INFO NABIRE

Pelatihan Dasar Teknik Penulisan Oleh Generasi Bintang Timur Di Nabire

Last modified on 2014-07-27 11:52:53 GMT. 0 comments. Top.

111

Generasi Pelurus Bangsa Bintang Timur sukses menggelar pelatihan dasar-dasar teknik penulisan yang  dibawakan oleh Aten Pekei pada hari jumat (26/07/2014). Pelatihan tersebut dimulai pukul 16.30 Wit hingga selesai bertempat di Sekretariat Bintang Timur, jalan SMK Negeri 1 Nabire.

Dalam pelatihan tersebut, terdapat enam metode yang dipaparkan, diantaranya Pemakaian Huruf Kapital dan Huruf Miring, Penulisan Kata, Pemakaian Tanda Baca, Materi Tambahan, Penulisan dan Penanda Kutipan, serta Tanda Petik.

Pelatihan ini sendiri diikuti beberapa peserta anggota Bintang Timur.

Di akhir materi, Aten Pekei membuka ruang diskusi dan tanya jawab serta share pengelamannya ketika belajar menulis.

“Intinya, kita mencintai tulisan dan mencintai membaca agar mempermudah kita dalam penulisan seperti kita mencintai pacar kita.” Ujar Pekei akhir diskusi.

“Harapan saya semoga kedepannya dengan pelatihan yang tadi yang saya berikan semoga dapat memberikan sedikit pencerahan tentang dasar-dasar penulisan, sehingga ke depannya mereka bisa mencintai tulisan, membaca, hingga akhirnya bias menulis.” Tegas Pekei seusai pelatihan.

Dengan senang hati, Maikel Mote salah seorang anggota Bintang Timur mengapresiasi adanya kegiatan ini.

“Dengan melalui pelatihan ini, nanti ke depannya itu kami akan berusaha untuk mediasi masalah-masalah yang terjadi di Nabire.” Tegas Mote lebih lanjut.

(Blackkoteka)

Gerakan Credit Union Solus Populi Di Paroki Kristus Raja Nabire

Last modified on 2014-07-27 06:25:31 GMT. 2 comments. Top.

kristus raja

Sebagai wujud keprihatinan dan kepedulian gereja terhadap kaum kecil, lemah, miskin dan terpinggirkan, Keuskupan Timika melalui komisi pengembangan sosial ekonomi telah menyerukan giat gerakan Credit Union di seluruh paroki di wilayah kegembalaan Keuskupan Timika. Program ini dilakukan dengan strategi 3M, yakni Melibatkan, Mengembangkan dan Mencerdaskan.

Paroki Kristus Raja Nabire yang merupakan bagian dari wilayah kegembalaan dari Keuskupan Timika, turut mengambil bagian dalam program ini. Pengurus inti Dewan Paroki sebagai team penggagas Credit Union. Program ini dideklarasikan pada tanggal 11 Oktober 2013 di Paroki Kristus Raja Nabire yang diberi nama Solus Populi yang berarti Tempat Kesejahteraan.

“Credit Union Solus Populi dari proses awal sampai pada perkembangannya saat ini banyak mengalami suka dan duka serta dapat tantangan yang cukup berarti. Manakala diperhadapkan dengan berbagai macam persoalan, baik persoalan SDM, tenaga kerja, fasilitas dan tidak kalah pentingnya modal keuangan dan upaya meningkatkan kepercayaan umat akan integritas dan eksitensi dari gerakan Credit Union,” kata Ketua Dewan Paroki Kristus Raja Nabire, Matheus Matruty, S.Sos pada pembukaan Pendidikan Dasar bagi anggota Credit Union Solus Populi Nabire, Sabtu lalu (19/07/2014).

Dalam ikatan team dengan memaknai semangat akan pengorbanan dalam setiap langkah dengan sabar dan penuh kasih demi meraih cita-cita untuk mewujudkan kesejahteraan bersama bagi seluruh umat dan masyarakat. Maka semangat gerakan Credit Union ini terus dan terus digalakan dengan berbagai macam cara.

Utamanya melalui pendidikan dan penyuluhan yang dilaksanakan di gereja dan di komunitas-komunitas basis Paroki Kristus Raja Nabire. Sehingga kini semangat yang sama terus digalakan dan dikobarkan oleh badan pengurus Credit Union Solus Populi dengan upaya meningkatkan profesionalisme pengurus dan anggotanya.

