INFO NABIRE

Perjuangan Otsus Plus Diklaim Sudah Sesuai Aspirasi Rakyat Papua

Last modified on 2014-09-19 10:22:46 GMT. 0 comments. Top.

1

Sejumlah tokoh asal Papua menyatakan jika perjuangan untuk mengesahkan Rancangan Undang-Undang Pemerintahan Otonomi Khusus Bagi Provinsi di Tanah Papua (RUU Otsus Plus) sudah sesuai keinginan dan aspirasi dari seluruh rakyat Papua.

Hal ini juga untuk menepis pernyataan Ketua Fraksi Pikiran Rakyat DPRP, Yan Mandenas yang menyebutkan, RUU Otsus Plus bukan merupakan aspirasi dari seluruh masyarakat asli Papua.

Setidaknya ada tiga tokoh yang mengomentari pernyataan Yan Mandenas, yaitu Ketua MRP Papua Timotius Murib, Wakil Ketua I DPRP Papua Yunus Wonda, dan Ketua DPRD Kabupaten Nabire Titi Yuliana Warobai Marey.

Ketua DPRD Kabupaten Nabire Titi Yuliana Warobai Marey mengatakan Rombongan Pejabat Papua yang berada di Jakarta tak dibiayai oleh APBD Papua maupun Gubernur.

”Saya minta saudara Yan Mandenas klarifikasi pernyataanya, soal pembiayaan kami pejabat Papua yang ada di Jakarta untuk memperjuangkan dan melobi anggota DPR RI untuk mensahkan RUU Pemerintahan Otsus di Tanah Papua,’’ tegasnya.
Kehadiran sejulah tokoh dan pejabat Papua di Jakarta, ujar Yuliana, untuk mempejuangan nasib masyarakat Papua keturunannya dimasa yang akan datang.

“Saya minta Yan Mandenas klarifikasi pernyataan yang dimuat media cetak, karena ini merupakan pelecehan terhadap kami sebagai wakil daerah, yang diperjuangan kepentingan rakyat Papua. Dan apa yang kami perjuangkan bukan untuk kami, kami ini tinggal menghitung hari akan habis masa jabatan, dan tongkat estafet akan beralih ke generasi berikutnya,’’ jelasnya.

Menurut Yuliana, saat ini masyarakat Papua sedang menunggu perjuangan para wakilnya di Jakarta, dan jika perjuangan ini berhasil, semua lapisan masyarakat akan menikmati apa yang diperjuangankan sekarang, bukan saja gubernur atau para pejabat yang ada sekarang.

“Saya berharap adik/saudara Yan Mandenasn bisa klarifikasi pernyataanya, kami datang memperjuangan draft otsus ini dengan hati yang tulus, kalau dibilang Pemerintah membayar anggota DPR RI, kenapa kita harus susah payah dan membuang-buang waktu datang ke Jakarta, tinggal transfer uang saja, draft ini bisa di sahkan oleh DPR RI,” tegasnya lagi.

Titi Marey Worabay kembali menambahkan, program yang dibuat oleh Gubernur Papua ini harus didukung oleh seluruh masyarakat Papua. “Siapa lagi yang mau dukung bapak Gubernur kalau bukan kita. Cahaya perjuangan yang diperjuangan ini demi kemajuan kesejahteraan masyarakat Papua kedepan,” imbuhnya.

 

Warga Nabire Ditembak OTK Di KM 74 Nabire-Ilaga

Last modified on 2014-09-19 10:21:25 GMT. 0 comments. Top.

1(1)

(Jenazah Korban di RSUD Nabire/Dok.Majalahselangkah)

Seorang warga Nabire bernama Videlis John Agapa (25), tewas ditembak oleh orang tak dikenal (OTK) di Jalan Trans Nabire-Ilaga KM 74, Kabupaten Nabire, Papua, pada Kamis 18 September pukul 19.00 WIT.

“Pelaku hingga saat ini belum diketahui. Polres Nabire telah membentuk tim untuk melakukan penyelidikan terhadap kematian Videlis John Agapa,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Polisi Suistio Pudjo, Jumat (19/9 2014).

Tim tersebut yang dipimpin oleh Kapolres Nabire, AKBP Tagor Hutapea, Kasatreskrim, Kasatintel, dan anggota Polsek dengan jumlah anggota sebanyak 12 orang. Mereka langsung melakukan penyelidikan di lokasi kejadian.

Dari hasil pemeriksaan, ditemukan luka tembak pada dada bagian depan tembus hingga belakang. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan autopsi.

“Dari visum itu akan digunakan sebagai alat bukti Kepolisian untuk menentukan penyebab kematian. Sementara untuk peluru, masih belum ditemukan,” tuturnya.

