INFO NABIRE

Jalan Trans Nabire-Pegunungan Tengah Masih Longsor Parah

Last modified on 2014-08-30 15:36:09 GMT. 0 comments. Top.

longsor

Jalan trans Nabire-Bedudipa yang menghubungkan kabupaten pegunungan tengah bagian barat yakni antara Nabire, Dogiay, Deiyai dan Paniai di titik KM 74 mengalami kerusakan parah. Kerusakan terjadi akibat lonsoran dari tebing yang berada persis di tikungan tanjakan titik KM 74.

Kerusakan ini membuat sebagian badan jalan tak dapat dilintasi dan mengakibatkan kemacetan arus kendaraan. Para supir yang biasa melintasi jalan tersebut mengatakan, longsor akibat pembongkaran gunung oleh alat berat sudah terjadi sejak beberapa bulan yang lalu. Pemerintah yang menangani pengerjaan jalan hingga saat ini belum melakukan perbaikan. Padahal jalan ini satu-satunya akses penghubung jalur darat yang melintasi beberapa kabupaten yang ada di pegunungan tengah bagian barat.

Akibat longsor yang menelan badan jalan itu membuat puluhan mobil dan truk yang mengangkut bahan bangunan, bahan makanan dan mobil penumpang yang melintasi 3 kabupaten terpaksa berhenti dan parkir sementara, sambil menunggu alat berat membersihkan longsoran tanah yang menutupi badan jalan tersebut.

Hingga 9 september 2014 mendatang, akan dilakukan perbaikan pada ruas jalan tersebut. Imbas dari perbaikan ini, maka sejak tanggal 25 agustus s/d 9 september, ruas jalan tersebut (KM 74), akan ditutup penggunaannya mulai pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore. Dan akan dibuka diluar jam tersebut. Dan diharapkan kepada pengguna jalan yang akan melintasi jalan tersebut untuk memperhatikan hal ini.

Yudisium Poltekes Kemenkes Jayapura Kelas Nabire

Last modified on 2014-08-30 15:17:45 GMT. 0 comments. Top.

poltekes

Bertempat di Aula Akademi Perawat (AKPER) Nabire, diadakan Yudisium bagi 107 mahasiswa program studi keperawatan dan 121 mahasiswa program studi kebidanan, Poltekes Kemenkes Jayapura, sabtu (30/08).

Dari 107 mahasiswa program studi keperawatan tersebut, terbagi atas 42 orang kelas reguler keperawatan Nabire, 22 orang kelas pemda Dogiyai, dan 43 orang kelas pemda Deiyai.

Sedangkan 121 mahasiswa program studi D3 Kebidanan, terdiri dari 20 orang kelas reguler kebidanan Nabire, 68 orang kelas tugas belajar Nabire, 14 orang kelas tugas belajar Paniai, dan 19 orang kelas tugas belajar Deiyai.

Rektor Poltekes Kemenkes Jayapura yang diwakili Pembantu Rektor I, Sri Mulyono M.Kes, berharap, para mahasiswa yang mengikuti Yudisium kali ini bisa menjadi pribadi yang tangguh, sehingga nantinya pada saat terjun ke pekerjaannya, dapat melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

Di akhir acara, dibagikan penghargaan kepada para mahasiswa yang berprestasi, dimana untuk program studi D3 kelas Nabire, diraih oleh Fachroni Prasetya, untuk kelas Pemda Deiyai kepada Yason I, dan kelas Pemda Dogiyai kepada Imelda K.

Sedagkan untuk program studi D3 kebidanan, diberikan kepada Siti Mardiyana untuk kelas reguler Nabire, M. Senandi kelas Nabire, Agustina Tekege kelas Deiyai, dan Yauce Douw dari kelas Deiyai.

PT Astra Honda Motor Nabire Gelar Undian Program Gebyar Fantastis

Last modified on 2014-08-30 15:05:06 GMT. 0 comments. Top.

honda

Gelar undian Program Gebyar Fantastis, PT Astra Honda Motor Kalibobo Nabire, menyerahkan hadiah berupa 4 unit motor yaitu 2 unit motor Honda Revo AT dan 2 unit moto Honda CS1 kepada para pemenang undian, jumat kemarin (29/08).

Penyerahan hadiah tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Cabang PT Astra Honda Motor Nabire, Remi Patut. Adapun para pemenang undian yang beruntung yaitu  Arnoldus Neone yang beralamat di jalan RE Marthadinata dan Eni Ta’dung  yang beralamat di jalan Kusuma Bangsa, kedua orang tersebut berhak mendapat motor Honda Revo AT.