Sekedar info, Credit Union berasal dari Bahasa Latin yang berarti kumpulan/kesatuan yang juga berati mengikat diri dalam suatu kesatuan. Credit Union adalah badan usaha yang dimiliki sekumpulan orang yang saling percaya dalam ikatan pemersatu, yang bersepakat untuk menabungkan uang mereka. Sehingga menciptakan modal bersama untuk dipinjamkan di antara sesama dengan bunga yang layak untuk tujuan produktif dan kesejahteraan.

Sehingga prinsip utama dalam membangun Credit Union adalah tabungan hanya dapat diperoleh dari anggotanya secara swadaya. Pinjaman hanya diberikan kepada anggotanya saja dan jaminan terbaik si peminjam adalah watak si peminjam itu sendiri.

Dengan demikian perlu adanya pendidikan agar Credit Union akan berkembang melalui pendidikan dan tergantung dari pendidikan. Oleh karena itu setiap calon anggota (masyarakat) yang akan bergabung dengan CU wajib mengikuti pendidikan dasar. Karena tujuan pendidikan adalah untuk mengenal dan memperdalam seluk beluk Credit Union, penyamaan visi misi sebagai anggota Credit Union, perubahan–perubahan aspek mental, emosional, perubahan prinsip dan paradigma hidup.

Kemungkinan Pendaftaran CPNS 2014 Agustus ?

Last modified on 2014-07-27 06:19:06 GMT. 0 comments. Top.

index

Informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), di akhir Agustus tahun ini akan dibuka formasi CPNS. Terkait hal ini, Kemenpan-RB meminta para pejabat pembina kepegawaian (PPK) baik pusat maupun daerah untuk segera menyampaikan rincian usulan tambahan formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya CPNS kepada Menteri PANRB dengan tembusan kepada Kepala BKN paling lambat tanggal 24 Juli 2014.

Saat dikonfirmasi terkait penerimaan CPNS formasi 2014, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Nabire, Petrus Agapa, menegaskan bahwa pihaknya tengah berkonsentrasi untuk menuntaskan CPNS formasi 2013. Saat ini saja, lanjut Petrus, kita belum mengumumkan hasil seleksi CPNS formasi 2013.

“Kita selesaikan dulu CPNS formasi 2013. Jangan sampai yang ini belum selesai baru kita harus urus lagi formasi tahun berikutnya, kasihan mereka yang sudah daftar tapi belum diumumkan,” tambahnya.

Data yang dihimpun dari sejumlah sumber menyebutkanKemenpan-RB meminta para pejabat pembina kepegawaian (PPK) baik pusat maupun daerah untuk segera menyampaikan rincian usulan tambahan formasi aparatur sipil negara (ASN) khususnya CPNS kepada Menteri PANRB dengan tembusan kepada Kepala BKN paling lambat tanggal 24 Juli 2014.

Deputi Sumberdaya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, rincian usulan tersebut diperlukan agar  penetapan dan persetujuan rincian formasi CPNS oleh Menteri PANRB kepada instansi dapat dilaksanakan sesuai jadwal, yakni minggu kedua Agustus 2014.

Diharapkan jadwal itu bisa ditepati, sehingga instansi yang membuka formasi CPNS, dapat mengumumkan lowongan formasi antara tanggal 11 sampai 24 Agustus 2014. “Tahapan berikutnya adalah pendaftaran secara online, melalui portal nasional http://panselnas.menpan.go.id pada tanggal 25-29 Agustus 2014,” ujarnya di Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut diungkapkan, sesuai jadwal sementara, pelaksanaan seleksi CPNS baik tes kemampuan dasar (TKD) maupun tes kemampuan bidang (TKB) bagi instansi yang menyelenggarakan, akan dimulai tanggal 1 September 2014 sampai dengan selesai. Semua instansi yang menyelenggarakan seleksi CPNS tahun ini menggunakan sistem computer assisted test atau CAT. Lamanya pelaksanaannya tergantung jumlah pelamar dan kapasitas instalasi CAT yang ada.

Bagi instansi yang telah selesai mengadakan tes, lanjut Setiawan, dapat langsung menyerahkan hasil TKD kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Selanjutnya, Panselnas akan menyampaikan hasil TKD dan hasil integrasi TKB kepada instansi, satu minggu setelah instansi menyampaikan hasil TKD dan TKB ke Panselnas. “Dua hari setelah menerima hasil TKD dan hasil integrasi TKD dan TKB dari Panselnas, instansi segera membuat Surat Keterangan Kelulusan yang ditandatangani Pejabat Pembina Kepegawaian, dan hasilnya disampaikan kembali kepada Panselnas dan BKN,” imbuhnya.

