INFO NABIRE

Bupati Nabire Akan Turun Kampung Salurkan Bantuan

Last modified on 2013-12-08 16:34:01 GMT. 0 comments. Top.

isaias

Bupati Nabire Isaias Douw akan menggelar kegiatan turun kampung di beberapa Distrik yang ada di kota Nabire, sekaligus juga untuk menyalurkan bantuan Natal kepada umat kristiani.

Disamping menyalurkan bantuan Natal, Bupati juga akan menyerahkan dana kampung kepada aparat kampung serta pendistribusian dana-dana lainnya dari masing-masing SKPD yang ada di lingkungan Setda Nabire.

Bupati Nabire mengatakan, kemungkinan besar kegiatan ini akan diadakan di pekan kedua atau ketiga bulan desember, sekaligus dirinya akan melantik beberapa Kepala kampung.

“Kepala Distrik atur kapan siapnya dan bisa saya turun ke kampung-kampung. Khusus daerah atau kampung pada distrik yang baru dimekarkan, seperti kampung Masipawa, Sanabo 2, Gamebiru dan kampung yang ada di Yaro. Lalu kampung-kampung yang kepala kampungnya telah meninggal dunia dan pensiun akan kita ganti dan lantik baru sekaligus kita salurkan bantuan-bantuan dari SKPD terkait.

Polres Nabire Adakan Jalan Santai Bersama

Last modified on 2013-12-08 16:33:45 GMT. 0 comments. Top.

(ilustrasi Jalan Santai Hut Korpri)

Kepolisian Resor Nabire, sabtu pagi kemarin (7/12) mengadakan kegiatan jalan santai bersama TNI/Polri dan masyarakat dalam rangka menyambut perayaan Natal & Tahun baru 2014.

Kegiatan ini digelar sebagai bentuk refreshing jelang Natal & Tahun baru disamping juga menjelang pesta demokrasi Pemilu 2014 mendatang.

Kegiatan jalan santai ini sendiri mengambil rute dari Mapolres Nabire menuju jalan Pepera, jalan Merdeka, perempatan Kesuma Foto menuju Jalan Pemuda, lalu jalan Sisingamangaraja, dan kembali finis di Mapolres Nabire. Setelah tiba di Mapolres, para peserta jalan santai disambut dengan senam aerobik, serta hiburan musik dan penarikan undian doorprize.

Kapolres Nabire, AKBP. Tagor Hutapea, S.Ik., M.Si dalam sambutannya mengatakan, jalan santai yang digelar kali ini oleh Polres Nabire bersama TNI/Polri dan masyarakat, adalah sebagai bentuk refreshing karena sudah sekian lama kegiatan-kegiatan olahraga bersama, seperti jalan santai bersama para Muspida dan masyarakat, tidak pernah dilakukan lagi. Karena kesibukan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari yang cukup menguras tenaga, pikiran dan waktu.  Sehingga baru kali ini, jalan santai bersama ini bisa terselenggara. Melalui jalan santai bersama ini, mungkin bisa mengurangi rasa jenuh, tegang dan stress dengan kesibukan pekerjaan yang dijalani selama ini.

Suasana keakraban dan rasa kebersamaan segenap elemen masyarakat dan jajaran Kepolisian pun terlihat. Nampak juga para ketua-ketua ikatan kerukunan suku, serta para peserta jalan santai yang diikuti semua anggota Polri yang mengajak keluarganya, untuk ikut berpartisipasi dalam jalan santai yang digelar oleh Polres Nabire. Tak ketinggalan, para anggota TNI, BUMN, BUMD, perbankan, pengusaha, organisasi masyarakat dan PNS, juga ikut bersama-sama meramaikan suasana jalan santai. Guna membangun suatu komitmen bersama, untuk bersama-sama seluruh warga masyarakat Nabire, bisa meningkatkan Kamtibmas di wilayah Nabire.

