INFO NABIRE

Tenaga Medis Di Nabire Tuntut Kenakan Insentif Di Gedung DPRD Nabire

Last modified on 2013-12-03 15:58:30 GMT. 0 comments. Top.

Puluhan tenaga medis perawat, bidan, analisis gisi RSUD Nabire, Rabu (27/11) siang, mendatangi Kantor DPRD Nabire. Kedatangan mereka untuk menyampaikan aspirasi yang memperjuangkan kenaikan insentif mereka. Karena menurut mereka, ada perbedaan yang cukup mencolok antara insentif yang diterima oleh para dokter dan para perawat serta bidan. Jika aspirasi tidak ditanggapi baik, mereka mengancam akan mogok kerja.

Pantauan media ini, puluhan tenaga medis diterima oleh pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Nabire, di ruang Bamus. Perwakilan dari tenaga medis diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasinya. Selain aspirasi secara lisan, pimpinan DPRD Nabire juga meminta agar aspirasi secara tertulis juga bisa diserahkan ke DPRD.

Disampaikan oleh perwakilan dari tenaga medis, aspirasi untuk meminta kenaikan insentif sudah disampaikan juga kepada pimpinan RSUD Nabire. Hanya saja, pertemuan yang digelar di RSUD belum bisa menjawab seperti apa yang dituntut oleh para tenaga medis ini. Para tenaga medis ini mengaspirasikan agar insentif mereka dinaikan menjadi antara 2,5 juta hingga 3 juta. Namun nilai itu belum bisa diloloskan oleh pimpinan RSUD, yang saat pertemuan hanya bisa menawarkan nilai 1,5 juta rupiah.

Seperti disampaikan oleh perwakilan tenaga medis lainnya, aksi kali ini pihaknya fokus pada persoalan insentif. Pertemuan dengan pimpinan RSUD, pihaknya sepakat minta kesediaan direktur untuk kenaikan itu dibuat seragam menjadi 3 juta rupiah.

“Kami sangat merasakan beban kerja kami di RSUD, perawatlah yang beban kerjanya paling besar, 1 kali 24 jam kami ada dengan pasien meski pun kami pakai sistim keadaan shift. Selama ini kami bekerja tidak sesuai dengan tugas pokok kami masing-masing, tapi kami membantu setiap bagian pekerjaan dokter, pekerjaan cleaning service, pekerjaan administrasi semua dipegang oleh perawat. Namun semua itu tidak dihargai dengan hati yang tulus dari pihak pimpinan RSUD,” paparnya.

Menjawab aspirasi yang disampaikan para tenaga medis, pihak DPRD Nabire berjanji akan memperjuangkan kenaikan insentif para tenaga medis ini. Pihak DPRD meminta kepada tenaga medis ini untuk menyampaikan aspirasi secara tertulis kepada DPRD.

“Penyampaian aspirasi yang disampaikan ini tepat waktunya. Karena dalam waktu dekat ini DPRD akan membahas anggaran untuk tahun 2014 mendatang. Jadi aspirasi ini bisa kami sampaikan juga kepada pihak eksekutif untuk ditindaklanjuti,” ujar Ketua DPRD Nabire, Titi Yuliana Marey.

Hal senada juga disampaikan anggota DPRD lainnya. Seperti disampaikan Hendrik Andoi, pihaknya tetap akan memperjuangkan aspirasi kenaikan insentif para tenaga medis di RSUD Nabire ini. Menurut Andoi, tuntutan yang disampaikan oleh mereka adalah hal yang wajar.

Jumlah Kenaikan Insentif Belum Dipastikan

Janji anggota DPRD Nabire untuk membawa aspirasi tuntutan kenaikan insentif para tenaga medis RSUD Nabire ke pembahasan dengan pihak eksekutif, kemarin sore langsung dilakukan. Saat rapat koordinasi dengan pihak eksekutif membahas Prioritas dan Plafond Anggaran Sementara (PPAS) APBD TA 2014, anggota DPRD meneruskan tuntutan para tenaga medis ini. DPRD Nabire menyarankan kepada pihak eksekutif untuk merealisasikan tuntutan para tenaga medis untuk dinaikkan insentif perbulannya.