Setelah itu, instansi wajib mengumumkan secara terbuka peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS tahun 2014 melalui media online atau media cetak. “Jadwal ini masih bersifat sementara, dan sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan perkembangan,” ujar Setiawan.

Pelamar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini akan dipermudah dengan sistem pendaftaran online. Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja saat rapat persiapan pengadaan CPNS tahun 2014 di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Rabu (16/07). “Kita berupaya mempermudah dan tidak memusingkan pelamar dengan sistem pendaftaran online ini,” ujarnya.

Pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait dengan proses pendaftaran rseleksi CPNS yang terintegrasi. Pelamar dapat membuka portal nasional http://panselnas.menpan.go.id untuk mendaftar seleksi CPNS.

“Pelamar cukup meng-entry Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, dan email. Lalu memilih instansi yang dilamar,” jelas Direktur Pengolahan Data Iwan Hermanto Soetjipto. Setelah memasukkan syarat yang diperlukan, pelamar akan mendapatkan username dan password untuk membuka portal pendaftaran online SSCN BKN atau portal dari masing-masing instansi. “Tidak bisa mendaftar langsung ke portal instansi masing-masing jika belum mendaftar ke portal nasional,” Iwan menambahkan.

“Banyak formasi kosong yang ditinggalkan karena tahun kemarin pendaftaran tidak secara online dan terintegrasi ” jelas Asdep Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Arizal. Hal ini karena para pelamar banyak yang lulus lebih dari satu instansi.

(Papuaposnabire)

Kepala BLH Nabire : Mari jaga Kelestarian Alam

Last modified on 2014-07-26 16:54:39 GMT. 0 comments. Top.

3

Hutan adalah bagian dari kehidupan manusia yang dapat menyediakan berbagai kebutuhan manusia untuk mengola dan dimanfaatkan. karena itu masyarakat diharapkan menjaga kelestarian alam dimana kita berada karena alam memberikan manfaat besar. Untuk itu setiap manusia harus melakukan reboisasi untuk dapat menanam pohon satu orang satu pohon.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Nabire Klemens Danomira, S.Sos, jumat (25/7). Mengingat pentingnya pohon karena pohon memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia.  “Mari kita menjaga lingkungan,  kita lestarikan alam kita. Jangan lupa menanam pohon karena dengan menanam pohon  sangat menentukan anak – anak cucu kita kedepan dan dengan menanam pohon banyak fungsi,” ujar Klemens.

Karenanya dirinya berharap setiap manusia yang ada di daerah ini menjaga alam dengan  menanam pohon di lingkungan masing – masing. Karena pohon mempunyai fungsi yang bermanfaat terutama sebagai  tempat dimana manusia berteduh,  tetapi yang lebih utama yang dinamakan  pohon itu sebagai bank air untuk dapat menghasil air untuk manusia dapat manfaatkan.

Selain itu pohon juga  memberikan oksigen bagi kita manusia  sehingga manusia dapat memberikan pohon itu hidup karena ketika pohon hidup maka pohon itu memberikan kehidupan bagi manusia. “ Manfaat lain adalah bahwa pohon juga mentapis udara kotor. Misalnya debu ketika kita tanam pohon maka debu akan serap oleh daun – daun jika itu tidak maka akan mengganggu ketenangan dan kehidupan manusia. Seperti pilek dan lain – lain,”ujarnya.

Sisi lain ketika manusia tidak melestarikan alam, lanjutnya,  maka akan ada erosi untuk merusak alam sekitar dan membuat tanah menjadi tandus. Oleh karenanya setiap orang diharapkan dapat menjaga kelestarian alam .

“Tuhan sudah berikan sumber daya alam  kekayaan yang begitu luar biasa tetapi kita lebih condong merusak  dari pada menjaga dan melestarikan. Oleh sebab itu saya mengimbau kepada semua lapisan masyarakat bahwa mari kita menjaga lingkungan masing–masing mulai dari tempat kita tinggal. Sehingga akan berdampak dan dapat mempengaruhi pada lingkungan yang lebih luas. Ketika melakukan hal begitu maka anak–anak cucu kita merasa hidup dengan aman, tenang untuk menikmati hidup ini,”ujar Klemens.

