INFO NABIRE

Pekan Panutan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Dilaksanakan Di Sekda Nabire

Last modified on 2014-03-27 16:34:10 GMT. 0 comments. Top.

bangga-pajak1

Selaku wajib pajak, hendaknya memiliki kesadaran yang tinggi, memenuhi kewajiban membayar pajak, sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam mencapai keberhasilan penerimaan pajak.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Nabire, Isaias Douw S.Sos, melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Nabire, Drs Johny Pasande, pada acara Pekan Panutan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi tahun pajak 2013, yang dipusatkan di ruang Sekda Nabire, Jumat (21/03/2014).

Pekan Panutan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi tahun pajak 2013 oleh pejabat di lingkungan pemerintah daerah kabupaten Nabire, untuk memberikan suri tauladan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara yang baik dan taat pajak.

Menurut Bupati Nabire, sebagian besar APBN ditopang oleh kontribusi dari pajak, kemudian mengalir ke APBD melalui Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Dana bagi hasil untuk beberapa jenis pajak terutama pajak penghasilan dan pajak bumi & bangunan. Untuk dana APBD Nabire, dari tahun ke tahun terus meningkat dan untuk membiayai pembangunan di Nabire.

Bupati Nabire juga mengingatkan kepada Pegawai Negeri Sipil sebagai wajib pajak untuk lebih berperan aktif dalam berkoordinasi dengan kantor pelayanan pajak terutama dalam hal penyediaan data dan informasi sesuai undang-undang perpajakan.

Di akhir sambutan, Bupati Nabire menggaris bawahi 3 hal yang perlu diperhatikan, yaitu pelayanan terbaik yang harus dilakukan petugas pajak, lalu kepatuhan dari para wajib pajak memenuhi kewajiban membayar pajak, serta pendayagunaan penggunaan pajak yang harus diterima dan dirasakan oleh warga masyarakat.

Pekan Panutan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi ini diawali oleh Sekda Nabire Drs Johny Pasande yang menyampaikan SPT tahunan PPh orang pribadi, diikuti oleh Dandim, Kapolres Nabire, pejabat SPPD di Nabire.

Batas akhir penyerahan SPT Tahunan PPh 2013 selambat-lambatnya tanggal 1 maret 2014.

Ketua KPU Nabire Himbau PPD & PPS Untuk Menyelenggarakan Pemilu Sesuai Aturan Yang Berlaku

Last modified on 2014-03-27 16:34:13 GMT. 0 comments. Top.

1

Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat bawah, diminta untuk menyelenggarakan Pemilu sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Nabire, Petrus Rumere S.Sos pada kegiatan Bimbingan Teknis yang diselenggarakan oleh KPU Nabire, kepada penyelenggara PPD dan PPS se-kabupaten Nabire, yang berlangsung di Guest House jalan merdeka Nabire, sejak kamis kemarin hingga hari ini (21/03/2014).

Dikatakan Petrus Rumere, KPU diberi mandat untuk melaksanakan Pemilu dengan baik, jujur, adil, dan bertanggung jawab sehingga dapat menghasilkan proses Pemilu yang berkualitas.

Menurut Petrus, ada beberapa hal yang sangat menentukan agar menghasilkan Pemilu yang berkualitas, yaitu pemerintahan yang stabil, dana yang tersedia, keamanan yang stabil, dan terakhir yaitu penyelenggara yang konsisten jujur dan adil.

Dalam kesempatan yang sama, Petrus Rumere juga menyoroti terkait undangan pencoblosan, Petrus meminta KPPS agar memperhatikan hal ini agar tidak menimbulkan masalah yang serius di kemudian hari.

Wakil Bupati Nabire : Pemilu 9 April Harus Berjalan Dengan Tertib, Aman, Dan Damai

Last modified on 2014-03-27 16:34:28 GMT. 0 comments. Top.