Kapolres Nabire, AKBP. Tagor Hutapea, S.Ik., M.Si, juga mengatakan, kegiatan jalan santai ini sebelumnya menjadi kegiatan rutin di Polres Nabire. Namun karena situasi dan kondisi, serta kesibukan yang sangat padat, sehingga kegiatan ini hampir terlupakan. Padahal kegiatan ini sangat penting, selain kebersamaan dan soliditas, jalan santai ini juga merupakan kegiatan olahraga yang bisa menjaga kesehatan jiwa jasmani.

Selaku Kapolres Nabire, dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi membantu dan mensukseskan acara jalan santai bersama TNI/Polri dan masyarakat. Terlebih khusus kepada para pihak-pihak yang ikut memberikan bantuan doorprize. Semua yang telah diberikan oleh pihak-pihak yang ikut mensponsori acara jalan santai ini, bisa menjadi suatu berkat tersendiri bagi seluruh masyarakat dan peserta jalan santai.

Perlu diketahui, berbagai hadiah door prize yang berjumlah kurang lebih 300 hadiah, membuat peserta jalan santai menjadi bertambah semangat. Karena selain menyehatkan tubuh para peserta jalan santai, bagi para peserta yang beruntung juga diberikan doorprize, mulai dari Jam Dinding, Kipas Angin, Sepeda Gunung, Kulkas, Dispenser, Televisi, VCD, dan berbagai hadiah hiburan lainnya.

59 Orang Siswa SMA 3 Nabire Ikuti Study Tour Di UNIPA Manokwari

Last modified on 2013-12-08 16:32:51 GMT. 0 comments. Top.

59 orang siswa SMA 3 Nabire mengikuti kegiatan study tour ke Universitas Negeri Papua (UNIPA) Manokwari. Keberangkatan ke 59 orang siswa SMA 3 Nabire ini dilepas oleh Mesak Mofu S.Pd selaku Kepala Bidang SMA/SMK Dinas Pendidikan kabupaten Nabire, sabtu kemarin (7/12).

59 siswa SMA 3 Nabire ini direncanakan akan mengikuti kegiatan Study Tour ini mulai tanggal 9 s/d 12 desember 2013.

Mesak Mofu saat melepas keberangkatan 50 orang siswa SMA 3 ini mengatakan, kegiatan ini merupaka orientasi untuk melihat lebih dekat dunia pendidikan di perguruan tinggi sekaligus melihat apa yang ada di Universitas Negeri Papua Manokwari. Dijelaskan ini adalah langkah awal yang dilakukan pihak sekolah sebagai tantangan dan harapan bagi para siswanya untuk lebih berprestasi dan meraih cita-cita mereka dimasa mendatang.

Sudah tercatat ada 8 angkatan yang telah mengikuti kegiatan Study Tour dari 10 angkatan lulusan SMA 3 Nabire. Ke 8 angkatan sebelumnya bahkan telah berhasil masuk ke beberapa Perguruan Tinggi Negeri.

Mesak mofu juga berharap kepada pihak sekolah agar terus membangun koordinasi kerja yang sangat harmonis dengan semua perguruan tinggi negeri yang ada di Papua dan perguruan tinggi swasta agar SMA 3 Nabire lebih dikenal oleh perguruan tinggi yang ada di Papua maupun di luar Papua.

Di tempat yang sama, Kepala SMA N 3 Nabire, Drs. Datner Marpaung dalam sambutannya mengatakan, ke 59 pelajar kelas III tahun ajaran 2013/2014 merupakan angkatan ke 8 yang akan melakukan study tour ke Manokwari. Saat kegiatan nanti, para siswa akan didampingi oleh 7 orang guru yang ada di SMA N 3 Nabire. Dan tujuan utama dalam study tour ini sesungguhnya banyak hal yang harus dilihat langsung oleh anak-anak. Tetapi yang lebih utama adalah soal harga kos rumah dan biaya hidup dalam satu bulan yang akan digunakan di Kota Manokwari.  Agar nanti pada saat kuliah sudah ada bayangan kebutuhan biaya selama satu bulan.

Isaias Douw Ingatkan Pejabat Luar Daerah Jangan Hamburkan Uang Di Nabire

Last modified on 2013-12-08 16:38:27 GMT. 0 comments. Top.