Berdasarkan informasi di lapangan, insiden itu terjadi saat John Agapa bersama beberapa rekannya melakukan pemalangan di jalan di sekitar lokasi kejadian. Motif pemalangan jalan adalah untuk menarik uang dari warga yang melewati jalan tersebut.

Tiba-tiba mucul dua orang berpakaian preman, melakukan penembakan terhadap korban. Jalan Trans Kilometer 74 ini merupakan sarana transportasi yang sangat vital karena menghubungkan tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Paniai, Kabupaten Nabire, dan Kabupaten Dogiyai.

Bupati Nabire Isaias Douw Minta Warga Nabire Tetap Jaga Situasi Aman & Kondusif

Last modified on 2014-09-18 16:52:19 GMT. 0 comments. Top.

rp_bupati-nabire.jpg

Mendekati Pemilukada Bupata & Wakil Bupati Nabire, Bupati Nabire Isaias Douw meminta warga Nabire tetap tenang dan tidak terpengaruh isu tidak benar dan selalu menjaga situasi keamanan dan ketertiban di kabupaten Nabire.

Menurut Bupati Nabire, saat ini ada anggaran dari beberapa kabupaten tetangga Nabire, seperti Deiyai, Dogiyai, Paniai dan lainnya sudah turun ke Nabire. Bahkan ada beberapa orang ataupun pejabat yang ada di kabupaten-kabupaten tetangga Nabire ini yang jalan untuk urus ini dan itu, dalam pencalonan Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilukada mendatang.

“Saya katakan, masyarakat ambil saja uang-uang atau anggaran yang diberikan itu, entah untuk membangun gereja, aula atau apa saja lainnya, terima saja. Karena uang yang mulai diamburkan oleh orang-orang tertentu ini untuk mencari simpatik masyarakat itu adalah uang untuk rakyat juga. Terpenting masyarakat juga harus pintar-pintar dan pikir baik-baik pula sebelumnya,” tutur Bupati Isaias Douw.

Bicara soal waktunya memang bisa dikatakan terlalu dini, namun kenyataan memang terjadi bahwa ada beberapa orang yang rencana mau maju jadi bupati atau wakil bupati jalan ke tengah-tengah masyarakat. Kumpulkan masyarakat untuk bicara. Ini menurut kami, tidak masalah karena ini tentu ada prosesnya. Yang penting masyarakat bisa menjaga daerah ini tetap aman dan kondusif.

Bupati Nabire Bantah Pengunduran Dirinya Pada Oktober 2014 Mendatang

Last modified on 2014-09-18 16:51:50 GMT. 0 comments. Top.

rp_bupati-nabire.jpg

Mendekati Pemilukada Bupati & Wakil Bupati kabupaten Nabire, Bupati Nabire membantah kera kabar bahwa pada bulan Oktober 2014 nanti, dirinya bersama Wakil Bupati akan mengundurkan diri dan akan diganti caretaker (PJS).

Menurut Isaias, yang menyebutkan hal itu adalah orang yang bersangkutan tidak mengerti dan membaca aturan baru tentang Pemilukada dan Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah serta peraturan lainnya. Orang-orang seperti ini jangan tipu-tipu masyarakat dan alam Nabire ini, karena masyarakat dan alam Nabire itu pasti akan mengetahuinya.

Dijelaskan Isaias, dirinya dan wakil bupati masih jalan atau menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nabire sampai tanggal 5 Mei 2015 mendatang. Sehingga kalaupun misalnya pelaksanaan Pilkada serentak di seluruh Indonesia terlaksana termasuk Kabupaten Nabire, maka kemungkinan masa dirinya menjabat sebagai kepala daerah akan ditambah 6 bulan lagi, yakni sekitar bulan Oktober tahun depan.

Lanjut Bupati Isaias Douw, nanti ini kita akan lihat siapa tahu aturannya ataupun mekanisme akan berubah. Yang pasti, untuk menjawab isu yang berkembang belakangan ini yang menyebutkan akan turun carateker pada bulan Oktober 2014 itu tidak benar. “Itu informasi dari mana, ini yang harus kita cari kebenarannya,” tambahnya lagi.

Upacara Hari Perhubungan Nasional 2014 Di Nabire

Last modified on 2014-09-18 10:54:04 GMT. 0 comments. Top.

a

Dalam rangka memperingati hari perhubungan nasional tahun 2014, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Nabire, bersama dengan instansi lainnya, menggelar upacara bendera di halaman Kantor Perhubungan Laut Samabusa Nabire, Rabu (17/9).

Seusai upacara bendera, peringatan hari perhubungan nasional dilanjutkan dengan penerimaan hadiah oleh peserta yang menjadi pemenang dari perlombaan seni dan olah raga serta perjamuan kasih untuk seluruh peserta yang hadir.

Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Administrasi Pembangunan Pieter Erari, SE, M.Si, mengatakan, peringatan hari perhubungan nasional dengan tema “Melalui peringatan hari perhubungan nasional tahun 2014 kita tingkatkan pembangunan sektor transportasi untuk menuju Indonesia yang semakin maju dan sejahtera” mengingatkan bahwa pembangunan perhubungan harus betul-betul menjadi sarana yang dapat mensejahterakan masyarakat.

“Agar cita-cita tersebut dapat tercapai, saya mengajak segenap insan perhubungan agar terus memantapkan komitmennya untuk bekerja lebih keras dan cerdas dalam melaksanakan program-program pembangunan,” ungkap Menhub.

Menurut Menhub, permasalahan yang dihadapi sektor transportasi semakin kompleks. Permasalahan tentang aksesibilitas dan keterjangkauan, transportasi massal, reformasi sector transportasi dan kepastian regulasi dalam penyelenggaraan transportasi telah menjadi isu yang harus segera diselesaikan.

“Menghadapi berbagai permasalahan tadi, rencana kerja Kementerian Perhubungan tahun 2015 kiranya dapat mengakomodasi penuntasan permasalahan. Untuk itu, segenap insan segenap insan perhubungan dituntut untuk melakukan perubahan sikap dan pola piker menghadapi berbagai tantangan terdepan,” imbau Menhub.

Turut hadir dalam Upacara ini yaitu jajaran Muspida Nabire, Asisten Bidang Pemerintahan Drs.I Wayan Mintaya, para Kepala SKPD, Kepala Kantor Perhubungan Laut Nabire beserta staf dan undangan lain.

Setelah Dipalang Selama 4 Hari, Aktivitas Belajar Mengajar Di SD YPK Paulus Sanoba Kembali Normal

Last modified on 2014-09-17 17:24:59 GMT. 0 comments. Top.

sd ypk paulus

Selama kurang lebih 4 hari sejak 9 s/d 13 september 2014, orangtua murid SD YPK Paulus Sanoba, melakukan pemalangan terhadap sekolah tersebut sebagai aksi protes atas pergantian Kepala Sekolah SD YPK Paulus Sanoba.

Alasan para orangtua murid melakukan pemalangan, dikarenakan Kepala Sekolah yang akan diganti, Dance Rouw S.Sos banyak berjasa bagi pendidikan di kampung Sanoba, apalagi beliau berjasa besar memperjuangkan dibangunnya sekolah SD YPK Paulus Sanoba.

Oleh karena itu, warga ingin tetap mempertahankan Dance Rouw sebagai Kepala Sekolah SD YPK Paulus Sanoba hingga pensiun 2 tahun lagi.

Setelah berkomunikasi dengan para orangtua murid, akhirnya palang sekolah bisa kembali dibuka. Menurut Dance, dirinya berharap agar penggantinya nanti adalah guru SD YPK Paulus Sanoba sendiri sehingga ada pengkaderan pimpinan, dan juga sudah dikenali warga setempat.

Pembagian Kelambu Insektisida Anti Malaria Oleh Wakil Bupati Nabire Di Bumi Raya Nabire

Last modified on 2014-09-17 17:20:33 GMT. 0 comments. Top.

Bupati Nabire diwakili Wakil Bupati Mesak Magai S.Sos, hari ini (15/09) membagikan kelambu insektisida anti malaria di kampung Bumi Raya Distrik Nabire Barat, sebagai bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati berpesan agar warga Bumi Raya selalu menjaga kebershan dan hidup sehat, dan semoga kelambu yang dibagikan bisa mencegah dan mengurangi penyakit malaria di kampung Bumi Raya.

Turut hadir pada acara pembagian kelambu tersebut diantaranya, Kepala Distrik Nabire Barat, Direktur RSUD Nabire, Kepala Dinas kesehatan Nabire, serta tim medis dari Puskesmas.

324 Mahasiswa Poltekes Kemenkes Jayapura Kelas Nabire Diwisuda

Last modified on 2014-09-17 11:03:14 GMT. 0 comments. Top.

Bertempat di Aula Maranatha Malompo Nabire, diadakan wisuda bagi 324 mahasiswa ahli madya keperawatan dan kebidanan Poltekes Kemenkes Jayapura kelas Nabire, selasa (17/09).

Direktur Poltekes Kemenkes Jayapura, Isak JH Tukayo dalam sambutannya mengatakan, Poltekes Kemenkes Jayapua adalah perguruan tinggi yang merupakan unit pelaksana teknis dari Kementerian Kesehatan.

Saat ini sudah ada 6 jurusan dan 19 prodi. Hingga tahun 2014, Poltekes Kemenkes Jayapura telah meluluskan 11.500 lulusan tenaga profesional yang telah mengabadikan diri di bumi papua dan diluar papua.