Sedangkan 2 orang pemenang lainnya yang mendapat Honda CS1 yaitu, Prihatin Rokayah yang beralamt di jalan Wolter Mongonsidi, dan Vida Suyati yang beralamat di Pasar Kalibobo.

Sementara hadiah lainnya pada periode kali ini diantaranya 25 TV LCD 32”, 50 TV LCD 19” dan 250 DVD Player. Selain itu, selama bulan agustus, PT Astra Honda Motor telah memberikan hadiah menarik berupa cash back mulai 500 ribu hingga 1,9 juta.

Dalam sambutannya, Kepala Cabang PT Astra Honda Motor Nabire, Remi Patut, mengatakan, kegiatan Undian Program Gebyar Fantastis ini adalah bentuk apresiasi dari Honda kepada para pelangganya di seluruh kantor cabang di Papua.

Ditambahkan Remi, PT Astra Honda Motor akan memasuki hari pelanggan nasional yang jatuh pada tanggal 4 september, oleh karena itu PT Astra Honda Motor sudah menyiapkan hadiah kejutan bagi pelanggan setianya yang membeli produk dari Astra Honda Motor.

Dekan FKIP USWIM Nabire Terus Memonitor Praktek Kerja Lapangan 33 Mahasiswanya Di Yogya

Last modified on 2014-08-29 17:19:33 GMT. 0 comments. Top.

uswim

Dekan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Satya Wiyata Mandala (USWIM) Nabire, Drs Obeth Rumadas M.Si, mengatakan, perkembangan dari 33 orang mahasiswa FKIP USWIM Nabire yang saat ini sedang mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan selama 1 bulan di 6 sekolah yang ada di Sleman Yogyakarta, sangat baik.

Menurut Drs Obeth Rumadas M.Si, berdasarkan laporan dari Wakil Dekan FKIP Uswim Nabire, Drs Suadirman, penampilan dan hasl praktek ke 33 mahasiswa USWIM Nabire di Yogya sangat disenangi oleh para guru dan siswa di tempat praktek ke 33 mahasiswa tersebut.

Ditambahkan Drs Obeth Rumadas M.Si, sasaran utama dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, sehingga dirinya sangat bangga ketika di Nabire baru mau diterapkan kurikulum 2013, tetap ke 33 mahasiswanya sudah belajar mempraktekkan hal tersebut ke sekolah-sekolah di Yogya yang sudah terlebih dahulu menerapkan kurikulum 2013.

Obeth Rumadas juga berharap kepada ke 33 mahasiswa yang mengikuti PKL ini bisa sungguh-sunggu mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapangan di Yogya dan nantinya bisa menerapkan hal tersebut di Papua khususnya di Nabire.

Panitia Dies Natalis Ke 10 USWIM Nabire Akan Mengadakan Berbagai Lomba

Last modified on 2014-08-29 16:58:36 GMT. 0 comments. Top.

uswim

Untuk meningkatkan minat & baca mahasiswa sebagai visi dan misi dari Rektor Uswim Nabire yang baru Drs Petrus Suripatty M.Si, yaitu gerakan cinta kampus, maka Panitia Dies Natalis yang ke 10 USWIM Nabire tahun 2014 akan melaksanakan sejumlah kegiatan yang melibatkan sejumlah mahasiswa dan Dosen USWIM.

Hal tersebut diungkapkan oleh Koordinator Seksi Perlombaan dan Pertandingan Panitia Dies Natalias yang ke 10 USWIM Nabire yang merupakan Dekan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan USWIM Nabire, Drs Obeth Rumadas M.Si.

Menurut Drs Obeth Rumadas, Dies Natalis ini mengacu pada sejarah pendirian USWIM Nabire tanggal 6 september 2004. Oleh karena itu untuk memeriahkan Dies Natalis USWIM Nabire yang ke 10, maka dirasa perlu untuk diadakan kegiatan lomba.

Adapun lomba yang direncanakan akan diadakan yaitu, bola voli, tarik tambang, lomba karaoke, dan lomba kebersihan kampus, yang mayoritas dikhususkan untuk para mahasiswa, kecuali lomba karaoke khusus untuk Dosen.

 

 

Peresmian Rumah Pastori Sekaligus Peringatan HUT Ke 26 Jemaat GKIP Kingmi Sejahtera Nabire

Last modified on 2014-08-29 16:52:03 GMT. 0 comments. Top.