Sepertinya tuntutan para tenaga medis ini ada titik terang. Selain ada dukungan dari para wakil rakyat, pihak eksekutif pun sepertinya menyambut positif aspirasi itu. Hanya saja, belum diketahui pasti berpa nilai kenaikan insentif para tenaga medis ini. Dari pihak eksekutif masih harus menghitung terlebih dahulu dan dengan melihat kemampuan keuangan daerah.

(Sumber : Papuaposnabire)

Workshop Pemberdayaan Pengurus Dewan Dan Tokoh Agama Katolik Kabupaten Nabire

Last modified on 2013-12-03 15:57:30 GMT. 0 comments. Top.

Willem Boga, Kepala.Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire membuka dengan resmi Workshop Pemberdayan Pengurus Dewan dan Tokoh Agama Katolik Kabupaten Nabire tahun 2013, bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nabire, Senin 02 Desember 2013

Dalam sambutannya, Willem Boga mengatakan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan sebagai titik tolak untuk lebih meningkatkan mutu Agama untuk lebih berdaya guna dan dapat menjadikan umat katolik sebagai umat yang agamais sesuai dengan Visi Dirjen Bimas Katolik yaitu mewujudkan Masyarakat Katolik yang Agamais dan Pancasilais. Kasubag TU juga menambahkan pembinaan-pembinaan semacam ini harus diteruskan oleh para tokoh Agama Katolik didalam lingkungan gereja terus menerus bagaikan air yang mengalir supaya umat Katolik tidak menjadi tawar tetapi dapat menjadi Yesus-Yesus yang baru didalam keluarga, masyarakat, tempat kerja dan dimana saja kita berada. Kiranya melalui kegiatan Workshop ke-II ini dapat membawa pengetahuan yang baru dan perubahan dalam keluarga, masyarakat, gereja, bangsa dan negara.

Berdasarkan Peraturan Presiden No. 09 tahun 2005, tentang kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia, sebagaimana telah disempurnakan oleh PEPRES No. 62 Tahun 2005 Pasal 63 tentang Tugas dan Tanggung Jawab Kementerian Agama adalah, membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintah di Bidang Keagamaan

Kepala Seksi Bimas Katolik.Ibu Dra. Dorce Laba Ambu selaku Ketua Penyelenggara ,dalam laporannya menjelaskan maksud diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kwantitas maupun kualitas dalam pelayanan pengurus dewan dan tokoh Agama, serta bersama-sama menggali potensi yang ada, agar semakin memperkokoh eksistensi di tengah masyarakat dan lebih khusus umat Katolik. Diharapkan Pengurus Dewan Paroki dan Tokoh Agama Katolik kiranya Sungguh-sungguh menjadi Garam dan Terang di Tengah –Tengah Masyarakat Umat Katolik.

Adapun Materi pada kegiatan ini adalah: Sejarah masuknya Agama Katolik di Tanah Papua oleh Kepala Sub-bagian Tata Usaha (Bapak Willem Boga), Panggilan Kaum Awam dalam kehidupan bergereja dan bermasyarakat oleh Paroki Kristus Sahabat Kita KSK (Pastor Yusuf Suharyoso SJ), dan Gambaran Tugas Pengurus Dewan Paroki oleh Paroki Kristus Raja KR (Pastor Nato Gobai Pr), dengan para peserta Pengurus Paroki 60 Orang, Guru-Guru Agama Katolik, Kepala PSW YPPK, Kepala Klinik Santo Rafael (dr.pingki) dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Rangkaian Kegiatan Lomba Peringati HUT Korpri Ke 42 Beberapa Hari Lalu Di Nabire

Last modified on 2013-12-02 13:37:37 GMT. 0 comments. Top.

Masih dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun KORPRI ke-42, Rabu (27/11) diadakan lomba Paduan Suara serta lomba pengucapan Panca Prasetya KORPRI. Bertempat di Aula Guest House Kab. Nabire, Lomba dibuka oleh Wakil Ketua Panitia HUT KORPRI ke-42 Kab. Nabire Bapak Menase Yoteni, S.Sos, M.Si.