Wakil Bupati Nabire, Mesak Magai S.Sos M.Si, mengatakan, sangat mendukung Pemilihan Umum 9 April 2014 yang akan segera dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Menurut Mesak Magai, Pemilu merupakan pesta demokrasi Indonesia yang dilaksanakan 5 tahun sekali, oleh karena itu Pemilu harus berjalan dengan tertib, aman dan damai. Mesak berharap, agar tidak terjadi Money politics dalam Pemilu nanti, atau partai politik tidak menghambur-hamburkan uangnya. Makanya dalam Pemilu nanti, masyarakat harus menyuarakan hak pilihnya dengan hati nuraninya.

Mesak juga berharap kepada KPU dan Panwas untuk menggiring Pemilu 9 April nanti dan menjalankan tugasnya dengan baik dan netral.

Pada Pemilu 9 April nanti, Mesak Magai juga meminta dukungan dan doa dari masyarakat Nabire agar Pemilu nanti bisa berjalan dengan sukses.

BKKBN Provinsi Papua & Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & KB Nabire Adakan Penyuluhan Di Uwapa & Wanggar

Last modified on 2014-03-27 16:44:11 GMT. 0 comments. Top.

DAK BKKBN 2013

Tim BKKBN Provinsi Papua bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB kabupaten Nabire, pada tanggal 17 dan 18 Maret 2014 kemarin mengadakan kegiatan penyuluhan di Distrik Uwapa dan Distrik Wanggar Nabire.

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan metode pelayanan kontrasepsi jangka panjang, serta pelayanan keluarga berencana kepada kader posyandu yang berada di Distrik Uwapa dan Distrik Wanggar.

Selain itu tim juga melaksanakan kegiatan peningkatan pengetahuan dan memberi informasi kepada Kader Posyandu tentang kependudukan dan KB.

Dari kegiatan yang dilaksanakan di Distrik Uwapa, dari 56 kader posyandu yang hadir mengikuti kegiatan penyuluhan KB, hanya 4 akseptor yang dilayani dengan menggunakan alat kontrasepsi Implan dan 1 akseptor KB IUD. Sedangkan di Distrik Wanggar, dari 64 orang kader yang hadir, berhasil dilayani 44 akseptor yang mendapatkan KB implan.

Pembagian Kelambu Tahap Kedua Akan Dilanjutkan Di Nabire

Last modified on 2014-03-27 16:44:15 GMT. 0 comments. Top.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nabire, Papua, akan melanjutkan pembagian kelambu anti malaria tahap kedua kepada masyarakat di daerah itu. Maksud dan tujuan pembagian kelambu ini adalah upaya untuk mencegah penyebaran malaria di kawasan tersebut, karena rata-rata warga setempat terkena penyakit malaria.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire, Yulian Agapa, Kamis (20/03/2014). Menurut Yulian, kelambu itu adalah bantuan dari Kementerian Kesehatan ke Dinas Kesehatan Provinsi Papua. Ratusan kelambu yang dikasih dari Dinas Kesehatan Papua sudah ada sebagian yang didistribusikan pada November 2013 lalu.

Kelambu yang akan dibagi pada tahap kedua ini adalah sisa dari ratusan kelambu tahun 2013 lalu. Ratusan kelambu itu akan disalurkan ke masing-masing puskesmas lalu didistribusikan ke kampung-kampung di Nabire. Kelanjutan pendistribusian sisa kelambu itu, akan berlangsung setelah para petugas rumah sakit dan Puskesmas mengikuti sosialisasi tentang tata cara penggunaan kelambu anti malaria, lantaran kelambu itu berbeda dengan kelambu biasa.

Rapat Bersama Instansi Terkait Di Bappeda Nabire Bahas Penghargaan Bascha Caraka 2014

Last modified on 2014-03-27 16:44:37 GMT. 0 comments. Top.

