INFO NABIRE

Sosok Daniel Alexander, Tinggalkan Australia Demi Memajukan Pendidikan Di Papua

Last modified on 2014-03-27 16:26:35 GMT. 0 comments. Top.

Demi memajukan pendidikan di Papua, Daniel Alexander rela meninggalkan segala kemapanan hidupnya di Australia untuk kemajuan Papua. Dinilai jauh tertinggal dari provinsi lainnya di Indonesia, jadi tekad bulat sosok Daniel Alexander melayani anak-anak Papua.

Bersama istrinya Lucy Luise Tanudjaja, mereka berdua bertekad dengan satu misi, pendidikan dan anak-anak di Papua. Satu per satu anak-anak di suku-suku pedalaman di Papua dijemputnya dan dijadikan siswa taman kanak-kanak yang ia bangun awalnya di Sugapa.

Sepintas, itu pekerjaan mudah. Tapi faktanya tak sesederhana yang dibayangkan. Kebanyakan orangtua menentang ide Daniel. Dari satu desa, Daniel meluaskan misinya ke desa lain. Bersama Yayasan Anak Indonesia, dia berhasil membangun sejumlah TK. Menyusul sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas. Semua dengan sistem asrama dan menerapkan kurikulum internasional.

SMA Anak Panah di Nabire yang didirikan Daniel kini menjadi kebanggaan warga Papua. Angkatan pertama anak asuh Daniel banyak mendapat beasiswa pendidikan tinggi di sejumlah kampus di Pulau Jawa. Daniel, pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 22 Maret 1956 ini, bertekad terus membangun mimpi-mimpi indahnya tentang tanah Papua lewat dunia pendidikan. Daniel yakin hanya dengan berbekal pendidikan, anak-anak Papua nantinya bisa mensejahterakan kampung halamannya.

Bimbingan Teknis Pelaksanaan Pemilu Legislatif Untuk PPS Distrik Teluk Kimi Nabire

Last modified on 2014-03-27 16:27:04 GMT. 0 comments. Top.

1

Kepala Distrik Teluk Kimi, Samuel Rumayauw, membuka Bimbingan Teknis dalam rangka pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014. Kegiatan ini diikuti Panitia Pemungutan Suara se-Distrik Teluk Kimi, yang berlangsung di Kantor Distrik Teluk Kimi, senin 24 maret 2014.

Menurut Ketua PPD Distrik Teluk Kimi, S Daundy, kegiatan ini mempunyai arti penting sebagai pembekalan para penyelenggara Pemilu Legislatif 2014, agar dalam melaksanakan kegiata bisa berjalan dengan baik dan sukses. Diharapkan para peserta kegiatan bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik agar dalam pelaksanaannya tidak ada permasalahan.

Sementara itu Kepala Distrik Teluk Kimi, yang juga Sekretaris PPD Teluk Kimi, Samuel Rumayauw, meminta agar para petugas PPS untuk menjalakan proses Pemilu 9 April 2014 sesuai dengan aturan yang ada.

Dinas Kesehatan Nabire Akan Mengadakan Pertemuan Terkait Peraturan BPOM Tahun 2014

Last modified on 2014-03-27 16:27:08 GMT. 0 comments. Top.

Bidang Seksi Keinformasian Makanan & Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Nabire, akan melakukan pertemuan terkait dengan adanya peraturan Badan Pengawasan Obat & Makanan RI (BPOM) tahun 2014.

Terkait beberapa temuan barang-barang kadaluarsa seperti kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, makanan kaleng, dan obat-obatan, Bidang Seksi Keinformasian Makanan & Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Nabire melakukan pengawasan dan pemeriksaan setiap 3 bulan sekali langsung ke sasaran seperti toko, kios, kantin, apotik, dan tempat-tempat yang diduga menjual barang-barang kadaluarsa. Setiap pemeriksaan selalu dilengkapi dengan berita acara.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Keinformasian Makanan & Kesehatan Khusus Dinas Kesehatan Nabire, Jefry T. Ditambahkan Jefry, terkait dengan pengawasan di Depot air minum yang ada di Nabire, ada 81 depot, dan pemeriksaan sampel air minum di depot-depot tersebut 2 kali dalam setahun. Sampel air minum hasil pemeriksaan akan dibawa ke Jayapura, jika memenuhi syarat maka akan diterbitkan rekomendasi, sedangkan jika tidak memenuhi syarat akan ditegur dan dibina.

