kabupaten Nabire. Adapun materinya terdiri dari: penyusunan RPP, silabus, Prota, Prosem, KKM, Standar isi Pendidikan agama katolik, yang disampaikan oleh Gregorius S. Laga, S.Si., dan Cara mengisi Kisi-Kisi Soal Mata Pelajaran Agama Katolik Untuk Ujian Akhir Semester Genap tahun Ajaran 2013/2014 oleh Doominikus Lokoobal.

(Boma/Ocep)

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240