20140227_003127_6318_l

Kepada Bupati dan Walikota se-Indonesia yang telah berupaya dan unggul dalam menciptakan budaya kreatif untuk mendorong pengembangan ekonomi kreatif akan mendapat penghargaan Bascha Caraka 2014. Oleh karena itu bertempat di ruang rapat Bappeda Nabire, diadakan rapat bersama instansi terkait dipimpin Kepala Bappeda Nabire, Frence The,SIP, Kamis pagi (20/03/2014).

Pengharagaan Bascha Caraka 2014, akan diberikan kepada kabupaten/kota yang telah berupaya dan berhasil dalam mengembangkan daya kreatif selama 2 tahun yakni tahun 2012 dan 2013.

Menurut Kepala Bappeda Nabire, Frence The,SIP, anugerah Bascha Caraka pertama tahun 2012 untuk kategori wilayah kota diraih oleh Tangerang, dan kategori kabupaten diraih oleh Sleman. Sementara anugerah Bascha Caraka kedua tahun 2013, penghargaannya akan diserahkan tahun ini. Oleh karena itu Kepala Bappeda mengharapkan semua komponen pemerintah, bisnis, swasta, cendekiawan, dan komunitas masyarakat, yang berada di Nabire dan sepanjang 2012-2013 telah berupaya mendorong pengembangan ekonomi kreatif, untuk mengisi kuisioner sesuai kategori yang telah ditetapkan Panitia pusat.

Dikatakan Frence The,SIP, pengiriman ke pusat paling lambat dilakukan tanggal 31 maret 2014 da sudah harus diterima Panitia di Jakarta, oleh karena itu setiap SKPD terkait sudah harus menyerahkan kuisioner yang sudah diisi paling labat hari senin 24 maret 2014.

Lebih lanjut, Kepala Bappeda Nabire, Frence The,SIP, mengatakan, tahapan pemilihan enganugerahan Bascha Caraka 2014 akan melalui 4 tahapan yaitu tahapan seleksi administrasi pengisian kuisioner tanggal 1-11 april 2014, pengumuman tahap pertama untuk 6 kota dan 6 kabupaten. Dilanjutkan tahapan kedua yaitu wawancara kepada Bupati/Walikota dari tanggal 15-18 april 2014, dan yang terpilih sebagai nominas dengan pembuktian dan data pendukung, dan pengumumannya dilaksanakan tanggal 21 april 2014 dengan menyisakan nominasi 3 kota dan 3 kabupaten. Tahapan ketiga adalah verifikasi di lapangan pada bulan mei 2014 dan pengumuman pemenang penghargaan Bascha Caraka 2014 akan dilakukan pada 2 juni 2014. Dan tahapan keempat atau tahapan terakhir yaitu pelaksanaan talk show oleh salah satu tv swasta di tanah air tanggal 21 juni 2014.

Presiden Republik Indonesia akan menganugerahkan penghargaan Bascha Caraka 2014 pada acara pekan produk kreatif Indonesia.

Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Paniai Tahun 2014

Last modified on 2014-03-27 16:44:48 GMT. 0 comments. Top.

Bupati Paniai, Hengki Kayame membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah yang digelar 17-18 Maret 2014 lalu di di Gedung Serbaguna Uwata Wogi Yogi Enarotali, Paniai.

Menurut Bupati Kabupaten Paniai, Hengki Kayame, Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah telah menghasilkan rencana program kegiatan pembangunan di 2015 yang ditinjau dari tiga bidang. Ketiga bidang tersebut yaitu Ekonomi, Sosial Budaya, dan bidang Fisik dan Prasarana.

Pemerintah Daerah Kabupaten Paniai, Papua, membutuhkan anggaran kurang lebih hampir 1,8 trilyun untuk rencana program kegiatan pembangunan tahun 2015 mendatang. Hal tersebut tampak pada hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah yang digelar 17-18 Maret 2014 lalu di di Gedung Serbaguna Uwata Wogi Yogi Enarotali, Paniai.