Kingmi

(Dok.M.B)

Bupati Nabire Isaias Douw yang diwakili Staf Ahli bidang Hukum & Politik kabupaten Nabire, Drs,I Pilatus Sem Waromi,MM meresmikan rumah pastori sekaligus menghadiri peringatan HUT ke 26 Jemaat GKIP Kingmi Sejahtera Nabire, yang berlangsung di Gedung Gereja Sejahtera Nabire, kamis (28/08).

Menurut Bupati, kehadiran gereja di tengah-tengah masyarakat sangatlah penting dan sebagai wahana persatuan umat khususnya yang ada di Nabire.

Peringatan HUT ke 26 Jemaat GKIP Kingmi Sejahtera Nabire dan peresmian rumah pastori ini, diawali dengan suatu Ibadah syukur yang dipimpin oleh Gembala Sidang Pdt. Mordekhai Oilla, S.Th. Khotbah diangkat dari pembacaan Alkitab Galatia 6 ayat 7-8 dengan tema “Menuai yang sudah ditabur”.

Pdt. Mordekhai Oilla, S.Th dalam khotbahnya mengajak semua jemaat untuk terus menabur benih yang baik, sebab apa yang ditabur itu juga akan yang dituai, sehingga jika saatnya kembali akan membawa berkas-berkasnya yang akan menyenangkan hati Tuhan.

Acara peresmian & pentahbisan rumah pastori dipimpin oleh Pdt Boma, sedangkan pengguntian pita dilakukan oleh Drs,I Pilatus Sem Waromi,MM.

(Alexander Saudilla)

 

 

Jumlah Perkara Di Pengadilan Negeri Nabire Periode Juni & Juli 2014 Sebanyak 154 Perkara

Last modified on 2014-08-29 16:45:20 GMT. 0 comments. Top.

Jumlah perkara yang masuk di kantor Pengadilan Negeri Nabire dalam bulan Juli 2014 sebanyak 154 perkara, termasuk sisa perkara di bulan juni yang berjumlah 22 buah perkara.

Dari 154 perkara tersebut, masing-masing prkara pidana biasa sebanyak 17, perdata gugatan 5 perkara, perdata permohonan 5 perkara, perkara perdata gugat sebanyak 2 perkara, dan pidana cepat atau lalu lintas sebanyak 125 perkara.

Menurut Panitera Sekretaris kantor Pengadilan Negeri Nabire, A. Raimundus Nakapa, S.Sos, menjelaskan, dari 154 perkara 145 perkara sudah diputuskan, sedangka 9 perkara lainnya masih dalam proses.

Dari 9 perkara yang belum diputuskan atau masih dalam proses tersebut terdiri dari perkara pidana biasa 6 buah, perdata gugatan 2 buah, dan permohonan 1.

Menurut A. Raimundus Nakapa, perkara yang belum diputuskan tersebut dikarenakan berkas perkara belum lengkap, dan juga para saksi tidak hadir pada saat persidangan.

Aparat Kepolisian Nabire Sita 5750 Liter Cap Tikus

Last modified on 2014-08-29 16:41:36 GMT. 0 comments. Top.

cap tikus

Aparat Kepolisian Nabire menemukan dan menyita 5750 liter minuman keras ilegal berjenis Cap Tikus yang diamankan dari rumah kost tersangka berinisial A (40), asal Manado Sulut.

Menurut keterangan Kapolsek Nabire kota, Kompol Steve Liatpasen, barang tersebut didatangkan dari Menado melalui laut, namun tidak diketahui pasti apakah melalui Kapal Pelni ataukah perahu.

Kompol Steve mengatakan, terindikasi kuat, minuman Cap Tikus tersebut akan dijual ke daerah pendulangan seperti di Bayu Biru ataupun Topo.

Tersangka A sendiri sampai saat ini masih menjadi buronan dan sedang dicari oleh aparat kepolisian Nabire. Status tersangka juga belum diketahui, saat dihubungi ke nomor handphonenya, nomor tersebut sudah tidak aktif lagi.

 

 

Polres Nabire Ringkus 2 Orang Penjambret Yang Merupakan Jaringan Palembang

Last modified on 2014-08-28 18:55:16 GMT. 0 comments. Top.

1

(Dok. Reyner Windesi)

Unit Resmob, Satuan Reserse Kriminal Polres Nabire, berhasil meringkus 2 orang yang terlibat dalam jaringan pelaku penjambretan dari Palembang Sumatera Selatan yang terjadi pada hari Selasa lalu (26/08/2014) di samping Bank Papua Nabire.

Kedua penjambret tersebut dirungkus saat akan melarikan diri menggunakan perahu motor yang disewa, kurang lebih 300 meter dari dermaga kampung Cina Serui.