Lomba dibagi menjadi dua sesi yakni Sesi pertama menampilkan para Peserta lomba Pembacaan Panca Prasetya KORPRI, kemudian dilanjutkan dengan lomba paduan suara. Kedua lomba ini diikuti oleh perwakilan tiap-tiap SKPD yang ada maupun gabungan dari dua SKPD.

Diakhir kegiatan, setelah diskusi yang cukup panjang dan alot diantara tim juri, akhirnya tim juri serta Panitia bersepakat untuk mengumumkan secara langsung hasil penjurian sekaligus menentukan pemenang lomba dari beberapa peserta yang sudah ikut berpartisipasi. Setelah Penampilan yang nyaris sempurna, wakil dari Distrik Nabire akhirnya tampil sebagai pemenang pertama dalam lomba Pembacaan Panca Prasetya KORPRI. Sementara itu, seperti yang sudah diprediksikan banyak orang, Tim Paduan Suara dari SETDA menjadi yang terbaik setelah tampil dengan kompak dan semangat dalam menyanyikan Mars KORPRI sebagai lagu wajib dalam perlombaan kali ini, diikuti dengan lagu berbahasa Moor “INAFIRUMI” sebagai lagu pilihan.

Berikut rincian pemenang lomba baik dari lomba Pembacaan Panca Prasetya KORPRI maupun Lomba Paduan Suara.

Lomba Pembacaan Panca Prasetya KORPRI :

Juara :

1. Noah Makallo, SSTP mewakili Distrik Nabire

2. Merry Wali mewakili Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

3. Barnabas Watopa mewakili Dinas Budporapar

Lomba Paduan Suara :

Juara :

1. Sekretariat Daerah Kab. Nabire

2. Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)

3. Gabungan Dinas Budporapar dengan BPBD

(Sumber : Nabireka.go.id)

Peringatan HUT Kemerdekaan Papua Di Nabire Berlangsung Aman Dan Tertib

Last modified on 2013-12-01 18:16:46 GMT. 1 comment. Top.

ibadah

(Ibadah berlangsung di Taman Bunga Oyehe Nabire/Jubi)

Hari ini, situasi keamanan di kota Nabire pada peringatan HUT kemerdekaan Papua (01/12) terpantau aman dan kondusif. Adapun peringatan HUT 1 desember yang biasanya diperingati dengan ibadah syukuran oleh warga Papua, berlangsung juga di Taman Bunga Oyehe Nabire.

Ibadah syukuran ini dimulai pukul 10.00 pagi, dan diperingati dalam pengawasan aparat keamanan gabungan dari TNI/Polri. Sesuai kesepakatan sebelumnya antara panitia perayaan HUT Papua dengan Kapolres Nabire, semua ketentuan yang sudah disepakati bersama tidak dilanggar, sehingga ibadah berjalan dengan aman hingga selesai.

Ibadah di Taman Bunga Oyehe ini dipimpin langsung oleh EV. Marthen Suu. Setelah ibadah suasana agak sedikit tegang dikarenakan salah seorang dari peserta ibadah yaitu Yones Douw diminta menyampaikan orasi yang berkaitan dengan pelanggaran HAM yang terjadi selama ini di Papua. Namun hingga orasi selesai, situasi tetap terkendali.

Warga yang menghadiri ibadah di Taman Bunga Oyehe ini diperkirakan hampir mencapai 6 ribu orang.

Perayaan peringatan 1 desember pun bukan hanya digelar di Nabire, tapi juga dilakukan di beberapa wilayah pegunungan tengah seperti di terminal taksi Moanemani Dogiyai, di kabupaten Puncak Jaya, dan juga di Timika.

Semua kegiatan perayaan HUT 1 desember ini berlangsung aman, tertib dan kondusif.