Bupati Kabupaten Paniai, Hengki Kayame mengatakan, Musrenbangda telah menghasilkan rencana program kegiatan pembangunan di 2015 yang ditinjau dari tiga bidang. Ketiga bidang tersebut yaitu Ekonomi, Sosial Budaya, dan bidang Fisik dan Prasarana.

“Jadi, bidang Ekonomi sebanyak 62 program dan 261 kegiatan dengan total rencana biaya sebesar Rp235.081.500.000. Dan di bidang Sosbud sebanyak 67 program dan 232 kegiatan dengan kebutuhan dana sebesar Rp622.537.000.000. Sementara untuk bidang Fispra sebanyak 26 program dan 87 kegiatan dengan kebutuhan dana sebesar Rp 221.905.000.000,” papar Bupati kepada wartawan siang tadi di Paniai.

Ia menjelaskan, ketiga bidang tersebut terlihat bahwa ada 164 program dan 580 kegiatan dengan total kebutuhan dana sebesar Rp1.079.443.500.000. Sementara APBD Paniai dari tahun ke tahun hanya berkisar 600 hingga 700 milyar.

Bupati Hengki menyadari, dari seluruh dana yang dibutuhkan tersebut tidak cukup mengandalkan APBD daerah untuk mewujudkan seluruh harapan Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) pada penyusunan RAPBD 2015.

Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Intan Jaya Tahun 2014

Last modified on 2014-03-27 16:45:10 GMT. 0 comments. Top.

Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni, SS, M.Si,  Kamis pagi (20/03/2014), membuka Musyawarah rencana pembangunan daerah kabupaten Intan Jaya tahun 2014, dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2015.

Menurut Bupati Intan Jaya, Sistem perencanaan pembagunan nasional merupakan satu kesatuan untuk menghasilkan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD), Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD),  dan rencana pembangunan tahunan (RKPD) dalam 1 tahun anggaran.

Ditambahkan Bupati Intan Jaya, proses penyusunan RKPD membutuhkan koordinasi antar instansi pemerintah dan pelaku pembangunan mulai dari kampung, distrik hingga tingkat kabupaten dalam forum Musyawarah rencana pembangunan daerah dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan.

Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah kabupaten Intan Jaya ini diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari Pimpinan DPRD, Pimpinan SKPD, Kepala-Kepala Distrik, Kepala-Kepala Kampung, instansi vertikal, Tim instansi dari Bappeda Provinsi Papua, Tokoh agama, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Perempuan.

Sementara itu, DPRD Kabupaten Intan Jaya dalam rapat paripurna, minggu lalu di Aula Gereja Maranatha Malompo, telah menyetujui dan mengesahkan APBD tahun anggaran 2014. Selain mengesahkan RAPBD 2014 menjadi APBD 2014, DPRD Intan Jaya juga telah menetapkan 4 Raperda menjadi Perda. Sementara 2 Raperda masih dipending dan akan dibahas pada rapat paripurna DPRD mendatang.

Selain itu rapat paripurna juga membahas pengesahan 6 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang telah diusulkan pemerintah kepada DPRD Intan Jaya. Keenam Raperda itu masing-masing Raperda Pajak Daerah, Raperda Retribusi Jasa Umum, Raperda Retribusi Jasa Usaha, Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Raperda penetapan nama-nama kampung/desa, dan Raperda Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah.

Dari keenam Raperda itu, DPRD Kabupaten Intan Jaya dalam rapat paripurna hanya menyetujui 4 Raperda yang ditetapkan menjadi Perda. Keempat Raperda yang telah disetujui menjadi Perda masing-masing, Perda Retribusi Jasa Umum, Perda Retribusi Jasa Usaha, Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Perda Penetapan Nama-Nama Kampung/Desa.

Sementara dua Raperda masing-masing Raperda Pajak Daerah dan Raperda Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah, belum ditetapkan menjadi Perda. Terhadap kedua Raperda ini masih belum ada kesamaan pendapat antara pihak eksekutif dengan pihak legislatif. Anggota DPRD Intan Jaya menyetujui agar kedua Raperda ini dipending pengesahannya, dan akan dibahas pada rapat berikut.