Terkait hal-hal diatas, pihak Dinas Kesehatan akan mengadakan pertemuan pada hari rabu 26 maret 2014 bertempat di ruang pertemuan Dinas Kesehatan jalan Merdeka Nabire, sehubungan dengan adanya peraturan Kepala BPOM RI tahun 2012 yang mengatur tentang sertifikasi produk dan industri rumah tangga, cara produksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga, serta tata cara pemeriksaan bahan industri rumah tangga.

Jadwal Penilaian Perlombaan Kampung & Kelurahan Di Nabire

Last modified on 2014-03-27 16:27:59 GMT. 0 comments. Top.

1

Dalam rangka perlombaan kampung dan kelurahan di wilayah kabupaten Nabire, tim penilai akan melakukan penilaian ke kampung kampung mulai 1 april 2014. Tim Penilai perlombaan kampung yang melibatkan tim dari BPMK kabupaten Nabire ini akan dibagi menjadi 3 kelompok.

Kelompok pertama akan melakukan penilaian di desa Kaladiri Distrik Wanggar pada hari selasa 1 april, kelompok 2 akan melakukan penilaian di kampung Kimi Distrik Teluk Kimi, dan kelompok 3 di kampung Kalisemen Distrik Nabire Barat.

Hari rabu 2 april, kelompok 1 akan melakukan penilaian di kampung Napan Distrik Napan, kelompok di kamping Moor Distrik Moora dan kelompok 3 di kampung Konoupi Distrik Menou.

Hari kamis 3 april, kelompok 1 melakukan penilaian di kampung Tototberi Distrik Wapoga, kelompok 2 di kampung Yerituar Distrik Teluk Umar, dan kelompok 3 di Kampung Yaur Distrik Teluk Umar.

Hari Senin 7 April, kelompok 1 akan melakukan penilaian di Kampung Lagari Jaya Distrik Makimi, hari selasa 8 april penilaian dilanjutkan di Kampung Ugida Distrik Siriwo.

Senin 14 april dilanjutkan di kampung Jayamukti Distrik Yaro, selasa 15 april di kampung Margajaya Distrik Uwapa, dan hari rabu 16 april di kampung Sanoba Distrik Nabire.

Pemerintah Nabire Akan Mengadakan Perlombaan Kampung & Kelurahan

Last modified on 2014-03-27 16:28:07 GMT. 0 comments. Top.

1

Pemerintah Nabire akan mengadakan perlombaan kampung dan kelurahan yang ada di wilayah Nabire untuk tahun 2014. Hal ini bertujuan untuk memberi apresiasi kepada pemerintahan dan warga kampung serta kelurahan , dan juga dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Perlombaan kampung dan kelurahan di wilayah kabupaten Nabire ini, akan diikuti oleh 14 kampung dan 1 kelurahan dengan cakupan 14 Distrik di Nabire , dengan indikator penilaian meliputi beberapa bidang, diantaranya bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang ekonomi masyarakat, bidang keamanan masyarakat, bidang partisipasi masyarakat, bidang pemerintahan kampung dan kelurahan, dan bidang pemberdayaan masyarakat.

Sementara penilaian dilakukan dengan melihat kondisi kampung selama 2 tahun terakhir, dan dilakukan secara berkelanjutan mulai dari tingkat distrik, kabupaten, provinsi, hingga tingkat nasional.  Juara pertama perlombaan kampung dan kelurahan tingkat kabupaten adalah kampung atau kelurahan yang meraih skor tertinggi sesuai indikator penilaian yang sudah ditetapkan panitia.