Pidato-Politik-1-Des-2013-di-Nabire

(Foto Ibadah Perayaan Hut 1 Desember di Nabire, Timika & Puncak Jaya)

Jadwal Pelayaran Kapal Penumpang Pelni Dari Pelabuhan Nabire Bulan Desember 2013

Last modified on 2013-12-11 15:03:44 GMT. 1 comment. Top.

1

Bagi anda yang sedang membutuhkan informasi jadwal kapal penumpang Pelni, berikut ini, jadwal pelayaran kapal penumpang Pelni yang melayani pelabuhan laut Nabire, untuk bulan Desember 2013.

Adapun untuk bulan desember, belum ada kejelasan terkait Kapal yang akan melayani rute Nabire-Ternate-Bitung-Pantoloan-Balikpapan, sebelumnya rute tersebut dilayani KM Dorolonda, namun karena KM Dorolonda mengalami kerusakan akibat tabrakan, PT Pelni mengganti KM Dorolonda dengan KM Sinabung selama bukan November. Namun Untuk bulan Desember belum ada kejelasan dari PT Pelni terkait tidak adanya rute ke Pelabuhan Nabire-Ternate-Bitung-Pantoloan-Balikpapan oleh KM Sinabung.

1

2

* Waktu Berangkat dan Tiba Berdasarkan Zona Waktu Lokal

PT Telkom Nabire Benahi Infrastruktur Jaringan Dengan Mengganti Kabel Tembaga Ke Serat Optik

Last modified on 2013-12-01 14:54:14 GMT. 0 comments. Top.

(Instalasi Jaringan Serat Optik / Nabire.TV)

Guna meningkatkan pelayanan komunikasi di Nabire, PT Telkom Nabire mulai pekan lalu sudah melakukan pemasangan jaringan Fiber Optic (FO) di Nabire.

Peralihan dari yang sebelumnya menggunakan kabel tembaga menjadi kabel serat ini dimaksudkan selain untuk meningkatkan pelayanan juga untuk menghindari pencurian kabel tembaga yang kerap dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Disamping itu dengan menggunakan kabel berjenis serat ini, mampu menghemat biaya pembelanjaan, dikarenakan harga kabel serat optik ini lebih murah dibanding kabel tembaga, mudah dalam pemasagannya dan didukung dengan transmisi da kapasitas bandwidth yang lebih besar dibanding kabel tembaga.

Pada pemasangan tahap awal ini, PT Telkom melakukan instalasi di seputar oyehe, dan rencananya selanjutnya akan diteruskan hingga di daerah siriwini.

Dengan adanya pemasangan dan perbaikan jaringan kabel tembaga ke serat optic dapat mempermudahkan akses Komunikasi di Kota Nabire.

Jelang 1 Desember, Situasi Nabire Sejak Malam Hingga Dini Hari Sepi. Aparat Gabungan Nampak Berpatroli

Last modified on 2013-11-30 17:58:26 GMT. 0 comments. Top.

IMG-20131130-00069

(Nampak Aparat sedang bersiaga di perempatan Kusuma Nabire Malam ini / Dok. Reyner Windesi)

Situasi kota Nabire dini hari ini (01/12) jam 02.30 wit cukup sepi tidak seperti biasanya, namun terpantau aman dan kondusif. Nampak aparat gabungan baik dari  TNI maupun Polri sedang bersiaga dan juga melakukan patroli keliling wilayah kota Nabire.

Selain dilakukan Patroli keliling oleh aparat gabungan, nampak aparat juga berjaga jaga di beberapa titik di kota Nabire, seperti di Taman Bunga Oyehe (bekas kantor DPRD Nabire), di perempatan kusuma, di Karang Tumaritis, Siriwini, Kotalama dan kalibobo, dan beberapa lokasi yang ditakutkan bisa dipergunakan untuk pengibaran bendera bintang kejora.

Aparat kemanan sendiri mengingatkan agar warga tidak melakukan hal-hal yang melanggar peraturan yang sudah dilarang. Untuk ibadah yang akan dilakukan oleh warga di Taman Bunga Nabire.