Dinas Peternakan Nabire Tetapkan Harga Daging Sapi Bagi Para Penjagal Sapi Di Nabire

Last modified on 2014-07-26 12:26:02 GMT. 0 comments. Top.

111

(Los daging Pasar Kalibobo)

Untuk mengantisipasi kenaikan harga daging sapi di kabupaten Nabire, maka Dinas Peternakan kabupaten Nabire menghimbau kepada para koordinatir penjagal /pemotong sapi di Nabire untuk menyesuaikan harga sesuai dengan ketetapan harga yang ditetapkan oleh Dinas Peternakan Nabire.

Mengingat akan besarnya kebutuhan dari warga Nabire untuk mengkomsumsi daging sapi, maka Dinas Peternakan Nabire sendiri menetapkan harga daging sapi yang nantinya akan berlaku di seluruh Nabire baik itu di Pasar Kalibobo, Pasar Karang Tumaritis, dan Pasar Bumi Wonorejo Nabire.

Berikut penetapan harga daging sapi dari Dinas Peternakan Nabire :

– Harga daging sapi 140 rb/kg

– Harga hati sapi 140 rb/kg

– Harga tulang sapi 100 rb/kg

– Harga paruh sapi 100 rb/kg

– Harga Babat (usus) sapi 80 rb/kg

– Harga Rawon 120 rb/kg

Jelang H -2, Pasar Kalibobo Dipadati Pengunjung & Pedagang Musiman

Last modified on 2014-07-26 12:05:55 GMT. 0 comments. Top.

PS-Kalibobo

Memasuki H -2 pelaksanaan hari raya Idul Fitri 1435 H, suasana di Pasar Sentral Kalibobo Nabire dipadati oleh para pedagang musiman serta para pengunjung.

Pedagang musiman tersebut diantaranya ibu-ibu yang menjual rempah-rempah, ketupat lebaran, sayu-mayur, serta beragam buah. Tentunya bagi ibu rumah tangga, hal ini juga bisa memberikan keuntungan kepada keluarga, karena menjelang lebaran warga kota Nabire banyak mencari kebutuhan rumah tangga.

Kondisi Pasar Sentral Kalibobo pada hari sabtu pagi tadi (26/07/2014) sangat padat, seperti los sayur-mayur yang tidak dapat menampung lagi penjual musiman untuk berdagang, akibatnya para pedagang musiman ini berdagang sampai ke pinggir jalan.

Gempa 4.0 SR Guncang Nabire Sabtu Siang

Last modified on 2014-07-26 12:00:06 GMT. 0 comments. Top.

3

Gempa berkekuatan 4,0 Skala Ritcher mengguncang Nabire Papua, sabtu siang (26/07/2014) sekitar pukul 12.34 Wit tadi. Adapun pusat gempa berada di daratan dengan kedalaman 151 kilometer sebelah utara Enarotali Paniai.

Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami, dan gempa tidak terlalu dirasakan warga karena berskala kecil.

(Google Earthquake Map)

 

drg Aloysius Giay : Fungsi UP2KP Untuk Mengawasi Peran Praktisi Kesehatan

Last modified on 2014-07-26 11:54:42 GMT. 0 comments. Top.

b

Salah satu penyumbang kematian terbesar di Papua berasal dari wilayah pegunungan tengah atau MEEPAGO (Nabire, Dogiyai, Paniai, Deiyai, dan Intan Jaya), hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg Aloysius Giay, saat memberikan pengarahan kepada Tim UP2KP di Nabire belum lama ini.

Menurut drg Aloysius Giay, hal ini dikarenakan para praktisi kesehatan yang kurang sungguh-sungguh melaksanakan tugasnya. Guna mengatasi kondisi tersebut, harus ada yang mengawasi hal ini, oleh karena itu UP2KP yang dibentuk Gubernur Provinsi Papua akan bertugas mengawal dan mengontrol program kerja serta mencarikan solusi bagi Puskesmas, Rumah Sakit, LSM Kesehatan.

Dijelaskan drg Aloysius Giay, UP2KP yang menjalankan tugasnya tersebut, lembaga non struktural ini langsung bertanggung jawab kepada Gubernur Provinsi Papua.

(Alexader Saudilla/RRI Nabire)

Penyerahan Bantuan Tong Sampah Dari BLH Nabire Kepada Kemenag Nabire

Last modified on 2014-07-25 10:09:41 GMT. 0 comments. Top.