1

Bupati Nabire Isaias Douw, mengingatkan agar para pejabat dari luar daerah atau luar Nabire agar berkampanye yang sehat dan tidak memberikan janji janji palsu sampai harus menghambur-hamburkan uang buat warga Nabire.

Menurut Bupati, jelang Pemilu 2014 yang sudah sangat dekat ini dan Pilkada Nabire 2015, sebaiknya yang ingin berkampanye agar menahan diri dulu, apalagi menghambur-hamburkan uang rasanya tidak perlu. Bupati Nabire justru menghimbau agar uang tersebut baiknya digunakan untuk membangun daerahnya masing-masing, apalagi dari issue yang sampai ke telinga Bupati Nabire, mereka yang membagi-bagikan uang tersebut berasal dari daerah-daerah yang baru saja dimekarkan.

Dikatakan Bupati, saat ini dirinya mendengar informasi bahwa ada beberapa pejabat dari luar Nabire yang mulai menghambur-hamburkan uangnya di Nabire dan hal ini terkait kepentingan politiknya.

“Ada baiknya, dana-dana tersebut dipergunakan untuk kepentingan daerahnya, atau untuk persiapan Natal, pembangunan gereja, pembangunan sekolah atau kepentingan publik lainnya, daripada dibagi-bagikan kepada masyarakat diluar daerahnya,” tegas Isaias Douw.

Tim Paduan Suara Nabire Di Festival Paduan Suara Indonesia-Papua New Guinea

Last modified on 2013-12-07 16:06:07 GMT. 0 comments. Top.

Festival paduan Suara yang digelar Konsulat RI Vanimo bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sandaun Papua Nugini (PNG) dihadiri ribuan pengunjung.

Siaran pers Konsulat RI Vanimo menyebutkan kegiatan Festival yang berlangsung pada 3 Desember lalu, cukup meriah dengan dihadiri 2.000 pengunjung yang memadati Lapangan Grand Stand Vanimo.

Sebanyak tujuh tim Paduan Suara Gereja dari Jayapura dan Nabire serta 13 Tim Gereja dari Vanimo dan sekitarnya hadir dalam festival yang dibuka secara resmi oleh Wakil Gubenur Prov Sandaun, Paul Nengai.

Konsul RI Vanimo dan Kapolda Papua Tito Karnavian serta Walikota Vanimo Jerry Kina dan jajaran Pemprov Sandaun turut bersama-sama menyaksikan acara pembukaan.

Kapolda Papua diundang Konsul RI secara khusus untuk menyaksikan acara Festival yang melibatkan warga masyarakat Indonesia dan PNG di perbatasan.

Kunjungan Kapolda Papua ke Vanimo didampingi Kapolres Kota Jayapura, Kapolres Kabupaten Jayapura dan sejumlah Pejabat Polda Papua serta Pejabat daerah Kota Jayapura (mewakili Walikota Jayapura).

Kegiatan Festival Paduan suara ini merupakan yang kedua kali, diprakarsai oleh Konsulat RI Vanimo bekerja sama dengan Pemprov Sandaun PNG dengan mendapat dukungan Pemprov Papua.

Tema Festival adalah “€œVanimo €“Jayapura Celebrate Christmas”€. Tim Paduan suara dari Jayapura dan Nabire berjumlah 146 orang ini tiba di Vanimo tanggal 30 November 2013.

Selain mengikuti acara Festival, 146 anggota Tim Paduan suara yang terdiri dari berbagai Gereja di Jayapura dan Nabire ini juga melakukan kunjungan ke berbagai Gereja di Vanimo dan sekitarnya sekaligus melakukan ibadah bersama yang diadakan pada Minggu (1/12).

Korban Tenggelam Di Kali Wanggar Ditemukan Meninggal Oleh Tim SAR Nabire

Last modified on 2013-12-07 16:06:05 GMT. 0 comments. Top.