(Aparat gabungan TNI/Polri saat Apel Pagi hari tadi (30/11) di depan Taman Bunga Nabire)

Sesuai kesepakatan dengan aparat kepolisian dan Panitia Perayaan Hut 1 Desember, ditetapkan beberapa poin yang tidak boleh dilakukan oleh warga yang akan melaksanakan ibadah, yaitu pertama penyampaian orasi atau pembicaraan yang bersifat provokatif, poin kedua yaitu tidak boleh meneriakan yel-yel Papua merdeka, dan poin ketiga tidak boleh membawa spanduk, media media yang bersifat provokatif, dan bendera bintang kejora. Hal ini disampaikan Kapolres Nabire AKBP Tagor Hutapea kepada Panitia penyelenggara ibadah 1 desember.

Toko toko dan beberapa kios serta lapak di pusat kota Nabire dan sebagian kota Nabire nampak tutup lebih cepat untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan.

 

Dewan Adat Waropen Desak Gubernur Papua Selesaikan Batas Wilayah Antara Waropen Dan Nabire

Last modified on 2013-11-29 22:14:08 GMT. 0 comments. Top.

(Ketua Dewan Adat Waropen)

Dewan Adat Waropen (DAW) mendesak Gubernur Papua Lukas Enembe untuk segera menyelesaikan batas wilayah antara Waropen dengan Kabupaten Nabire di bagian barat Waropen. Masalah tersebut telah terjadi lama, namun belum pernah dibicarakan antara kedua pimpinan daerah tersebut, hal ini mengakibatkan masyarakat di sekitar yang dikorbankan dan bahkan sering terjadi salah paham masyarakat di perbatasan wilayah tersebut.

“Masyarakat yang berada di perbatasan Waropen dan Nabire sampai sekarang ini bingung, karena tidak ada kejelasan status batas wilayah. Kami mendesak Gubernur untuk segera turun tangan selesaikan masalah ini karena 2 pimpinan daerah yang ada kami nilai tidak serius,” ujar Ketua Dewan Adat Waropen Markus Buinei, Kamis (28/11) di Waropen.

Selama ini, lanjut Markus, masyarakat yang berada di perbatasan Waropen dan Nabire selalu menikmati dana APBD dari kedua pemerintah daerah, termasuk bantuan perumahan. Padahal berdasarkan hasil pertemuan yang dilakukan DAW, masyarakat Wapoga- Kamarsano sangat berharap agar daerah mereka aman, sehingga Pemkab Waropen diminta lebih mengutamakan dialog ketimbang jalur lain.

“Kebijakan Gubernur Papua untuk fokus menyelesaikan tapal batas di Papua. Kami DAW sangat setuju dan berharap secepatnya masalah ini bisa difasilitasi oleh Gubernur supaya jangan berlarut-larut,” ungkapnya.

(Sumber : Suluhpapua.com)

Peringatan HUT Korpri Ke 42 Di Nabire

Last modified on 2013-11-29 12:52:34 GMT. 0 comments. Top.

(Upacara Hut Korpri ke 42 di Kantor Bupati Nabire / Wendy Eko)

Hari ini (29/11) seluruh anggota Korpri se Indonesia merayakan HUT Korpri yang ke 42, demikian juga di Nabire, diadakan Upacara peringatan yang sebelumnya diawali dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nabire.

Kegiatan HUT Korpri diawali dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan pukul 7 pagi, dan diadakan upacara singkat. Upacara di Taman Makam Pahlawan ini dihadiri Wakil Bupati Nabire Mesak Magai dan sejumlah Muspida serta anggota Korpri.

Kegiatan HUT Korpri dilanjutkan dengan upacara di Halaman Kantor Bupati Nabire. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Nabire Isaias Douw S.Sos.