111

Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Nabire melalui kegiatan Pembagian I unit Kotak Tempat Sampah Kepada seluruh SKPD dan Tempat-tempat Rumah Ibadah se- Kabupaten Nabire,memiliki tujuan agar dengan bantuan tersebut seluruh masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya karena hal ini merupakan hal yang mutlak dilakukan seumpama dengan mengusir penyakit dari diri kita, agar lingkungan yang kita diami serasa sejuk bersih dan nyaman maka aktifitas kita bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Drs.Y.Y.Y Rarawi selaku kasubag bidang Analisa Dampak Lingkungan Hidup, saat menyerahkan Bantuannya mengatakan bahwa kebersihan adalah pangkal dari pada kesehatan dan modal utama yang harus kita lakukan dan turut bersama-sama dalam membuka Isolasi Daerah untuk mewujudkan Nabire Makmur dan Mandiri serta meningkatkan Taraf hidup Masyarakat dengan memberdayakan Potensi Sumber daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berguna bagi nusa dan bangsa sesuai dengan Visi Misi Kabupaten Nabire, di kesempatan itu juga rasa ucapan terima kasih atas bantuan tempat kotak sampah yang diberikan untuk kantor kementerian Agama Kabupaten Nabire terucap dari mulut Kepala kasubag Tata Usaha Wellem Boga pada saat menerima bantuan tersebut dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Nabire melalui Kabid Andal dan Sengketa Lingkungan hidup selanjutnya serah terima barang di tanda tangani oleh Alexsander, S.Sos.

Penyerahan Kotak Tempat sampah tersebut dilaksanakan di depan ruang kerja Bimas Kristen Kantor Kementerian Agama kabupaten nabire pada jam 09.30, maksud dan tujuannya agar dapat menciptakan Nabire yang bersih Aman dan damai serta sejahtera, yang dilaksanakan pada hari Kamis, 24 Juli 2014 berjalan Aman dan lancar, dengan jumlah peserta terdiri dari 3 orang pelaksana Pada Kantor Badan lingkungan hidup disaksikan oleh sejumlah kayawan karyawati pada Kantor kementerian Kabupaten Nabire

 

Isaias Douw : Untuk Memberantas Kemiskinan, Pemerintah Berupaya Membuka Lapangan Kerja

Last modified on 2014-07-25 05:47:23 GMT. 0 comments. Top.

111

Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos, berujar bahwa untuk memberantas kemiskinan salah satu upaya yang harus dilakukan ialah membuka lapangan kerja. Dirinya melihat saat ini cukup banyak jumlah pengangguran yang bertumpuk di ibukota kabupaten mendorong pihaknya untuk berusaha memangkas angka pengangguran.

Saat ini pemerintah telah membuka ijin bagi pengolahan kelapa sawit di Kampung Sima, yang dapat menyerap jumlah tenaga kerja yang cukup banyak. Selain itu, setiap tahunnya pemeritah juga membuka penerimaan CPNS serta mengangkat pegawai honorer kategori I dan II.

“Demikian juga dengan anak – anak ataupun pemuda yang kesehariannya selalu di terminal Oyehe dan karang Tumaritis Nabire. Sehingga dalam agenda besar keagamaan kami selalu libatkan mereka dalam sejumlah kegiatan yang tentunya positif. Sebab kita telah megetahui bahwa teman – teman yang minum, habiskan waktu di terminal itu mereka bukan penjahat, mereka bukan tidak mampu kerja, tetapi mereka melakukan hal tersebut karena tidak ada kesempatan untuk mereka kerja,”ujarnya kepada Bintang Papua, Kamis (24/6).

Sejalan dengan pemikiran ini, bahwa UU Otsus yang berbicara tentang keaslian orang Papua dan agar menjadi tuan diatas negeri sendiri itulah yang melatarbelakangi perekrutan tenaga kerja terus didorong. Tetapi pada umumnya dalam perekrutan itu tidak memandang, suku, ras dan agama. Dalam perekrutan mengutamakan kasih sehingga tidak memandang entah orang Papua maupun pendatang semua orang Nabire dan semua ini sama dihadapan Tuhan, kata Bupati.

“Anak – anak yang biasa tinggal di terminal ini yang saya angkat pegawai. Karena saya tahu bahwa mereka bukan bujang tetapi mereka ini punya istri dan punya anak 2 hingga 3 orang dan mereka ada tunggu di rumah,” tutur Isaias.

Karena itu dirinya yakin bahwa mereka yang sering di terminal sekarang bukan lagi anak – anak yang dari Nabire tetapi mereka yang baru berdatangan dari daerah lain.

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277