Sabtu petang tadi (7/12), tim rescue dari Pos SAR kabupaten Nabire berjumlah 6 personil berhasil menemukan mayat anak kecil berusia 11 tahun yang tenggelam pada hari kamis (5/12) di kali Wanggar Distrik Nabire Barat kabupaten Nabire.

Korban yang sebelumnya hilang saat menggunakan rakit di kali wanggar, sudah dicari oleh tim SAR Nabire sejak jumat kemarin, namun pencarian tidak berhasil karena sudah malam hari.

Hari ini setelah melanjutkan pencarian, sejak pagi hingga petang tadi, kurang lebih setelah Maghrib, tim SAR berhasil menemukan jenazah korban yang bernama Jaka.

Isak tangis keluarga korban tak tertahankan setelah mengetahui korban sudah tak bernyawa.

Diduga Tenggelam Di Kali Wanggar, Anak 11 Tahun Belum Diketemukan Tim SAR Nabire

Last modified on 2013-12-06 18:07:35 GMT. 0 comments. Top.

g

Pada hari Jumat pagi (6/12) pukul 08.30 WIT tim rescue dari Pos SAR kabupaten Nabire dengan jumlah personil sebanyak 6 orang kembali melanjutkan pencarian orang hilang yang diduga tenggelam di kali wanggar Distrik Nabire Barat.

Korban yang bernama  jaka dan baru berusia 11 tahun ini, hilang saat menggunakan Rakit di Kali wanggar pada hari kamis (5/12).

Tim rescue melakukan pencarian di area Kali Wanggar Nabire dengan menggunakan rubber boat.

Hingga berita ini diturunkan korban belum ditemukan oleh tim rescue dari SAR Nabire.

Manager & Staff PLN Rayon Nabire Ingin Agar PLN Nabire Berubah Status Jadi Cabang

Last modified on 2013-12-06 18:06:06 GMT. 0 comments. Top.

Hingga per 28 November 2013 pelanggan penunggak rekening listrik di PT. PLN Rayon Nabire berjumlah 11.000 atau dikalkulasikan dengan uang sebesar Rp. 5,8 milyar. Dengan melihat kondisi hutang tunggakan rekening listrik sebesar ini membuat tim PT. PLN Rayon Nabire melakukan pemutusan jaringan bagi pelanggan penunggak di atas 2 bulan.

Karena manager dan staf PT. PLN Rayon Nabire sendiri menginginkan agar status PT. PLN Rayon Nabire dapat merubah status ke cabang yang bisa mengurusi segala kebutuhannya sendiri tanpa harus melakukan usulan ke cabang untuk menjawab kebutuhannya. Tetapi usulan langsung dari cabang ke wilayah dan barang atau kebutuhan dijawab tidak harus menunggu cabang lagi.

Sehingga untuk menjawab kerinduan perubahan status rayon menjadi cabang, manager dan staf PT. PLN Rayon Nabire melakukan pemutusan jaringan listrik bagi pelanggan penunggak rekening listrik di atas 2 bulan. Dengan demikian membutuhkan waktu satu hari bisa diputuskan 50 sampai 100 pelanggan penunggak.

“Dalam satu bulan tim PT. PLN Rayon Nabire bisa melakukan pemutusan jaringan pelanggan penunggak sebanyak 2.200 pelanggan penunggak rekening listrik,” kata manager PT. PLN Rayong Nabire, Manihar Hutajulu Kamis (28/11) di ruangan kerjanya.

Kini, katanya, PT. PLN Rayon Nabire membutuhkan waktu selama 5 bulan untuk bisa melakukan pemutusan meteran rekening listrik penunggak di atas 2 bulan. Apabila pelanggan yang membayar serta minta dinyalakan lampunya lagi, maka secara otomatis meterannya diganti ke meteran prabayar atau pulsa. Agar tidak ada curiga antara masyarakat pelanggan dan pihak PT. PLN Rayon Nabire.

Apabila kita ingin merubah status PLN Rayon Nabire menjadi cabang, maka solusinya masyarakat pelanggan segera melunasi kewajiban.  Sehingga likuiditas PLN bisa normal dan PLN pusat menyambut baik akan kesadaran masyarakat bahwa listrik sangat dibutuhkan dan sadar akan kewajiban-kewajibannya.