Adapun perlombaan kampung yang melibatkan tim dari BPMK kabupaten Nabire ini akan dimulai pada tanggal 1 april dan tim penilai dibagi menjadi 3 kelompok.

HUT Yayasan Kemala Bhayangkari Yang Ke 34, TK Kemala Bhayangkari 16 Nabire Adakan Berbagai Lomba

Last modified on 2014-03-27 16:28:42 GMT. 0 comments. Top.

3

Berbagai lomba diadakan oleh TK Kemala Bhayangkari 16 Nabire, Papua, di jalan Sriwijaya Kotalama Nabire. Lomba yang digelar diantaranya lomba Fashion Show dan lomba pemilihan Presiden. Lomba ini dalam rangka HUT Yayasan Kemala Bhayangkari yang ke 34

Adapun tujuan diadakannya kegiatan-kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pelajaran, pengetahuan dan penanaman demokrasi kepada anak-anak sejak usia dini.

4

Pada lomba fashion show, muid-murid TK baik putra maupun putri memamerkan berbagai busana serta gaya. Disamping itu juga ada pembacaan puisi dan tari-tarian.

2

Setelah itu, anak-anak berkumpul dan mereka mendapat simulasi pemilihan di TPS, mulai dari pengenalan surat suara, pencobolosan hingga melakukan kampanye. Setelah itu seluruh siswa mengikuti lomba pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Siswa yang memenangkan lomba akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden TK Kemala Bhayangkari 16 Nabire.

1

Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari, yang adalah istri dari Kapolres Nabire, Judith Hutapea, berharap kegiatan itu dapat mendukung wujud demokrasi di Indonesia. Tak hanya itu, sekolah pun menggelar lomba merwarna gambar, baca puisi, dan parade busana.

Jelang Raker, DPD AMPI Nabire Adakan Pertemuan Di Rado

Last modified on 2014-03-27 16:29:00 GMT. 0 comments. Top.

Dewan Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Nabire mengadakan pertemuan DPD AMPI kabupaten Nabire, bertempat di rumah makan Rado Nabire. Rapat ini dipimpin langsung Ketua DPD AMPI Nabire, Marthen Gobay dan Sekretaris Yafet Agapa. Pra Raker ini bertujuan untuk membentuk Panitia Raker AMPI kabupaten Nabire.

Menurut Marthen Gobay, dulunya AMPI Nabire sangat terkenal dan berkembang di Papua dan Nabire. namun setelah reformasi AMPI seakan tenggelam karena dianggap sebagai antek orde baru (GOLKAR), serta terlibat di Politik.  Oleh karena itu menurut Marthen Gobay, dirinya dan anggota AMPI Nabire ingin kembali menghidupkan AMPI di Nabire.

Dalam pertemuan ini, dipilih Panitia Raker AMPI kabupaten Nabire dengan susunan panitia, Ketua Edy Konyorah, Wakil Yohanes Iyai, Sekretaris Steve Rumayaum, Wakil Sekretaris Agus Rimba, Bendahara Melky, dan Wakil Bendahara Hery Mote. Panitia ini juga dilengkapi dengan seksi seksi yang diperlukan.

Panitia ini nantinya bertugas merevisi susunan kepengurusan DPD AMPI Nabire, selain itu juga mempersiapkan program kerja DPD AMPI Nabire. Pertemuan ini dihadiri para Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat dan para tamu undangan.

(Robi Fanindi)

 

Wakil Bupati Nabire Dukung Pemekaran Nabire Menjadi Kotamadya & Dua Kabupaten Baru

Last modified on 2014-03-27 16:29:04 GMT. 0 comments. Top.

Wakil Bupati Nabire, Mesak Magai S.Sos M.Si, sangat mendukung upaya pemekaran kabupaten Nabire menjadi 2 kabupaten baru dan kotamadya.