Penangkapan ini dipimpin langsung oleh Aipda Joko, beserta 4 anggota Brimob masng-masing Briptu. Deny Rumbrar, Bripka. Fredrik Demetouw, Bripka. Syafri Jido, dan Bripka. Max Rian Tobing.

Saat akan ditangkap, kedua penjambret tersebut sempat melakukan perlawanan dan tidak mau mengakui perbuatannya. Tetapi ketika dipertemukan dengan 2 orang saksi, akhirnya kedua tersangka tidak bisa mengelak.

Menurut keterangan Tim Buser Polres Nabire, yang juga merupakan anggota unit Resmob Polres Nabire, Bripka. Syafri Jido, penangkapan kedua tersangka C (40) dan I (43), bermula dari adanya laporan informasi yang didapat Unit Resmob Polres Nabire.

Sebelumnya, Tersangka C (40) dan I (43 sempat melarikan diri ke daerah Paniai dengan menggunakan jalan darat pada Senin (25/08) setelah melakukan aksi perampokan. Kemudian pada Rabu (26/08) kedua tersangka kembali ke Nabire. Kemudian pada keesokan harinya, Rabu (27/08) pagi harinya, kedua tersangka menyewa perahu warga guna melarikan diri ke Serui.

Kedua tersangka sempat naik ke Enaro Paniai, setelah melakukan aksinya, kemudian besoknya (26/08) tersangka kembali turun ke Nabire, terus sambil tanya-tanya warga, dimana biasa tempat sewa-sewa perahu untuk ke pulau-pulau di Nabire. Akhirnya tersangka dapat sewa perahu untuk ke Serui di Pantai Kalibobo hari Rabu (27/08).

Perahu tersebut disewa seharga 12 juta. mendapat info ada perahu yang keluar dari pantai Kalibobo, Tim Buser Polres Nabire langsung bergerak cepat mengejar kedua pelaku dan tiba di Serui jam 9 malam. Baru melakukan penangkapan pada jam 11 malam, Rabu (27/08).

Kita baru dapat informasi sekitar jam satu siang, bahwa ada perahu yang keluar dari Pantai Kalibobo, kemudian kita langsung bergerak sekitar jam lima sore. Kita tiba di Serui sekitar jam sembilam malam, namun tersangka dengan perahunya masih dalam perjalanan menuju Serui. Jadi kita tiba duluan di Serui, dan sekitar jam sebelas malam, disitulah kita tangkap tersangkanya,” ungkapnya.

Tidak Memiliki Dokumen Perijinan, Petugas Karantina Nabire, Sita & Musnahkan 11 Ekor Ayam

Last modified on 2014-08-28 18:53:47 GMT. 0 comments. Top.

ayam

Petugas Karantina Pertanian kabupaten Nabire kamis pagi kemarin (28/08), memusnahkan 11 ekor ayam yang didatangkan dari Bitung ke Nabire.

Pemusnahan ini berawal dari salah seorang warga Bitung yang ditangkap di KM Lambelu karena kedapatan membawa ayam tanpa dokumen ijin dari yang bersangkutan.

Ayam dan pemiliknya langsung di bawa ke kantor Karantina yang beralamat di Jl. Raya Legari, Samabusa, untuk dimintai keterangannya, terkait barang yang dibawanya.

Pemusnahan dilakukan sesuai prosedur, dengan cara menyuntikan ketamin, setelah ayam tersebut mati, kemudian ayam dibakar dan dikubur agar tidak terjadi penyebaran terhadap hama, maupun penyakit yang dibawa oleh media pembawa tersebut. Proses pemusnahan tersebut disaksikan Komandan Subden POM Nabire, Kapten CPM. Didin, Perwakilan Dinas Peternakan Kabupaten Nabire, perwakilan Polsub Sektor KPPP Laut Nabire, perwakilan KPLP Nabire, Kepala Distrik Kimi dan Perwakilan dari Satpol PP Kabupaten Nabire.

Pada saat pemusnahan, pembawa komoditi ayam tersebut, ikut menandatangani berita acara Penahanan dan Pemusnahan, sekaligus menyetujui dilakukannya Tindakan Pemusnahan terhadap ayam tersebut. Dikhawatirkan, ada indikasi aparat/oknum militer yang ikut andil dalam pemasukan ayam-ayam aduan yang sering terjadi di Kabupaten Nabire, maka Petugas Kantor Wilayah Kerja Karantina Pertanian Nabire, telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak seperti Subden POM, KPLP, KP3 Laut, Dinas Peternakan,  dan Satpol PP setempat.

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287