Bimbingan Teknis Tentang Pemungutan Suara & Rekapitulasi Perhitungan Suara Di Tingkat PPS & PPD Nabire

Last modified on 2014-03-27 16:45:21 GMT. 0 comments. Top.

1

Dalam rangka melanjutkan kepemimpinan pemerintah dan pembangunan demokrasi umumnya dan khususnya di kabupaten Nabire, KPU telah melakukan tugasnya dengan baik dengan menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis tentang pemungutan suara  dan rekapitulasi suara perhitungan suara di tingkat PPS dan PPD kabupaten Nabire.

Bupati Nabire Isaias Douw dalam sambutan tertulis yang dibacakan Setda Nabire, Drs Johny Pasande, pada kegiatan Bimbingan Teknis yang diselenggarakan KPU Nabire tentang pemungutan suara  dan rekapitulasi perhitungan suara di tingkat PPS dan PPD kabupaten Nabire, kamis pagi (20/03/2014), mengatakan, Pemilu merupakan wahana perwujudan kedaulatan rakyat. Guna menghasilkan pemerintahan yang demokratis maka pemerintah yang dihasilkan dari Pemilu diharapkan menjadi pemerintahan yang mendapat legitimasi yang kuat dan amanah, sehingga diperlukan upaya tanggung jawab kita semua selaku komponen bangsa untuk menjaga kualitas Pemilu.

Ditambahkan Bupati, dalam pelaksanaan pemilu di daerah ini, haruslah dilaksanakan secara efektif dan efisien berdasarkan azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, sebab suksesnya pemilu sangat ditentukan oleh dukungan dan partisipasi kita semua sebagai komponen bangsa dan untuk mewujudkan peningkatan pembangunan 5 tahun kedepan.

Bupati juga mengharapkan kepada PPS dan PPD agar bekerja secara profesional dan transparan karena sekecil apapun kesalahan yang dilakukan akan mendapat sorotan dari Panwas Distrik, kontestan pemilu dan masyarakat luas. Sehingga diharapkan PPS dan PPD dapat membangun komunikasi dan koordinasi dengan Kepala Distrik, Panwas Distrik, dan peserta pemilu.

Prakiraan Cuaca Kota Nabire, Kamis 20 Maret 2014

Last modified on 2014-03-27 16:45:46 GMT. 0 comments. Top.

cuaca

Berikut Prakiraan cuaca di kota Nabire berlaku untuk hari Kamis (20/03/2014), yang berasal dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nabire.

Berikut Prakiraan cuaca untuk kota Nabire tanggal 20 maret 2014 :

Badan Metereologi Klimatologi & Geofisika
Stasiun Metereologi Nabire
Jl Sisingamangaraja Nabire-Papua

Prakiraan Cuaca Umum Kabupaten Nabire
Peringatan Cuaca Ekstrim tgl.6.1.2014 T06.30.15 wib

PRAKIRAAN CUACA ESOK HARI

Berlaku :Kamis 20 Maret 2014 2014 Pukul 07.00 WIT

Cuaca
– Cuaca : Cerah – Berawan
– Arah & Kecepatan angin : Barat laut- Timur Laut, 05-30 KM/Jam
– Temperatur (oC) : 24–32’C
– Kelembaban Udara % : 70-93%
– Tekanan Udara (mb) : 1004–1010 hPa

Gelombang (Meter)
– Gelombang Signifikan : 0.75–1.50
– Gelombang Maximum : 1.50–2.00

Waktu Terbit & Terbenam Matahari (WIT)
– Waktu Terbit : 06.01
– Waktu Terbenam : 18.08

Peringatan Dini : -

Keterangan Tambahan : -

Nabire, 18 Maret 2014
A.n. KEPALA STASIUN METEOROLOGI NABIRE
Forecaster On Duty
Rendrah Yohanis Kalalo
NIP. 199112152010121001

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227