Dalam sambutannya, Bupati Nabire membacakan sambutan peringatan HUT Korpri Nasional dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden SBY menilai Tema HUT Korpri tahun ini yaitu “Dengan Profesionalisme dan Netralitas, KORPRI Mendukung Keberhasilan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Untuk Menjaga Stabilitas Politik dan Pertumbuhan Ekonomi Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”, sangat tepat karena saat ini profesionalisme dan netralitas dalam pelaksanaan reformasi birokrasi sangat penting dalam tercapainya keberhasilan pembangunan nasional, utamanya dalam menjaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selain itu menjelang Pemilu Kepala Daerah dan Pemilu Legilatif dan Pemilu Presiden tahun 2014 mendatang, diharapkan keberpihakan segenap anggota Korpri hanya tegak lurus kepada bangsa dan negara. Tidak perlu ada pelayanan publik yang masih lambat,  olehnya itu satu tahun kedepan segenap insan Korpri dapat terus meningkatkan komitmen untuk menuntaskan agenda pembangunan nasional yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2010-2014.

Setelah membacakan sambutan Presiden, Bupati Nabire menyerahkan secara simbolis sk kenaikan pangkat kepada perwakilan anggota Korpri . Dalam amanatnya, Bupati Nabire menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaan, kepada seluruh anggota korpri, atas segala pengabdian dan dedikasi yang tinggi, dalam mengemban tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Dirinya juga mengharapkan agar seluruh anggota Korpri terus meningkatkan kinerja pengabdian dan darma baktinya kepada masyarakat bangsa dan negara.

Di penghujung acara, panitia peringatan HUT Korpi ke 42 di Nabire, membagikan hadiah kepada para pemenang lomba yang diadakan yatu lomba jalan santai, senam, tarik tambang, lomba pembacaan panca prasetya korpri, dan lomba paduan suara.

Pemkab Nabire Dan Panitia Hut Korpri Nabire Serahkan Bantuan Bahan Makanan Ke Panti Asuhan

Last modified on 2013-11-29 12:51:42 GMT. 0 comments. Top.

johny

(Plt Sekda Nabire)

Dalam rangkaian kegiatan Hari Korpri ke-42 yang jatuh pada tanggal 29 November 2013 mendatang, disalurkan bantuan berupa bahan makanan kepada panti asuhan Asrama Hasrat Suci Putri Mandiri di Jalan Merdeka dan Asrama Putra SMA YPPK Adhi Luhur, Rabu (27/11) kemarin.  

Arahan Bupati Nabire melalui Plt. Sekda, Drs. Johny Pasande, dikatakan, penyerahan bantuan berupa bahan makanan ini merupakan bantuan sukalera kepada para pelajar. Seluruh kegiatan ini akan memeriahkan Hari Korpri ke-48 tahun 2013. Pemerintah bersama ketua panitia HUT Korpri memberikan bantuan bahan makanan kepada dua asrama ini.

Karena pelajar sebagai generasi penerus bangsa, kita jangan bedakan suku, bangsa, agama, ras dan golongan. Karena kita adalah satu bangsa sesuai dengan sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan, keberhasilan pembangunan di bidang pendidikan memegang peranan yang sangat penting dan strategis. Dalam meningkatkan pembangunan diberbagai bidang lainnya maupun disegala aspek kehidupan masyarakat. Selain itu, satu hal yang perlu diingat bahwa pelajar adalah duta–duta dari Nabire. Hendaknya selalu menjaga nama baik daerah yang dan banggakan ini selama mencari ilmu di bangku study agar apa yang dicita citakan dapat tercapai.

Dengan adanya lembaga pendidikan ini, diharapkan akan selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun pendidikan yang berkarakter, menghasilkan para siswa dan siswi yang memiliki kecerdasan, moral dan etika yang luhur, terampil dan menguasai iptek. Karena tanpa menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi seseorang akan tersisih dari persaingan dunia kerja.

Dalam kesempatan itu Bruder Norbert Mujiana SJ megatakan, atas bantuan dan ulurangan tangan dari pemerintah Kabupaten Nabire pihak sekolah mengucapkan terima kasih banyak atas partisipasi dari pemerintah daerah dengan kerjasama yang baik kepada pihak sekolah agar tugas dan pelayanan kita Tuhan yang akan menolong dan bemberkati.

(Sumber : Papuaposnabire)

Silahkan Komentar

Komentar Anda

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196