Karena langkah-langkah akan menuliskan usulan perubahan status PLN Rayon menjadi cabang, hanya tinggal pada kesadaran masyarakat pelanggan listrik. Sebab dengan jumlah pelanggan PLN Rayon Nabire kini 26.000 sudah mencapai target yang diharapkan untuk perubahan satus dari rayon menjadi cabang.

(Sumber : Papuaposnabire)

Keluarga Almarhum Paprindey Minta Hak Tanah Pasar Ikan Smoker Dibagi

Last modified on 2013-12-06 06:11:37 GMT. 0 comments. Top.

smoker

Keluarga almarhum Piter Jairus Paprindey meminta kepada pemerintah Kabupaten Nabire segera membagi tanah warisan yang diserahkan kepada pemerintah daerah kepada anak-anak almarhum. Karena tanah yang dimaksud itu kini bukan lagi menjadi aset pemerintah daerah. Tetapi digunakan oleh sejumlah masyarakat dan telah dibangun rumah tinggal.

Pihak keluarga almarhum P. J. Paprindey meminta agar tanah tersebut dibagi dua saja. Karena anak-anaknya akan menggunakan tanah tersebut juga untuk membangun rumah tinggal bagi cucu-cucunya. Karena tanah tersebut merupakan warisan yang ditinggalkan oleh almarhum P. J. Paprindey.

“Tanah tersebut seluas 8.904 meter persegi, namun kini tanah itu telah dibuat sertifikat oleh pemerintah daerah Kabupaten Paniai (sekarang Nabire) tertanggal 30 April tahun 1990,” tutur Djumira Alfonsina Paprindey selaku putri almarhum P. J. Paprindey kepada Papuapos Nabire, Jumat pekan lalu.

Dikatakan tanah tersebut diserahkan oleh almarhum kepada pemerintah daerah dengan perjanjian lisan bahwa dari anak-anak almarhum akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun tidak ada jawaban sejak akhir tahun 1980-an hingga saat ini, sehingga tanah tersebut diminta agar dibagi dua saja.

Pihak keluarga telah berupaya menemui Bupati Nabire sebanyak dua kali dan satu kali bertemu langsung dengan Sekda. Sekda memberikan rekomendasi kepada Kabid Aset Pemda Nabire untuk selanjutnya menyelesaikan tanah tersebut, namun hingga saat ini juga belum ada jawaban.

Walaupun pemerintah daerah mengantongi sertifikat dari Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) sejak tahun 1990, namun pihak keluarga almarhum P. J. Paprindey memegang surat garapan dan surat pelepasan adat. Sehingga pihak keluarga meminta agar tanah seluas 8.904 meter persegi dibagi dua. Keluarga meminta tanah dengan ukuran 90×70, sementara yang lainnya menjadi milik Pemda Nabire.

(Sumber : Papuaposnabire)

Badan Kepegawaian Daerah Nabire Adakan Sosialisasi Kartu Pegawai Elektronik

Last modified on 2013-12-06 06:11:33 GMT. 0 comments. Top.

Dengan visi “Menciptakan PNS yang Profesional, Netral & Sejahtera serta Misi “Menyelenggarakan Manajemen PNS Berbasis Kompetensi Untuk Mewujudkan PNS yang Profesional, Netral dan Sejahtera” maka pada kamis 5 Desember 2013, bertempat di aula Badan Kepegawaian Daerah jalan Merdeka Nabire, dilangsungkan Sosialisasi Kartu Pegawai Elektronik.

Kabid Informasi Kepegawaian Kanreg IX Badan Kepegawaian Negara, Wisnu Hartana, memaparkan tentang Pelayanan Kepegawaian Berbasis Elektronik, dimana dengan adanya KPE atau juga disebut Kartu Pintar (Smart Card), selain berfungsi sebagai Kartu pegawai juga akan mempermudah pelayanan administrasi kepegawaian yang menyangkut transaksi keuangan, sebab KPE juga memuat data ASKES, Taspen, Bapetarum dan Identitas PNS dan Keluarganya serta data perbankan setiap Pegawai.

Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang menjadi mitra BKN dalam menyediakan fasilitas perbankan ini berjanji akan memberikan buku tabungan Simanja KPE dengan biaya administrasi yang lebih murah. Adapun pembuatan Buku Tabungan Simanja KPE ini diperlukan beberapa informasi dari tiap pegawai.

Untuk kemudahannya dan sesuai jadwal yang diberikan Panitia Penyelenggara bahwa Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Pemotretan Fotogeometrik dan Pengambilan Sidik Jari KPE di lingkungan Pemkab Nabire adalah sebagai berikut :

- Tanggal 10 Desember 2013, bertempat di BPD KC Nabire Jl. Yos Sudarso No.15 Pukul 10.00 s/d 16.00 WIT, Pengambilan Foto Pegawai dari Sekretariat Daerah, BKD, BPMK, Kantor POL PP, Inspektorat, BAPEDDA, Kantor PTSP dan BPKAD.

- Tanggal 11 Desember 2013, bertempat di BPD KC Nabire Jl. Yos Sudarso No.15 Pukul 10.00 s/d 16.00 WIT, Pengambilan Foto Pegawai dari Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & KB, Dinas Tenaga Kerja & TRansmigrasi, Dinas pertanian & Perkebunan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas peternakan, Badan PPKP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga * Pariwisata.

-Tanggal 12 Desember 2013, bertempat di BPD KC Nabire Jl. Yos Sudarso No.15 Pukul 10.00 s/d 16.00 WIT, Pengambilan Foto Pegawai dari Dinas Kesehatan & Sekretariat Dewan

-Tanggal 13 Desember 2013, bertempat di BPD KC Nabire Jl. Yos Sudarso No.15 Pukul 10.00 s/d 16.00 WIT Pengambilan Foto Pegawai dari Dinas Pendidikan.

- Tanggal 12 Desember 2013, bertempat di Kantor BKD Jl. Merdeka, Pukul 10.00 s/d 16.00 WIT, Pengambilan Foto Pegawai dari Dinas Pendapatan Daerah, Dinas Kesejahteraan Sosial, Dinas Kependudukan & Catatan Sipil, Dinas Koperasi Perdagangan & Perindustrian, Badan Lingkungan Hidup, Badan Kesatuan bangsa Politik & Linmas, Kantor Perpustakaan & Arsip, Kantor Pendidikan & latihan, dan Dinas Pertambangan & energi.

- Tanggal 13 Desember 2013, bertempat di Kantor BKD Jl. Merdeka, Pukul 10.00 s/d 16.00 WIT, Pengambilan Foto Pegawai dari Dinas Perhubungan Komunikasi & Informatika, Rumah Sakit Umum Daerah, dan Distrik nabire.

-Tanggal 11 Desember 2013, bertempat di Kantor Distrik Teluk Kimi, Nabire. Pukul 10.00 s/d 16.00 WIT, Pengambilan Foto Pegawai dari Distrik Napan, Distrik Makimi, Distrik Teluk Kimi, Distrik Moora, Distrik Waopga.

-Tanggal 12 Desember 2013, bertempat di Kantor Distrik Nabire Barat, Nabire. Pukul 10.00 s/d 16.00 WIT, Pengambilan Foto Pegawai dari Distrik Dipa, Distrik Menou, Distrik Nabire Barat, Distrik Siriwo, Distrik Uwapa, Distrik Wanggar, Distrik yaro.

-Tanggal 14 Desember 2013, bertempat di Kantor BKD Jl. Merdeka, Pukul 10.00 s/d 16.00 WIT, Pengambilan Foto Pegawai dari Distrik yaur, Distrik Teluk Umar.
Dan yang harus disertakan pada saat pengambilan foto yakni :
- Pakaian PDH (Keki)
- Foto copy SK pangkat Terakhir
- Foto Copy NIP Konversi

(Sumber : Nabirekab.go.id)

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198