Mesak Magai mengatakan, Nabire yang adalah salah satu kabupaten dengan wilayah yang luas perlu dimekarkan menjadi kabupaten baru. Jika dilihat dari sisi potensi dan persyaratan pemekaran wilayah, hal ini sangat memadai apalagi penduduknya sangat memadai dan memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi kabupaten Nabire Timur dan kabupaten Nabire Barat.

Aspirasi pemekaran kabupaten Nabire Timur sendiri sudah diusulkan dan diserahkan warga masyarakat kepada DPRD. Untuk itu, sebagai Wakil Bupati Nabire, Mesak berharap doa dan dukungan dari segenap warga masyarakat Nabire, agar bergandeng tangan bersama, memperjuangkan Nabire menjadi kotamadya,  2 kabupaten yakni kabupaten Nabire Timur dan Nabire Barat. dan Ibukota Provinsi Papua tengah.

(Jeffry Panjaitan)

Kasus HIV/AIDS Di Nabire Sampai Februari 2014 Sebanyak 3503 Kasus, Ketiga Tertinggi Se-Papua

Last modified on 2014-03-27 16:29:23 GMT. 0 comments. Top.

Peningkatan penyakit HIV/AIDS di kabupaten Nabire, setiap hari semakin bertambah. Sesuai data terkini sampai bulan februari 2014, jumlah kasus HIV/AIDS di Nabire sebanyak 3503 kasus, dan menduduki urutan ketiga di Papua setelah Timika dan Jayapura.

Hal ini diungkapkan dr Sayori pada acara Nabire Menyapa di RRI Nabire, Senin pagi (24/03/2014). Menurut dr Sayori, Penyakit HIV/AIDS sudah bukan hal yang tabu untuk diperbincangkan lagi, karena penyakit tersebut sudah merambah ke tatanan rumah tangga dan keluarga termasuk bayi dan anak-anak. Sementara rata-rata penderita adalah pada saat usia produktif.

Untuk upaya pencegahan dan penanggulangannya, pihak medis baik Dinas kesehatan, Rumah Sakit maupun Puskesmas telah berupaya semaksimal mungkin, namun juga diperlukan peran serta dari masyarakat untuk terlibat dan bertanggungjawab.

Sementara itu Ketua Pokja HIV/AIDS RSUD Nabire, dr Elfaiz, mengatakan HIV hanya bisa dikendalikan ketika warga atau pasien dengan rela memeriksakan diri dan tidak menunggu parah dulu baru memeriksan diri di Rumah Sakit atau Puskesmas. Oleh karena itu diharapkan setiap orang untuk memeriksakan dirinya secara dini. Pasien yang positif HIV akan diberikan obat ARV (anti Retro Viral) secara gratis yang berfungsi untuk mengurangi dan menekan virus HIV dalam darah dalam waktu 6 bulan.

(Alexander Saudilla)

Sampai Hari Ke 7, Kampanye Legislatif Di Nabire Berjalan Aman & Tertib

Last modified on 2014-03-27 16:29:25 GMT. 0 comments. Top.

1

Menginjak hari ketujuh pelaksanaan kampanye Pemilu Legislatif 2014 di kota Nabire, hari senin ini  (24/03/2014), dilakukan beberapa kampanye Partai Politik yang ada di Nabire.

Di Zona Dapil I Nabire, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melakukan kampanye tatap muka dan Dialogis di Aula Maranatha Malompo. Kampanye ini dihadiri puluhan kader dan simpatisan partai bernomor urut 9 ini.

Sementara itu, Partai Amanat Nasional (PAN), melakukan kampanye di Zona Dapil II Nabire. Partai bernomor urut 3 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melakukan kampanye di Zona Dapill III Nabire, dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), melakukan kampanye di Zona Dapil IV Nabire.

Selama berlangsungnya kampanye legislatif sejak hari pertama hingga hari ketujuh, semuanya berlangsung dengan tertib aman dan kondusif.

(Amir Kadang)

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229