Diharapkan Direktur Poltekes Kemenkes Jayapura, para mahasiswa yang mengikuti wisuda kali ini bisa menjadi pribadi yang tangguh, sehingga nantinya pada saat terjun ke pekerjaannya, dapat melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

Di akhir acara, dibagikan penghargaan kepada para mahasiswa yang berprestasi. Di akhir wisuda dibacakan surat keputusan, pembacaan salinan ijazah, dan penandatanganan sumpah janji dari Kepala Dinkes Nabire, Yulian Agapa, dan dilanjutkan penyematan pin profesi.

Peresmian Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Nabire

Last modified on 2014-09-17 11:01:02 GMT. 0 comments. Top.

Bupati Nabire Isaias Douw, diwakili Staf Ahli Bidang Hukum & Politik kabupaten Nabire, Drs,I Pilatus Sem Waromi,MM, meresmikan Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Nabire, jl Soerojotanodjo, selasa (17/09).

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan P.S Waromi, dikatakan, pendidikan dan agama memiliki peran dan fungsi strategis dalam peningkatan SDM sesuai visi dan misi kabupaten Nabire yaitu mewujudkan masyarakat berkeadilan, sejahtera, makmur dan mandiri, dan akan terus meningkatkan layanan pendidikan dan tenaga pendidik dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi sesuai RPJM kabupaten Nabire 2011-2015.

Bupati Nabire dalam sambutannya juga berharap agar STAK Nabire selalu berpegang teguh pada tujuannya yaitu mengajarkan nilai-nilai agama dan menghasilkan SDM yang berkualitas.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama kabupaten Nabire, Reki Lumentah S.Pd, dalam sambutanya mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kehadiran STAK Nabire karena kehadiran STAK Nabire sagat membantu pemerintah dalam pengembangan sumber daya manusia.

Acara juga diawali dengan ibadah singkat yang dipimpin langsung oleh Ketua Sinode gereja Kemah Injil Kingmi di Tanah papua, Pdt Beny Giay.

 

 

Guru PNS Jarang Melaksanakan Tugas, Proses Belajar Mengajar Di SD Negeri Sima Distrik Yaur Nabire Terbengkalai

Last modified on 2014-09-17 10:59:30 GMT. 0 comments. Top.

1

Pendidikan sering menjadi kampanye bahkan dijadikan visi dan misi bagi setiap figure-figure bakal calon Politik (Pilpres,Pilgub dan Bupati) dan hal-hal politik lainya. Namun ketika mereka terpilih, hampir 45% program yang dicanangkan tidak diterapkan kepada sebuah wilayah yang dipimpin dan masyarakatnya.

Pendidikan dikampung sima distrik yaur, hingga kini jauh dari kontrol pemerintah. Sejak tahun 2009 hingga 2014, SD Negeri Sima tidak berjalan dengan baik,akibat kurangnya tenaga mengajar (Guru) dan kepemimpinan Kepala Sekolah yang tidak menjalankan tugas.

Tenaga guru yang kini mengajar di SD Negeri Sima hanya satu orang, itupun tenaga honorer yang diperbantukan oleh pihak PT.Nabire Baru (Perusahaan Sawit). Sedangkan guru resmi yang ber-SK tugas Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kepala Sekolah sudah Tiga Tahun tak menjalangkan tugas.

Hal ini berdampak kepada proses pendidikan di Kampung sima, “Marinus Sondokou” Guru honorer yang diperbantukan oleh sawit, mengetakan bahwa; saya sudah mengabdikan diri selama 4 tahun disini (SD Negeri Sima), namun banyak pesoalan yang terjadi di SD ini, guru-guru Ber-SK tidak ada yang mengajar, Kepala Sekolah tidak ada yang ada di tempat, ini membuat, anak-anak murid mengalami kesulitan dalam; membaca,menulis dan menghitung.

Marinus Sondokou meminta untuk pemerintah daerah dalam hal ini bupati,dinas pendidikan dan intasnsi-intansi terkait memperhatikan dan mendorong proses belajar mengajar di SD Negeri Sima bisa berjalan dengan baik, dan memberlakukan sisitim mengajar sesuai kurikulum yang berlaku.

Sekedar informasi, sudah lima tahun SD Negeri Sima proses pendidikanya tidak berjalan dengan baik, kepala sekolah yang sebagai penanggung jawab tidak hadir selama tiga tahun. Ironisnya anak-anak siswa dari kelas 1 hingga kelas 6, belum mengenal menulis,membaca dan menghitung dengan baik. Padahal potensi alam masyarakat kampung sima/suku besar yerisiam turut membantu Inkam APBD daerah nabire lewat, hasil hutan dan investasi sawitnya.

(Papales)

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295